10 ATRAKSI BUDAYA PALING MENAKJUBKAN DI INDONESIA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel


Tari Kecak

ReyGina Wisata | Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.504 pulau dengan keanekaragaman suku bangsa dan budaya yang menakjubkan. Di sini terdapat lebih dari 700 suku yang masing-masing suku memiliki warisan budaya yang terus berkembang sejak berabad-abad lalu. Seperti Atraksi Budaya Debus di Banten, Reog Tengger di Banyuwangi atau Atraksi Tari Kecak di Bali yang pastinya akan membuat liburanmu berbeda dengan di tempat-tempat lainnya di dunia.

BACA JUGA : Pinisi, Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO Dari Indonesia

Liburan bersama keluarga tentunya akan lebih menyenangkan daripada liburan seorang diri, dan kami sadar akan hal itu. Oleh karena itu untuk memastikan keluarga Anda dan Anda memiliki pengalaman yang paling menyenangkan, Indonesia menyediakan tempat wisata terbaik untuk Anda jelajahi. Biarkan anak-anak berkeliaran di taman-taman hiburan kami,. Beranikan diri Anda untuk menjelajahi sungai untuk mendapatkan pengalaman arung jeram yang paling mendebarkan. Ringkasnya kami memiliki semua atraksi seperti atraksi alam, atraksi pantai, atraksi pegunungan, atraksi budaya dan sejarah yang pastinya semuanya akan menghibur Anda dan keluarga.

Berikut 10 Atraksi Sejarah dan Budaya Paling Menakjubkan Di Indonesia

1. Debus


Debus

Provinsi Banten yang dulunya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat yang terbentuk pada tahun 2000 yang saat ini merupakan provinsi termuda di Pulau Jawa sudah lama memiliki Atraksi Sejarah dan Budaya sendiri yang berbeda dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Salah satu ciri Atraksi Sejarah dan Budaya Paling Menakjubkan Indonesia ini adalah Seni Kuno Debus. 

Debus adalah seni bela diri kuno dan budaya tradisional Banten yang unik yang dipenuhi dengan kekuatan gaib. Debus bukan saja perpaduan ketrampilan yang membutuhkan kekuatan bathin manusia super, seni bela diri tetapi juga memasukan unsur tarian dan musik. Debus merupakan ajang kekuatan kebal terhadap senjata (dikenal sebagai jawara) yang menakutkan sekaligus memesona untuk ditonton. Melalui seni debus, jawara dapat menusuk kuku yang tajam melalui lidah, pipi atau bagian tubuh lainnya. 

2. Reog Tengger

Reog Tengger

Saat Anda berdiri anggun dalam Kaldera Besar dari Gunung Tengger yang dulu pernah ada adalah Gunung Bromo, Ikon Pariwisata Jawa Timur. Sebuah keajaiban yang benar-benar sangat luar biasa yang dapat Anda saksikan saat Anda berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pemandangan matahari terbit (sunrise ) yang spektakuler dengan pemandangannya yang sangat menakjubkan telah menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia. Gunung Bromo juga merupakan rumah bagi sub-etnis Suku Tengger yang hingga hari ini masih tetap mempertahankan tradisi dan cara hidup mereka yang sudah kuno. Salah satunya yang dapat Anda saksikan saat berkunjung ke tempat ini adalah Seni Budaya Reog Tengger. Meskipun Reog sendiri berasal dari Kabupaten Ponorogo, Reog Tengger memiliki ciri khas tersendiri yang membedakanya dengan Reog Ponorogo.

Reog adalah tasrian tradisional Jawa Timur yang melibatkan banyak elemen termasuk koreografi yang anggun, kekuatan fisik yang luar biasa serta kostum dan dekorasi yang menakjubkan.

Karakter utama Reog adalah mahluk seperti singa ajaib yang disebut Singa Barong yaitu topeng besar yang dibuat menyerupai kepala harimau atau macan tutul yang kepalanya adalah penggemar bulu merak yang panjang. Topeng Singa Barong terkenal sangat berat di mana penari harus mampu membawa masker seberat sekitar 30 - 40 kilogram hanya dengan menggunakan kekuatan giginya. Untuk alasan ini orang percaya bahwa orang yang mampu melaksanakan prestasi ini pasti memiliki kemampuan dan kekauatan supranatural.

3. Tari Kecak

Tari Kecak

Saat berlibur ke Pulau Bali, tidaklah lengkap tanpa menyaksikan pertunjukan tradisional paling menawan yang ditawarkan pulau ini. Selain Barong dan Janger Dances, pertunjukan memukau lain yang pastio tidak ingin anda lewatkan adalah Tari Kecak, salah satu karya seni Bali dalam bentuk tarian dan drama musikal paling menakjubkan.

