Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Thursday 15 December 2016

MENJELAJAHI KEINDAHAN PULAU BATU MANDI DI SELAT MALAKA


ReyGinaWisata |  Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang banyak memiliki pulau-pulau besar dan kecil indah dan mempesona. Salah satunya adalah Pulau Terluar tak berpenghuni yaitu Pulau Batu Mandi di Selat Malaka. Pulau kecil tak berpenghuni ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah dan mempesona dengan terumbu karang yang masih alami dan biota laut yang beraneka ragam.

Pulau Batu Mandi

Pulau Batu Mandi adalah salah satu Pulau Terluar Di Indonesia yang memiliki panorama indah dan menakjubkan. Pulau yang terletak di Selat Malaka ini merupakan bagian dari wilayah Provinsi Riau atau berjarak 52 mil laut sebelah utara Bagansiapiapi dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Pulau Batu Mandi merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Arwah yang terdiri dari sembilan pulau-pulau kecil. Pulau ini berupa batu hitam yang tidak terlalu tinggi yang diatasnya didirikan bangunan rumah sebagai tempat berjaga. 

Menjelajahi Keindahan Pulau Batu Mandi Di Selat Malaka ini sangatlah mengasyikan. Pantai yang landai dengan hamparan pasir putih bersih dan lembut serta kondisi perairannya yang jernih dan ombaknya yang cukup tenang menjadikan tempat ini sangat bagus sebagai Tempat Wisata Bawah Laut.

Terumbu karang di Pulau Batu Mandi sangat bervariasi dan alami dengan presentasi penutupan yang rendah yaitu sekitar 29,34%. Di perairan Pulau Batu Mandi, Anda akan menjumpai berbagai jenis karang keras (Hard Coral), Karang Mati (Dead Coral) dan Karang Lunak (Soft Coral).


Selain memiliki aneka jenis karang yang sangat indah, Perairan bawah laut Pulau Batu Mandi juga banyak memiliki spesies ikan dan biota laut yang melimpah seperti ikan hias, ikan tuna, ikan tenggiri, ikan cakalang, Ikan Kembung, Ikan Kerapu, Ikan Kakap dan Ikan Teri.  

Pulau Batu Mandi dan Kepulauan Jemur serta pulau-pulau terluar lainnya di kawasan ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan memesona. Alami dengan pantai berpasir putih dan laut jernih berwarna hijau kebiru-biruan serta sebagai tempat Cagar Satwa Langka dan tempat penangkaran penyu menjadikan Pulau Batu Mandi layak untuk Anda jelajahi keindahanya.

Akses menuju Pulau Batu Mandi

Pulau Batu Mandi terletak di Kecamatan Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Untuk menuju pulau ini perjalanan bisa Anda mulai dari Pekanbaru menuju Rokan Hilir dengan menggunakan dengan kendaraan roda empat selama sekitar 2 jam perjalanan. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kecamatan Panipahan selama sekitar 30 menit. 

Dari Kecamatan Panipahan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal motor atai speed boat ke Pulau Batu Mandi selama sekitar 2 jam perjalanan laut.

Sarana dan fasilitas Pulau Batu Mandi

Pulau Batu Mandi adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang tidak berpenghuni. Di pulau ini hanya terdapat satu bangunan yang dibuat sebagai pos penjagaan. Jadi jika Anda ingin Menjelajahi Keindahan Pulau Batu Mandi Di Selat Malaka ini, silahkan mempersiapkan diri sebaik-baiknya.


sumber:
ppk-kp3k.kkp.go.id
id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Batu_Mandi

Share:

1 komentar:

  1. Hmm sepertinya cocok nih untuk destinasi wisata saya masa depan. Sekarang masih belum punya modal hihihi

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page