Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Tuesday 11 October 2016

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

10 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia  


Selain sebagai Air Terjun Tertinggi Di Indonesia, Tempat-tempat ini juga memiliki pemandangan yang indah dan mempesona.

Air Terjun Tertinggi Di Indonesia

ReyGina Wisata | Keindahan alam Indonesia menjadi daya tarik tersendiri di mata dunia hingga tak heran banyak wisatawan dari seluruh dunia datang berkunjung ke Indonesia. Salah satu keindahan alam Indonesia yang wajib Anda kunjungi dan nikmati adalah keberadaan Air-Air Terjun Tertinggi Di Indonesia. 

Selain memiliki ketinggian yang sangat menakjubkan, Air-air terjun ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona, alami dan belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan jail manusia. Seperti Air Terjun Sigura-Gura di Sumatera Utara, Air Terjun Payakumbuh di Lembah Harau atau Air Terjun Madakaripura di Probolinggo.

Berikut 10 Air Terjun Tertinggi Di Indonesia yang layak Anda nikmati keindahannya.

1. Air Terjun Cipendok (92 meter)

air terjun cipendok

Air Terjun Cipendok adalah salah satu Air Terjun Tertinggi di Indonesia yang berada di Lereng Gunung Slamet yaitu di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Air terjun setinggi 92 meter ini memiliki daya tarik tersendiri karena lingkungannya masih benarbenar masih alami dan kesunyiannya juga masih terasa sebab belum banyak wisatawan yang datang berkunjung menikmati keindahannya.

Udara disekitar air terjun ini sangat sejuk, Sepanjang jalan menuju lokasi air terjun banyak ditemukan area perkebunan. Di sekitar Air Terjun juga terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.

2. Air Terjun Curup Tenang (99 meter)

air terjun curup tenang

Air Terjun Curuop Tenang setinggi sekitar 99 meter ini merupakan Air Terjun Tertinggi di Sumatera Selatan dan juga salah satu Air Terjun Tertinggi Di Indonesia. Air terjun yang terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung atau berjarak sekitar 56 kilometer di selatan Muara Enim bersumber dari mata air yang tidak pernah kering di celah Bukit Barisan dan kebawah membentuk sebuah sungai kecil yang airnya cukup deras. 

Air Terjun Curup Tenang merupakan salah satu Tempat Wisata Andalan Sumatera Selatan yang wajib Anda kunjungi. 

3. Air Terjun Moramo (100 meter)

air terjun moramo

Air Terjun Morama terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara atau berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo , Kabupaten Konawe Selatan dan merupakan air terjun bertingkat (cascade) yang indah dengan ketinggian sekitar 100 meter. Dari ketinggian tersebut, mengalir melewati tujuh tingkatan utama serta 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air. 

Dari sekian banyaknya kolam yang berada di bawah Air Terjun Moramo, hanya terdapat satu kolam saja yang bisa digunakan untuk Anda berenang yaitu kolam yang berada pada tingkat kedua dari tujuh tingkat utama yang ada.

4. Air Terjun Curug Citambur (100 meter)


air terjun curug citambur

Air Terjun Curug Citambur setinggi 100 meter ini terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Airnya sangat dingin dan tak ada yang berani mandi dibawah air terjun.

Air terjun dengan pemandangan alam yang sangat mempesona ini berada pada kawasan alam yang masih perawan dan belum banyak tersentuh oleh tangan manusia. Tempat Wisata Air Terjun Curug Citambur sangat eksotis sehingga Anda akan merasa nyaman dan tenang berada di air terjun ini.

5. Air Terjun Sedudo (105 meter)

air terjun sedudo

Air Terjun Sedudo aalah salah satu Air Terjun Tertinggi Di Indonesia yang terletak di dsa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun setinggi 105 meter ini berada pada ketinggian 1.438 mdpl. 

Masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun ini memiliki kekuatan supranatural. Lokasi tempat wisata air terjun ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (kalender jawa). Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya dapat membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.   

6. Air Terjun Jarakan (115 meter)

air terjun jarakan

Air Terjun Jarakan adalah salah satu Air Terjun Tertinggi Di Indonesia yang terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Air terjun setinggi 115 meter ini memiliki kolam kecil dibawahnya yang dapat Anda gunakan untuk mandi atau sekedar mencuci muka.

7. Air Terjun Sipiso-piso (120 meter)

air terjun sipso-piso

Air Terjun Sipiso-Piso adalah sebuah air terjun setinggi 120 meter yang terletak di Dusun Hutabaringi, Desa Tongging, Kecamatan merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Air terjun setinggi 120 meter ini mengucur deras membentuk garis vertikal sempurna. Sehingga Air Terjun Sipso-Piso masuk pada type Plunge. 

Air Terjun Sipiso-Piso ini berada pada bibir Danau Toba serta terbentuk pada aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai penyuplai air ke Danau Toba. Nama Sipiso-Piso diambil dari nama sebuah gunung yang berada di Timur Laut dari air terjun. Gunung yang juga disebut Dolok Sipso-Piso memiliki ketinggian 1.860 mdpl.

8. Air Terjun Payakumbuh (150 meter)

air terjun payakumbuh

Memiliki ketinggian sekitar 150 meter, Air Terjun Payakumbuh yang terletak di Ngarai Harau atau berjarak sekitar 35 kilometer dari kota Bukittinggi adalah salah satu Air Terjun Tertinggi di Indonesia yang layak Anda nikmati keindahannya. Air terjun ini berada disela-sela perbukitan Lembah Harau serta sebuah jurang yang sangat dalam.

9. Air Terjun Madakaripura (200 meter)

air terjun madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah sebuah air terjun yang terletak di dusun Branggah, desa Negororejo, kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan Air Terjun Tertinggi di Pulau Jawa dan Air Terjun Tertinggi kedua di Indonesia. 

Air Terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang terjadi hujan.   

10. Air Terjun Sigura-Gura (250 meter) 


air terjun si gura-gura

Air Terjun Sigura-Gura yang terletak di di Dusun Sigura-Gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia ini memiliki tinggi 200 meter dan merupakan Air Terjun Tetinggi di Indonesia saat ini.

Air terjun yang berada di aliran Sungai Asahan yang berada pada ketinggian 800 mdpl dikontrol oleh sebuah pintu air Waduk Sigura-Gura yang berada tepat diatasnya.

Nah itulah 10 Air Terjun Teringgi Di Indonesia yang dapat Anda kunjungi untuk menyaksikan kemegahan serta keindahannya dari Air Terjun Teringgi Di Indonesia ini.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page