Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Wednesday 14 December 2016

BERBURU CAHAYA SURGA DI GUA JOMBLANG

Berburu Cahaya Surga Di Gua Jomblang


ReyGina Wisata | Gua Jomblang atau Luweng Grubug merupakan salah satu Gua Terindah Di Indonesia yang berada di Jetis Wetan, Panjangrejo, Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta atau berjarak 10 kilometer dari alun-alun Wonosari atau berjarak 60 kilometer dari kota Jogjakarta.

Berburu Cahaya Surga Di Gua Jomblang

Gua vertikal bertipe collase doline ini terbentuk dari proses geologi dengan amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada diatasnya ke dasar bumi yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu. Amblasnya tanah ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah Luweng. Gua Terindah Di Indonesia dengan luas sekitar 50 meter terdapat cahaya yang sangat indah dengan sebutan "Cahaya Dari Surga".

Berburu Cahaya Surga Di Gua Jomblang memang sangat menantang dan mengasyikan. Gua yang juga merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan sekarang dikembangkan menjadi Tempat Wisata Andalan Gunungkidul ini masih dikelola oleh penduduk setempat dimana kita masih bisa merasakan keindahan gua yang masih asri dan alami dengan Cahaya Surganya yang sangat mempesona dan menakjubkan.

Untuk dapat Menikmati Cahaya Surga Di Gua Jomblang, Anda harus turun ke dalam gua dengan menggunakan peralatan caving yang telah disediakan oleh pihak pengelola sesuai standart peralatan keselamatan caving di gua vertikal ini.

Berburu Cahaya Surga Di Gua Jomblang

Walaupun harus melalui perjuangan yang cukup berat dan menantang untuk dapat masuk ke dalam gua setinggi 90 meter ini, Namun Anda akan mendapatkan kenikmatan tersendiri berada di dalam gua. Sinar matahari yang masuk menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter ini akan membentuk satu tiang cahaya menyinari flowstone yang sangat indah dan mempesona di kedalaman gua yang gelap gulita. 

Tepat di dasar Gua Jomblang terdapat dua gua horizontal yang cukup lebar yang merupakan pintu masuk menuju gua atau Luweng Grubug yang berjarak sekitar 300 meter dari dasar Luweng Jomblang. Berjalan di lorong kegelapan selama 10 menit Anda akan langsung menemui sebuah fenomena alam yang sangat indah dan menggagumkan. Anda akan disambut dengan dengan dua buah stalagmit besar berwarna hijau kecokelatan, hamparan hijau hutan purba, aneka lumut, paku-pakuan, semak dan pohon-pohon besar yang tumbuh rapat di dasar gua. 



Keindahan Stalagmit ini semakin sempurna tatkala Tiang Cahaya yang menerobos masuk dari atas  dan menyatu dengan air yang menetes dari ketinggian sehingga banyak orang yang terkagum-kagum saat Berburu Cahaya Surga Di Gua Jomblang ketika menyaksikan lukisan alam yang sangat indah dan menakjubkan yang dikenal dengan "Cahaya Surga".

Berburu Cahaya Surga Di Gua Jomblang

Gua Jomblang merupakan salah satu Wisata Pertualangan Di Gunungkidul yang dapat Anda jelajahi dengan menawarkan Jomblang Cave untuk susur gua (caving), Jomblang Wall untuk panjat tebing (climbing) dan juga Jomblang Lake.

Penginapan Di Gua Jomblang

Kawasan sekitar Gua Jomblang merupakan hutan yang masih sangat alami sehingga tidak ada tempat penginapan yang cukup memadai. Jarak yang cukup dekat dengan pusat kota Kabupaten Gunungkidul dan pusat kota Jogjakarta membuat banyak wisatawan yang Berburu Cahaya Surga Di Gua Jomblang memilih penginapan di sekitar kota Jogjakarta yang banyak bertebaran dengan harga yang sangat terjangkau.

Akses Menuju Gua Jomblang

Untuk dapat Berburu Cahaya Surga Di Gua Jomblang ini sangatlah mudah. Dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, Anda dapat mencapai Gua Jomblang dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Nah jika Anda ingin Berburu Cahaya Surga Di Gua Jomblang yang sangat indah dan menakjubkan ini, sebaiknya persiapkanlah fisik, mental dan juga dana yang cukup karena untuk memasuki Gua Jomblang, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 450.000,-,  




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page