Diadakan pada saat matahri terbenam yang biasanya dilakukan diatas tebing yang menghadap ke laut, drama sepenuhnya tergantung pada cahaya alami. Mulai saat senja, cerita berlanjut ke gelapan ketika hanya cahaya yang datang dari obor-obor bambu yang berkelap-kelip.

Apa yang membuat tarian ini sangat unik adalah bahwa drama ini tidak menggunakan latar belakang buatan, tidak melibatkan alat musik, Fokusnya berpusat pada lingkaran kosentris dari 50-60 pria bertelanjang dada, hanya mengenakan sarung Bali yang berbeda, duduk bersila di sekitar satu set obor di tengahnya.

4. Tau - Tau

Tau-tau Toraja

Tau-tau adalah gerakan orang mati di Tana Toraja yang dapat Anda temukan dan dibuka untuk dunia dari isolasi panjang mereka sejak satu abad yang lalu. Kelompok etnis Toraja yang tinggal di Pegunungan Utara Sulawesi Selatan sampai hari ini masih mengikuti kepercayaan, ritual dan tradisi kuno mereka. Uniknya bagi orang-orang Toraja, kematian selalu menjadi tema utama, dimana selain upacara-upacara pemakaman yang sudaj=h terkenal, Orang-orang Toraja juga menghormati almarhum dengan mengukir kemiripan orang yang telah mati atau yang dikenal dengan sebutan Tau-Tau.

Dalam budaya Toraja, Tau-tau adalah patung yang mewakili orang yang telah meninggal. Diukir dari kayu atau bambu, patung tau-tau biasanya ditemukan di dekat tempat mayat almarhum diletakkan untuk beristirahat. Atraksi Budaya Tana Toraja ini diyakini telah ada sejak abad ke-19 dan stupa ini hanya diproduksi untuk bangsawan dan orang kaya untuk mencerminkan status dan kemewahan. Tau-tau juga dianggap sebagai penjaga makam dan pelindung bagi orang yang masih hidup. Dengan melakukan itu, mereka tetap mempertahankan hubungan antara orang yang sudah mati dan masih hidup.

5. Grebeg Sudiro

Grebeg Sudiro

Grebeg Sudiro adalah perayaan tahun baru imlek di kota Solo  yang dapat Anda kunjungi saat menyaksikan salah satu Atraksi Budaya Paling Menakjubkan Di Indonesia. Diadakan oleh Komunitas Cina-Jawa di kota Solo atau dikenal juga sebagai Surakarta, Grebeg Sudiro dapat Anda saksikan saat menyambut Tahun Baru Imlek di kota Solo dengan menampilkan akulturasi antara Cina dan Jawa yang biasanya dipusatkan disekitar Pasar Gede, Solo.

Persembahan Grebeg Sudiro berupa berbentuk gunung Grebeg Sudiro yang dikenal sebagai gunungan yang dibangun dari ribuan kue manis Cina yang dikenal sebagai Kue Keranjang. Kue inui dibuat khusus untuk menyambut Tahun Baru Cina saja, Gunungan ini kemudian diarak di sekitar daerah Sudiroprajan yang diukuti oleh musisi dan penari Cina dan Jawa dalam kostum tradisional. Di akhir pawai, lentera berbentuk teko besar di gerbang Pasar Gede dinyalakan dan kemudian disusul dengan penerangan lentera lain yang menghiasi pasar.

BACA JUGA : Mengenal 10 Museum Terbaik Di Indonesia

6. Subak

Subak

Kunjungi Bali dan nikmati Lanskap Budaya Bali dengan memulai perjalanan ke dataran tinggi. Disini kami jamin Anda akan kagum dengan keindahan ribuan hektar sawah hijau subur yang mengalir di teras dari hulu gunung berapi hingga lembah dalam yang terpahat di sisi gunung.

Lakukanlah perjalanan ke Tagallalang atau berjarak sekitar 15 kilometer sebelah utara Ubud. atauAnda bisa juga berjalan ke lereng timur ke Gunung Agung di Amlapura di Desa Abang. Disini kami jamin Anda akan terkagum-kagum menyaksikan pemandangan indah persawahan hijau yang kaya yang bergelombang di lembah saat melintasi gunung.

