Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Thursday 2 June 2016

10 TEMPAT SURFING TERBAIK INDONESIA

10 Tempat Surfing Terbaik Indonesia


"Dengan ombak-ombaknya yang tinggi dan besar kesepuluh pantai terbaik ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar dunia untuk melakukan olahraga Surfing atau Berselancar"

Tempat Surfing Terbaik Indonesia

ReyGinaWisata -Indonesia yang terletak di antara Benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau  memiliki kekayaan alam yang sangat beragam. Salah satunya adalah memiliki pantai-pantai nan indah dan eksotis dengan ombak-ombaknya yang tinggi dan besar sehingga menjadi tempat favorit bagi para peselancar dunia untuk melakukan olahraga Surfing atau Berselancar.

Berikut 10 Tempat Surfing Terbaik Indonesia yang merupakan surganya bagi para peselancar kelas dunia.

1. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat


Surfing Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai adalah salah satu pulau yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pulau ini memiliki alam laut yang mengagumkan dan sempurna untuk Wisata Bahari. Tempat ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata terbaik di Indonesia terutama untuk Wisata Alam, Wisata Budaya dan Wisata Bahari terutama untuk para penggemar olahraga Surfing Indonesia dan Mancanegara.

Kepulauan Mentawai sendiri merupakan empat rangkaian pulau non-vulkanik dimana gugusan kepulauannya merupakan puncak dari suatu punggung pegunungan bawah laut. Kemapat rangkaian pulau tersebut antara lain adalah Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan. Lokasi pulau-pulau ini berada di lepas pantai Provinsi Sumatera Barat yang memanjang dan dikelilingi oleh Samudera Pasifik.

Seperti halnya yang ada di Pantai Sipora, Pantai ini masuk 10 besar sebagai tempat surfing terbaik di dunia versi Surfing Magazine yang berbasis di Australia.

Pantai Sipora identik sebagai Pantai Surfing kelas dunia. Di tempat ini Anda dapat menemukan Hollow Tress dan Lance'S Left yaitu ombak berbentuk silinder yang dikenal dengan sebutan Right Tube bagi para peselancar yang selama 10 tahun ini sering muncul di video-video dan majalah-majalah surfing dunia. Ombak ini datang tidak terlalu besar tetapi akan ada 3 take off yang akan menantang para peselancar untuk melakukan manufer surfing. Pada saat ombak besar datang bagian atas ombak akan pecah (peak) dan akan terhubung dengan barrel secara terus menerus yang akan membuat para peselancar dengan ketrampilan diatas rata-rata akan terkagum-kagum.

2. Pantai Nihiwatu, Pulau Sumba


Surfing Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu juga merupakan salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia. Pantai yang terletak di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai sepanjang 2,5 kilometer ini masuk pada urutan ke-17 sebagai Pantai Surfing Terbaik Di Dunia versi Surfing Magazine.

Pantai yang masih sepi ini memiliki gelombang yang sangat besar dan menjadi salah satu tempat favorit bagi para penggemar surfing dunia untuk menaklukan gelombang besar yang oleh para peselancar disebut God's Left.

Untuk melakukan atraksi berselancar dipantai ini harus mentaati peraturan yang ada, Setiap seassionnya hanya 9 orang yang diperbolehkan untuk melakukan olahraga selancar secara bersamaan.

3. Pantai Uluwatu, Bali


Surfing Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu merupakan pantai surfing ke-4 terbaik di dunia versi Surfing Magazine. Pantai ini banyak dikunjugi oleh peselancar kelas dunia dari mancanegara hanya untuk menaklukan keganasan ombak Samudera Pasifik yang bisa mencapai ketinggian 7 meter.

Selain sebagai lokasi surfing kelas dunia, Pantai Uluwatu juga memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih yang bersih serta bukit-bukit karang yang mempesona. Di pantai ini para wisatawan juga dapat menikmati keindahan Sunset yang sangat menakjubkan diatas cakrawala senja Pulau Bali sambil bersantai setelah lelah melakukan aktivitas olahraga selancar.

4. Pantai G-Land, Banyuwangi


Surfing Pantai G-Land

Pantai G-Land atau Pantai Plengkung merupakan salah satu Pantai Surfing terbaik di Indonesia. Pantai yang terletak di Banyuwangi ini memiliki ombak yang besar dan bisa mencapai 6 meter. Sehingga pantai ini sangat ideal bagi para pengemar olahrga surfing untuk menguji adrenalin mereka. 

