Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Friday 24 June 2016

10 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI BANYUWANGI

10 Tempat Wisata Paling Populer Di Banyuwangi  


Tempat Wisata Paling Populer Di Banyuwangi

ReyGinaWisata -Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Wilayah yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan menakjubkan untuk di nikmati. Wilayah seluas 5.782.50 km persegi ini memiliki letak geografi yang sangat beragam dari dataran rendah hingga dataran tinggi seperti rangkaian Dataran Tinggi Ijen atau Gunung Raung setinggi 3.344 mdpl.

Tempat Wisata di Banyuwangi juga terdapat kawasan konservasi Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Sukamade yang merupakan tempat pengembangan Penyu dan Semenanjung Blambangan yang terdapat Cagar Alam Taman Nasional Alas Purwo, sebuah taman savana yang mirip dengan yang ada di Afrika. 

Kota yang mendapat julukan "The Sunrise of Java" ini memiliki beberapa tempat wisata yang sangat indah dan sudah sangat populer di Indonesia hingga mancanegara seperti Kawah Ijen, Pantai Plengkung, Pantai Pulo Merah, Taman Nasional Alas Purwo atau Taman Nasional Melu Betiri.

Berikut 10 Tempat Wisata Paling Populer Di Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke wilayah Jawa Timur, Indonesia.

1. Pantai Plengkung, Banyuwangi


Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pantai G-Land adalah sebuah pantai yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang sangat populer karena memiliki ombak yang sangat besar.Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga pantai ini termasukpantai berombak besar yang dihasilkan oleh sistem bertekanan rendah yang berasal dari Antartika,

Pantai Plengkung Banyuwangi

Ombak di Pantai Plengkung berbentuk memanjang, tinggi dan berkecepatan tinggi. Sehingga dapat membentuk tabung ombak yang hampir sempurna, favorit parapenggila olahraga surfing.

2. Pantai Pulo Merah, Banyuwangi


Pantai Pulo Merah Banyuwangi

Pantai Pulo Merah adalah salah satu Tempat Wisata Di Bangyuwangi yang sangat populer bagi para wisatawan domestik dan mancanegara. Pantai yang terletak di Desa Pesanggahan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki sebuah bukit hijau kecil yang bertanah merah di bibir pantainya yang dapat Anda kunjungi dengan berjalan kaki bila air laut sedang surut.

Di bukit tersebut juga terdapat sebuah pura dimana banyak warga ummat Hindu disana melakukan upacara Mekiyis. 

Pantai Pulo Merah menawarkan kepada Anda keindahan pantai yang tak ada duanya, Selain ombaknya yang bagus untuk olahraga Surfing, Keberadaan gugusan pulau-pulau juga menambah keindahan dari Pantai Pulo Merah ini.

3. Kawah Ijen, Banyuwangi


Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen adalah sebuah kawah yang sangat fantastik yang berada di Puncak Gunung Ijen setinggi 2.443 mdpl. Kawah Ijen merupakan Danau Kawah yang bersifat asam dengan luas sekitar 5.466 hektar dengan kedalaman sekitar 200 meter. Danau ini merupakan Danau Air Asam terbesar di dunia. 

Keistimewaan dari Kawah Ijen yang berada pada kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen adalah setiap dini hari sekitar jam 02.00 hingga 04.000, Anda akan menyaksikan fenomena alam berupa terjadinya Blue Fire atau Api Biru yang hanya dapat Anda saksikan di Kawah Ijen dan salah satu gunung lainnya di Islandia.

4. Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi


Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo adalah Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Populer lainnya. Taman ini terletak di Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Taman seluas 43.420 kilometer persegi ini terdiri dari Zona Inti, Zona Rimba, Zona Pemanfaatan dan Zona Penyangga.

Di Taman Masional Alas Purwo setidaknya Anda dapat menemukan 584 jenis tumbuhan yang berada pada kawasan hutan seperti Hutan Bambu, Hutan Pantai, Hutan Bakau, Hutan Tanaman, Hutan Alam dan Padang Pengembalaan serta 31 jenis mamalia dan 236 jenis burung seperti Banteng, Rusa, Ajag, Babi Hutan, Kijang, Macan Tutul hingga Lutung dan Biawak. 

5. Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi


Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Taman Nasional Meru Betiri yang dibuka sejak tahun 1982 berada pada ketinggian 900 hingga 1.223 mdpl berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur ini mengajak Anda untuk melakukan Wisata Petualangan Hutan dan Pantai. Ada banyak pantai yang sangat indah dan menawan di kawasan taman nasional ini karena memang tidak diperkenankan untuk dibangun sarana wisata yang permanen.

