Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Saturday 3 December 2016

MENJELAJAHI DUA GUA LAUT DI SUKABUMI

Menjelajahi Dua Gua Laut Di Sukabumi  


ReyGina Wisata |  Geopark Ciletuh di Sukabumi adalah salah satu lokasi Tempat Wisata Alam yang patut Anda pertimbangkan untuk mengunjunginya. Terutama buat Anda para penikmat keindahan alam yang salah satunya adalah Menjelajahi Dua Gua Laut Di Sukabumi

Menjelajahi Dua Gua Laut Di Sukabumi


Gua Laut Terbentuk oleh kekuatan laut yang menyerang zone lemah di tebing pantai. Zone lemah ini biasanya berupa zone retakan yang terbentuk karena struktur geologi. Zone lemah juga dapat terbentuk karena adanya perbedaan komposisi dari perlapisan batuan dimana satu jenis batuan lebih keras dari yang lain. 

Pembentukan Gua Laut dimulai sebagai celah yang sangat sempit dimana gelombang laut dengan kekuatan yang luar biasa karena berat atau volume air dan kompresi udara yang menembus retakan batuan secara terus menerus. Pasir dan batu yang dibawa oleh gelombang menghasilkan proses erosi tambahan pada dinding gua. 

Sedikitnya terdapat Dua Gua Laut Di Sukabumi atau tepatnya berada di kawasan Geopark Ciletuh yaitu Gua Laut Sodong Parat dan Gua Laut Kunti. 

Gua Laut Sodong Parat

Menjelajahi Dua Gua Laut Di Sukabumi


Gua Laut Sodong Parat terletak di sebuah tanjung yang berjarak tidak jauh dari Pantai Cikepuh. Gua ini menembus sisi lain dari tebing dengan panjang gua mencapai 7 meter. Pada saat air laut pasang gua ini dapat dilalui dengan memakai kano, Namun jika pada saat air laut surut, gua ini dapat dilalui dengan berjalan kaki. 

Batuan di gua ini berupa ofiolit yang terdiri dari atas gabro dan amfibolit bertekstur sangat kasar.


Gua Laut Kunti

Menjelajahi Dua Gua Laut Di Sukabumi


Gua Laut Kunti terletak di bagian barat Gunung Badak atau tepatnya berada di depan Pulau Kunti. Gua ini mencapai ketinggian sekitar 3 meter dengan panjang sekitar 4 meter dari garis pantai. Batuannya merupakan batuan campur aduk / bancuh (melange) yang merupakan percampuran dari batuan yang berasal dari kerak benua dan kerak samudra yang di endapkan dalam sebuah palung yang sangat dalam. Dan atas proses geologi, kemudian terangkat kepermukaan seperti yang Anda lihat sekarang. 

Akses Menuju Gua Laut Sukabumi

Untuk Anda yang ingin Menjelajahi Dua Gua Laut Di Sukabumi ini tepatnya berada di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia atau berjarak 3 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat dari Jakarta. Anda juga dapat melihat lokasi ini dengan menggunakan google maps disini


Sumber : http://ciletuhpalabuhanratugeopark.org
Share:

1 komentar:

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page