Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Monday 13 August 2018

BERBURU PENYU HIJAU DI PULAU MARATUA


BERBURU PENYU HIJAU DI PULAU MARATUA
sumber gambar : maratua.com

ReyGina Wisata | Semenjak penerbangan sewaan reguler telah dioperasikan dari negeri Cina ke Tarakan di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia, dan dari sini wisatawan melanjutkan perjalanan menggunakan speedboat ke pulau-pulau yang sangat memukau yang salah satunya adalah gugusan pulau di Derawan yang terkanal karena keindahan alamnya yaitu Pulau Maratua.

BACA JUGA : Pulau Wangi-wangi Tujuan Favorit Wisata Bawah Laut

Pulau Maratua adalah surga kecil yang menjadi salah satu tujuan wisatawan dari berbagai negara di penjuru dunia saat ini. Di pulau ini Anda dapat menikmati panorama bawah laut yang cantik mempesona, hamparan pasir putih bersih tempat bertelurnya Penyu Hijau serta panorama sunset yang begitu elok yang dapat menciptakan suasana romantis bersama pasangan.  

Selain dapat Berburu Penyu Hijau, Pulau Maratua memiliki keelokan alam dan bawah laut yang sangat luar biasa. Para divers seperti menemukan surga dan pulau ini sering disebut-sebut sebagai Maldivesnya Indonesia.

Maratua adalah pulau tropis yang sebagian dikelilingi oleh laguna besar di salah satu ujungnya dan dibatasi dengan dinding berbatu dan terumbu karang disepanjang ujung yang lain. Pulau berbentuk huruf U seluas 384 kilometer persegi ini dibalut dengan pantai berpasir putih bersih dengan panorama hijau puhon bakau serta 3,735 kilometer persegi perairan yang diyakini para ilmuwan mengandung tingkat keanekaragaman hayati laut tertinggi ketiga di dunia setelah Raja Ampat di Papua Barat dan Kepulauan Solomon.

BERBURU PENYU HIJAU DI PULAU MARATUA
sumber gambar : Shutterstock

Berada di kawasan gugusan Kepulauan Derawan yang meliputi Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Pulau Kakaban yang merupakan rumah bagi salah satu Danau Asin satu-satunya di dunia serta salah satu tempat bersarang penyu hijau terbesar di Indonesia.

Pulau-pulau cantik bagaikan surga ini terletak di dalam Coral Triangle yang ramai dengan semua kekayaan dan keindahan lanskap bawah laut yang sangat eksotis dan menakjubkan.Lebih dari 20 spot menyelam di seluruh pulau akan membuat Anda terpesona dengan kekayaan bawah laut yang melimpah yang terbentang rapi di bawah air jernih berwarna hijau jamrud. Taman Laut Pulau Maratua akan menyambutmu dengan kelimpahan terumbu karang warna-warni yang indah bertipe fringing Reef dan didominasi padang lamun dengan jenis halodule Uninervis serta dihuni dengan berbagai spesies ikan, penyu hijau, pari manta dan biota laut lainnya.

BACA JUGA : Menengok Keragaman Karang Dunia Di Pulau Kofiau

Turtle Traffic adalah salah satu tempat menyelam paling populer di Pulau Maratua dan sesuai dengan namanya tempat ini dipenuhi oleh penyu langka dari spesies Penyu Hijau. Ratusan Penyu Hijau sering berada dibagian samudra ini meluncur dengan anggun untuk mencari makanan. Selain banyak terdapat ratusan penyu hijau, tempat ini juga merupakan tempat bertelur dimana Penyu Hijau kembali setiap tahun untuk bertelur sehingga tidak berlebihan jika Maratua dinamakan juga "Turtle Green of Indonesia". The Big Fish Country terletak diantara Pulau Maratua dan Nabucco. dimana arus kuat membawa ikan besar untuk bermain di perairan ini seperti Manta Ray, Eagle Rays, Tuna dan Mackerel bersama dengan Barracuda, White Tip Sharks dan bahkan sesekali Hammerhead ikuit menjejahi perairan ini.

BERBURU PENYU HIJAU DI PULAU MARATUA
sumber gambar : Maratua Island

Tempat penyelaman di Pulau Maratua memiliki perairan yang dalam dengan arus yang cukup kuat dan karenanya disediakan buat Anda para penyelam yang sudah profesional. Setelah Anda puas menikmati panorama indah bawah laut Maratua, Lanjutkan perjalanan Anda dengan berjalan-jalan di sekitar bagian pulau. Mampirlah ke salah satu dari 4 desa Bajau. Ambil kesempatan disana untuk belajar tentang kehidupan orang-orang laut yang sangat misterius ini. Ketika semuanya sudah Anda lakukan, Duduk dan bersantailah di tepi pantai dan berjemur di hamparan pasir putih bersih sambil menikmati panorama sunset diatas cakrawala senja yang sangat indah bagaikan lukisan alam yang mulai tenggelam di balik cakrawala.

Akomodasi

Pulau Maratua difasilitasi dengan Maratua Paradise Resort, Dimana ketika Anda melihat keluar dari jendela, Anda akan melihat laut yang indah yang membentang di depan Anda sejauh mata memandang. 

BERBURU PENYU HIJAU DI PULAU MARATUA
sumber gambar : sportourism.id

Disini, Maratua Paradise Resort hanya satu dari dua fasilitas akomodasi di pulau surga tropis yang benar-benar terpencil. Di tempat ini Anda bisa menghabiskan bulan madu dengan sangat romantis bersama pasangan. Sungguh pengalaman liburan yang tak mudah Anda lupakan selama hidup Anda.

BACA JUGA : Pulau Weh : Surganya Para Pecinta Selam

Banyak penyelam terbaik di dunia yang datang ke Pulau Maratua untuk mengagumi kehidupan bawah laut yang sangat menakjubkan disini. Maratua Paradise Resort memiliki 6 chalet pantai dan 10 vila air yang dibangun diatas panggung yang dapat diakses melalui jembatan kayu. Meskipun resort ini tidak mewah dan bertaraf internasional, namun resort ini menawarkan kenyamanan, kebersihan dan suasana yang tak terlupakan di mana Anda bisa benar-benar dekat dan bersatu dengan alam tropis yang indah. 

Kontruksi kayunya menyatu sempurna dengan alam sekitarnya. Semua kamar ber-AC, memiliki kamar mandi pribadi dengan air dingin dan panas yang selalu siap menyegarkan tubuh serta balkon pribadi yang selalu menciptakan suasana romantis bersama pasangan. Dengan makanan yang lezat yang kebanyakan terdiri dari ikan dan makanan laut lainnya yang disajikan dengan gaya kuliner Indonesia. Ditambah makanan penutup buah-buahan segar, teh dan kopi serta koneksi internet yang bagus menjadikan tempat yang sempurna untuk liburan bersama keluarga atau pasangan Anda.

Akses Menuju Pulau Maratua

Bandara terdekat di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan adalah Bandara Internasional Juwutan di kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Dari sini Anda bisa menggunakan speedboat langsung menuju Kepulauan Derawan termasuk Pulau Maratua untuk Berburu Penyu Hijau Di Pulau Maratua atau dari Tarakan Anda bisa mengambil penerbangan internal ke selatan ke Tanjung Redeb di distrik Berau. Dari sini perahu siap mengantar Anda ke Pulau Maratua atau ke Pulau Kakaban dan Kepulauan Derawan lainnya.

Dari Berau, Anda juga bisa menggunakan jasa Speedboat selama 2 jam perjalanan ke Pulau Derawan dengan fasilitas penumpang sekitar 15 orang. dan dapat Anda sewa untuk membawa Anda berkeliling ke Kepulauan Derawan dalam satu hari perjalanan.

Sudah bukan rahasia lagi jika Kepulauan Derawan adalah Primadona Wisata di Kalimantan Timur, Indonesia.Dan sangatlah wajar jika banyak wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara berlibur ke tempat ini. Bagaimana dengan Anda? 


sumber: Indonesia.travel

 

        
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Definition List

Fans Page