Taman Nasional Meru Betiri juga merupakan habitat tumbuhan langka padma Rafflesia Zollingeriana  yang endemik di Pulau Jawa serta berbagai macam tumbuhan obat dan 27 spesies tanaman Anggrek. 

6. Pantai Rajegwesi, Banyuwangi


Pantai Rajegwesi Banyuwangi

Pantai Rajegwesi adalah sebuah pantai nan indah dan alami yang terletak di Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini juga berada pada kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Sehingga pantai yang dikelilingi oleh hutan tropis hijau ini memiliki panorama yang sangat indah dan alami.

Atraksi seni budaya juga sering diadakan di pantai ini oleh penduduk sekitar seperti Wisata Agro dan pembuatan gula jawa (nderes) dari mulai pengambilan air kelapa hingga pembuatan proses gulanya. Aktivitas nelayan di sekitar pantai ini berupa acara petik laut juga menjadi daya tarik tersendiri buat Anda. 

7. Teluk Hijau, Banyuwangi


Teluk Hijau Banyuwangi

Teluk Hijau adalah salah satu tempat wisata lainnya yang cukup populer di Banyuwangi. Pantai ini berada di Kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi atau berjarak 90 kilometer dari kota Banyuwangi. Teluk Hijua menawarkan keindahan pantai yang sangat menakjubkan serta air lautnya yang cenderung berwarna hijau.

8. Pantai Boom, Banyuwangi


Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom adalah sebuah Pantai Wisata Di Banyuwangi yang terletak di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata masyarakat Jawa Timur dan tempat berkumpulnya kawula muda Banyuwangi. 

Di pantai ini Anda dapat menikmati Wisata Kuliner khas Banyuwangi di kedai-kedai sepanjang garis pantai. 

9.  Watu Dodol, Banyuwangi


Watu Dodol Banyuwangi

Kawasan Wisata Pantai Watu Dodol merupakan salah satu Tempat Wisata Di Banyuwangi yang memiliki Batu Karang berwarna hitam yang sangat keras dengan bentuknya yang unik dengan bagian atasnya lebih besar daripada bagian bawahnya.  Selain memiliki keunikan tersendiri Kawasan Wisata Pantai Watu Dodol juga didukung oleh beberapa tempat wisata lainnya seperti Sumur Air Tawar yang dipercaya dapat menyembuhkan orang sakit, Gua Jepang yaitu sebuah gua yang dipergunakan oleh tentara Jepang saat Perang Dunia II terjadi, Makam di puncak bukit.

Di kawasan ini juga sering mengadakan Festival Budaya terutama setelah Hari Raya Idul Fitri oleh masyarakat sekitar. Dengan mengarak tumpeng dan sesajian dari Boyolangu menuju Pantai Watu Dodol yang dimaksudkan perwujudkan syukur masyarakat setempat karena dapat merayakan Hari Idul Fitri serta mengenang jasa Buyut Jakso sebagai perintis Kampung Boyolangu.

10. Savanna Sadengan, Banyuwangi


Savanna Sadengan Banyuwangi

Savannah Sadengan adalah sebuah padang rumput seluas 80 hektar yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Padang rumput disini merupakan tipe semi alami karena terbentuk dari kerusakan hutan sehingga membentuk hamparan rumput yang sangat luas. Disini Anda dapat menemukan beberapa spesies flora dan fauna liar seperti hewan Banteng, Rusa, Ajag, Kijang, Babi Hutan dan lain-lain. 

Di tempat ini juga didirikan sebuah pos pengamatan hewan liar  dimana Anda dapat melihat dan memantau keberadaan hewan liar langsung dari atas bukit.

Nah itulah 10 Tempat Wisata Paling Populer Di Banyuwangi sebagai bahan pertimbangan jika Anda ingin berniat berlibur ke wilayah Jawa Timur khususnya ke Kabupaten Banyuwangi. Semoga bermanfaat.


Share:

1 komentar:

  1. Halo kak, kalo mau explore Banyuwangi lagi dan butuh jasa Sewa Mobil Di Banyuwangi silahkan menghubungi :

    TELP/SMS/WA : 0821-3282-8046
    PIN BBM : 7C647568

    Biaya lebih bersahabat, pelayanan maksimal.

    Semoga bermanfaat ya kak.

    Terimakasih :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page