Pantai yang juga mendapat julukan The Sevent Giant Waves Wonder atau tujuh gulungan ombak besar dengan ketinggian mencapai 6 meter. Oleh karena itu pantai ini juga sering disebut-sebut oleh para peselancar yang pernah merasakan keganasan ombak disini sebagai pantai surfing terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii. 

Nah untuk Anda yang ingin merasakan keganasan ombak Pantai G-Land sebaiknya datang pada bulan Juli-September meskipun ombak di pantai ini besar sepanjang tahun.

5. Pantai Watu Karang, Pacitan


Surfing Pantai Watu Karang

Selain memiliki keindahan pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya, Pantai Watu Karang juga merupakan salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia. Pantai yang terletak di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur ini memiliki ombak besar dan menantang yang datang dari Samudera Hindia.

Pantai Watu Karang memiliki ombak tipe Reef Break yang banyak disukai oleh peselancar kelas dunia. Waktu yang tepat untuk menaklukan ombak di Pantai Watu Karang adalah antara bulan April hingga Oktober setiap tahunnya.

6. Pulau Nias, Sumatera Utara


Surfing Pulau Nias

Selain dikenal budaya dan sejarahnya, Pulau Nias di kalangan peselancar internasional, Pulau Nias terkenal memiliki ombak yang begitu fantastis. Gelombang ombaknya menggulung sempurna dengan ketinggian mencapai 2-15 kaki. Pulau Nias terkenal di kalangan para surfer dunia karena memiliki dua spot surfing terbaik dunia yang disebut ”The Point” dan ”Indicator”. Keduanya tiada henti menampilkan rangkaian ombak yang luar biasa sepanjang tahun. Pulau ini juga memiliki karang yang banyak, tetapi tidak mengganggu kegiatan surfing. Tempat surfing yang paling terkenal di pulau ini adalah Pantai Sorake dan Lagundri.

7. Pantai Tanjung Setia, Lampung


Surfing Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia ini sudah dikenal oleh turis mancanegara namun belum oleh masyarakat lokal. Pantai yang terlatak di Provinsi Lampung sebelah barat Pulau Sumatera ini memiliki ombak yang sangat ganas.

Pantai ini menjadi salah satu tempat favorit dan terbaik di dunia untuk olahraga air. Ombak di pantai ini termasuk salah satu ombak tertinggi di dunia karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak di pantai ini bisa mencapai tinggi 6-7 meter dengan panjang 200 meter.   

8. Pantai Ombak Tujuh, Jawa Barat


Surfing Pantai O,bak Tujuh

Bagi Anda yang gemar bersurfing bisa menjajal keganasan Ombak Tujuh yang lumayan bisa membuat adrenalin menjadi meninggi. Biasanya para peselancar dari mancanegara sangat menyukai keadaan ombak yang tinggi, memanjang dan pecah ditepi pantai. Segala kriteria tersebut bisa dijumpai di Pantai Ombak Tujuh yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Nama Ombak Tujuh sendiri konon berasal dari ombak dipantai ini yang katanya selalu berjumlah tujuh saling berurutan satu dengan yang lainnya. Selain bisa menikmati olahraga  surfing dan merasakan sensasi ombak yang bergulung dan berjumlah tujuh, Di pantai ini Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti memancing, berfoto, maupun sekadar bersantai. 

9. Nusa Lembongan, Pulau Bali


Surfing Nusa Lembongan

Pesona Bali memang tak usah dipertanyakan lagi. Selain wisata budaya, Anda juga bisa puas berselancar di pantai-pantai yang punya ombak fantastis. Tak jauh dari beberapa spot diving di Nusa Penida, Anda akan temukan gulungan ombak tinggi di Nusa Lembongan, tempat terbaik untuk dijadikan 'wahana surfing' di Pulau Bali, Indonesia.

10. Pantai Pulau Timor, NTT


Surfing Pantai Pulau Timor

Pulau-pulau di Timor Barat memiliki beberapa gelombang terbaik di Indonesia. Pulau-pulau Timor Barat dan Rote memiliki beberapa spot terkenal, break point (seperti T-Lands) serta cukup beberapa tempat rahasia. T-Land adalah tempat surfing utama di sini, seorang goofie bisa melakukan snap berkali-kali, kamu bisa melakukan nose rider selama yang kamu mau atau menikmati free travel spirit on break. 

Pulau Roti adalah titik selatan terjauh Indonesia, dengan pantai indah tak terjamah serta surfbreaks menakjubkan, hutan hujan tropis, savana dan bukit-bukit berakhir di tebing curam. 

Sekarang Anda memiliki kesempatan untuk menikmati pengalaman menarik ini di Indonesia dengan menaklukan salah satu pantai dari 10 Pantai Surfing Terbaik Indonesia



    
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page