Semua lokasi dari lanskap budaya ini juga secara langsung menunjukkan kemampuan orang Bali untuk membuat doktrin kosmologis unik mereka menjadi kenyataan. Dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari mereka melalui perencanaan tata ruang dan penggunaan lahan (lanskap budaya), pengaturan pemukiman, arsitektur, upacara dan ritual, seni serta organisasi sosial yang ternayata telah menghasilkan lanskap budaya yang indah untuk Anda nikmati.

Dan oleh karena itu, UNESCO menetapkan Subak - Cagar Budaya Bali sebagai Warisan Dunia di St. Petesburg, Rusia pada tanggal 20 Juni 2012.   

7. Sasak

Sasak

Sasak adalah atraksi cudaya penculikan mempelai wanita dalam pernikahan tradisional sasak di Lombok, Indonesia. Sasak adalah nama yang diberikan kepada orang-orang yang berasal dari Pulau Lombok. Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mereka terkait dengan orang Bali yang beragama Hindu.

Seperti kebanyakan budaya lainnya di Indonesia, Suku Sasak memiliki tradisi budaya sendiri. Bagi sebagian orang, Budaya dapat dianggap cukup luar biasa tetapi masih tetap ada hingga hari ini. "Penculikan Mempelai Wanita" ini dimulai saat seorang pria memutuskan bahwa ia telah menemukan seorang wanita untuk di nikahinya. 

8. Ritual Suci Penti

Ritual Suci Penti

Pada setiap bulan November setiap tahunnya, Anda dapat mengunjungi Desa Tradisional Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia untuk menyaksikan Ritual Suci Penti. Karena ini merupakan kesempatan unik, pastikan untuk menyaksikan Atraksi Budaya Paling Menakjubkan Di Indonesia.

Penti adalah ritual syukuran untuk merayakan panen dan doa tahun lalu untuk tahun pertanian baru yang lebih sejahtera. Acara ini akan di isi dengan serangkaian ritual kuno yang biasanya berlangsung dalam satu hari penuh. Perayaan ini sangat penting bagi komunal sehingga semua masyarakat desa atau bahkan mereka yang tinggal di luar desa akan bergabung menjadi satu dalam ritual ini.

9. Bakera

Bakera

Diwariskan selama beberapa generasi, beberapa spa tradisional Indonesia yang otentik masih dapat Anda temukan hingga hari ini. Salah satu yang paling unik adalah Bakera dari Suku Minahasa yang tinggal disekitar kota Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Bakera adalah perawatan tradisional yang dikhususkan untuk wanita agar tetap sehat dan bugar setelah melahirkan.

Bakera secara khusus bertujuan untuk mengencangkan reproduksi wanita atau orang Minahasa menyebutnya dengan "Makancing".Bakera menggunakan 40 bahan alami dimana 40% diantaranya adalah ramuan medis yang mencakup daun cengkeh, daun pisang, daun mangga, daun sirih, daun balacai, daun Sesewanua dan lain sebagainya. Zat alami ini akan memberikan efek meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit dan nyeri, menstimulasi perasaan tenang dan rileks serta menghilangkan kuman.

Nah selain dapat menikmati panorama indah kota Manado, Anda juga bisa mampir untuk menjalni perawatan spa tradisional ini yang pastinya akan membuat Anda ketagihan.

10. Tari Barong

Tari Barong

Pulau Bali yang menakjubkan tidak hanya dipenuhi oleh pantai yang mempesona dan lanskap yang luar biasa cantik. namun pulau ini juga memiliki budaya tradisional  yang luar biasa yag tetap terjaga dengan baik hingga sekarang yang salah satunya dapat Anda saksikan adalah Tari Barong.

Tari Barong adalah salah satu Atraksi Budaya Paling Menakjubkan di Indonesia. Dari banyak bentuk seni budaya Bali yang terkait dengan spritualitas dan sering dilakukan dalam acara upacara adat. Tari Barong merupakan tarian yang paling terkenal di Bali.

BACA JUGA : Pura Taman Saraswati, Mengenal Budaya Bali Di Ubud

Dalam mitologi Bali, Barong adalah karakter terkemuka yang diambil dalam bentuk Singa. Hal ini dianggap sebagai Raja Roh yang mewakili kebaikan. Barong dipandang senagai "Malaikat Pelindung", Opposing Good diwakili oleh mahluk mistis lain yang disebut Rangda.(Ratu Setan) Rangda memimpin pasukan penyihir jahat melawan pemimpin pasukan baik. Sebagai cerminan kehidupan Tari Barong menggambarkan dua karakter yang terlibat dalam pertempuran yang tidak pernah berakhir.


Berlangganan Via Email

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silakan berlangganan gratis via email.

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "10 ATRAKSI BUDAYA PALING MENAKJUBKAN DI INDONESIA"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan