Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Sunday 19 June 2016

10 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEDIRI

10 Tempat Wisata Paling Populer Di Kediri  


"Dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona serta peninggalan-peninggalan sejarah yang sangat menakjubkan membuat Kota Kediri menjadi salah satu Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia"

Tempat Wisata Paling Populer Di Kediri

ReyginaWisata - Kediri adalah kota ketiga terbesar di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang memiliki luas wilayah 63.40 kilometer persegi. Kota ini juga merupakan situs dari ibukota kuno bagi kerajaan di Jawa yang juga merupakan pusat kebudayaan utama bagi Suku Jawa yang berisi beberapa reruntuhan kuno dari candi peninggalan Kerajaan Kediri dan Majapahit.

Dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona serta peninggalan-peninggalan sejarah yang sangat menakjubkan membuat Kota Kediri menjadi salah satu Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia Seperti Wisata Alam Gua Selomangleng, Air Terjun Dolo, Wisata Alam Gunung Kelud, Wisata Sejarah Museum Air Langga, Candi Surowono, Candi Tegowangi atau Wisata Buatan Gumul Paradise Island, Kediri Water Park serta beberapa Wisata Kuliner yang sangat memanjakan lidah Anda.

Berikut 10 Tempat Wisata Paling Populer Di Kediri yang dapat Anda jadikan sebagai tempat liburan Anda bersama keluarga.

1. Tempat Wisata Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul merupakan salah satu tempat wsiata paling populer di Kediri. Monumen yang diresmikan pada tahun 2008 ini sepintas mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di Paris. Simpang Lima Gumul sendiri merupakan pertemuan lima jalan menuju lima daerah di Kediri yaitu Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Posoklaten. 

Monumen yang memiliki luas bangunan sekitar 804 meter persegi dengan ketinggian mencapai 25 meter yang terdiri dari 6 lantai ini serta ditumpu dengan 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar mencerminkan tanggal, bulan, tahun hari jadi Kabupaten Kediri yaitu 25 Maret 804.

Di sisi monumen terpahat relief-relief yang menggambarkan tentang Sejarah Kediri. Di sebuah sudut monumen juga terdapat sebuah Arca atau Patung Ganesha, salah satu dewa yang banyak dipuja oleh Ummat Hindu dengan gelar sebagai Dewa Pengetahuan dan Kecerdasan, Dewa Pelindung, Dewa Penolak Bala dan Dewa Kebijaksanaan.

Saat ini Monumen Simpang Lima Gumul tidak pernah sepi pengunjung. Setiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini sebagai tempat bersantai sekaligus mengisi liburan di akhir pekan.   

2. Tempat Wisata Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island Kediri

Jika Anda berlibur ke Kediri bersama dengan keluarga, Gumul Paradise Island adalah tempat yang cocok buat Anda dan keluarga. Tempat wisata ini terletak di Jalan Simpang Lima Gumul Barat dan tidak jauh dari Monumen Simpang Lima Gumul. 

Di Gumul Paradise Island Anda bisa menikmati beberapa wahana bermain dan hiburan yang sangat menarik dan menyenangkan seperti Flying Fox, Speed Slider, Berenang dan lain sebagainya. 

3. Tempat Wisata Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo Kediri

Jika Anda ingin menikmati suasana alam Kediri yang sejuk, Air Terjun Dolo merupakan tempat wisata alam Kediri paling tepat untuk liburan Anda. Air terjun yang berada pada ketinggian 1.800 mdpl ini sangat memiliki pemandangan yang sangat indah dengan udara yang sejuk. Berada pada lereng Gunung Wilis, Air terjun setinggi 125 meter menjadikan Air Terjun Dolo salah satu Tempat Wisata Alam Paling Populer di Kediri.

Menikmati keindahan Air Terjun Dolo yang berada di Desa Jugo atau sekitar 25 km dari Kota Kediri adalah kegiatan terbaik yang dapat Anda lakukan di Kediri. Di tempat ini Anda juga dapat menjumpai perkebunan stroberi dan sayuran lainnya dengan suasana alam yang begitu menyegarkan.

4. Tempat Wisata Gua Selomangleng

Gua Selomangleng Kediri

Gua Selomangleng merupakan tempat wisata Kediri lainnya yang banyak di datangi oleh para wisatawan. Gua yang terletak di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto merupakan gua batu yang memiliki nilai sejarah bagi keberadaan Kota Kediri. Gua ini dipercaya sebagai tempat mengasingkan diri untuk bertapa Dewi Kilisuci yang merupakan putri dari Raja Erlangga yang menolak tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya.

Gua ini memiliki relief dan ukiran-ukiran pada dinding-dinding baik di dalam maupun di luar gua. Secara umum gua ini tidak terlalu luas, namun aura mistis dan gelap sangat terasa di dalam gua ini. 

Tidak jauh dari Gua Selomangleng juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya seperti  Museum Airlangga, Gunung Klothok dan Gunung Maskumambang.

5. Tempat Wisata Candi Surowono

Candi Surowono Kediri

Candi Surowono merupakan tempat penyucian Raja Wengker yang merupakan salah satu bawahan Kings selama pemerintah Raja Hayam Wuruk dari Majapahit Empire. Ini adalah persegi panjang ukuran 8 x 8 meter dan dibangun pada tahun 1400 Masehi. Daya tarik obyek wisata Candi Surowono adalah hasil bangunan sebagai sejarah karya kelalaian masa lalu dan terowongan bawah tanah; bangunan cutting yang diterbangkan air jernih percabangan jalan. Hal ini terletak cukup cabang banyak sekitar 100 meter dari bangunan candi. Temple Surowono, terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, sekitar 25 km Timur Laut Arah dari kota Kediri.

6. Tempat Wisata Kuliner Khas Kediri 

Kuliner Khas Kediri

Mengunjugi Kediri tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi Kuliner Khas Kediri. Disi Anda bisa mencoba kenikmatan rasa dari Tahu Takwa yang merupakan makanan khas kota Kediri atau menikmati gurihnya racikan Soto Depot Podjok Kediri yang berada di Jalan Dhoho. Anda juga bisa membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang kelezatan Tahu Poo di Jalan Yos Sudarso yang sudah sangat terkenal di Kediri.

Selain itu Anda juga dapat menikmati kelezatan Nasi Pecel Tumpang Kediri di Jalan Dhoho, Soto Bok Ijo di dekat Terminal Kediri, Merasakan gurihnya Gethuk Pisang Kediri di sepanajng Jalan Dhoho, Menikmati Sate Emprit yang Anda dapat temukan di Jalan Wahidin  atau menikmati keunikan Sate dan Keripik Bekicot Kediri yang ada di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kediri.  

7. Tempat Wisata Candi Tegowangi

Candi Tegowangi Kediri

Candi Tegowangi merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang diperkirakan dibangun pada abad ke-14.  Menurut kisahnya candi ini merupakan tempat pendharmaan Bhre Matahun. Candi yang terletak di Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri ini merupakan tempat wisata budaya paling populer di Kabupaten Kediri. 

8. Tempat Wisata Kediri Water Park


Kediri Water Park


Kediri Water Park adalah salah satu tempat wisata paling populer lainnya di Kediri. Wisata buatan ini terletak di Jalan Raya Pagung, Kecamatan Semen, Water Park di Kediri ini memiliki Water Slide terpanjang di Asia dengan panjang 206 meter. Selain itu tempat wisata ini juga dilengkapi dengan Sepeda Udara, Gajah Terbang dan lain sebagainya.

Dengan luas areal 6 hektar akan memberi beberapa kemudahan untuk Anda dan keluarga. Wahana wisata air ini pastinya akan menjadi tempat favorit bagi Anda dan keluarga terutama untuk anak-anak. 

9. Tempat Wisata Konto River Rafting

Konto River Rafling Kediri

Jika Hobi Arung Jeram, Konto River Rafting adalah tempatnya di Kediri. Disini Anda bisa mencoba menaikkan adrenalin dengan menaklukan arus Sungai Konto sepanjang 13 kilometer yang lumayan deras. Berada di Desa Kediri Siman, Kecamatan Kepung atau sekitar 40 km dari Simpang Lima Gumul.   

Meskipun tempat wisata alam arung jeram ini terbilang baru di Kediri tetapi sudah banyak sekali peminatnya.

10. Tempat Wisata Alam Gunung Kelud 

Wisata Alam Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud merupakan salah satu tempat wisata alam paling populer di Kediri. Gunung yang memiliki tinggi sekitar 1731 mdpl in terletak di Desa Sugiwaras, Kecamatan Ngantar, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Setelah meletus pada tahun 2014 lalu, Gunung ini kembali ditumbuhi pohon-pohon hijau yang tumbuh di hutan disekitar kawasan gunung yang memiliki 4 puncak ini.

Banyaknya perubahan setelah terjadinya erupsi pada tahun 2014 lalu membuat pemandangan Gunung Kelud semakin mempesona. Anda dapat mengunjungi menara pandang di Puncak Gajah Mungkur, terowongan misteri sepanjang 100 meter, aliran air panas serta munculnya kubah lava yang baru yang lebih tinggi dari kubah lava sebelumnya.

Nah itulah 10 Tempat Wisata Paling Populer Di Kediri yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya Pariwisata Indonesia.

 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page