Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Sunday 25 September 2016

MENIKMATI KEINDAHAN KEPULAUAN DERAWAN DI KABUPATEN BERAU, KALIMANTAN TIMUR

Menikmati Keindahan Kepulauan Derawan Di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur  


Kepulauan Derawan

ReyGinaWisata - Kepulauan Derawan adalah sebuah gugusan pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan atau tepatnya berada di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan merupakan bagian dari ekoregiun Laut Sulu-Sulawesi yang melintasi Indonesia, Malaysia dan Filipina. Ekoregion ini terletak di pusat kawasan segitiga karang dunia dengan keanekaragaman hayati karang tertinggi di dunia.  Segitiga karang yang disebut juga "The Coral Triangle" karena menjadi kehidupan episenter kehidupan laut yang memiliki keragaman jenis biota laut. Terumbu karang di kawasan Kepulauan Derawan mencakup 53% terumbu karang dunia. Bahkan berdasarkan penelitian yang dikembangkan, Kepulauan Derawan merupakan salah satu multi countries feeding ground terpenting di dunia.


Pulau Derawan

Dengan luas wilayah sekitar 44.60 hektar, Di Pulau Derawan terdapat Derawan Dive Resort, Resort yang berstandart internasional dengan fasilitas yang sangat lengkap seperti cottage untuk menginap, fasilitas penyelaman, snorkeling, banana boat, kano, perahu layar, restoran, cafe dan fasilitas pendukung lainnya serta hotel-hotel dan penginapan serta homestay di rumah-rumah penduduk setempat yang biaya sewanya lebih murah.

Taman Laut Derawan

Selain Pulau Derawan, di kawasan Kepulauan Derawan juga terdapat sebuah pulau lainnya yang bernama Pulau Sangalaki. Pulau seluas 15.90 hektar ini merupakan kawasan konservasi penyu langka. Setiap malamnya Anda dapat menyaksikan 50 ekor penyu langka menuju pantai untuk bertelur. Dengan tubuhnya yang besar, Penyu-penyu ini berjuang menuju pantai demi kelangsungan hidupnya. Selain itu menyaksikan anak-anak penyu (tukik) yang baru menetas berjuang menuju lautan akan membuat Anda terharu akan perjuangannya.

Pulau Sangalaki

Lalu ada juga Pulau Kakaban berbentuk menyerupai angka 9 dimana pada bagian melingkar sebelah utara merupakan atol atau batu karang cincin dan memiliki laguna. Pulau seluas 774.20 hektar ini menyuguhkan pemandangan alam yang unik. Di tengah-tengah pulau terdapat Danau Air Payau yang hanya ada dua di dunia yaitu di Pulau Kakaban dan sebuah pulau di Mikronesia, Tenggara Laut Pasifik.

Ubur-ubur Danau Kakaban

Selain memiliki pemandangan yang sangat mempesona dan menakjubkan, Di danau ini juga banyak terdapat spesies unik dan langka seperti misalnya terdapat 4 spesies ubur-ubur (jellyfish) yang tidak menyengat, 8 jenis ikan-ikan kecil serta biota-biota endemik danau yang unik lainnya. Di Danau ini Anda dapat berenang dan menyelam bersama ubur-ubur dan menikmati keindahan bawah danau serta menikmati beberapa titik selam di sekitar Pulau Kakaban seperti Baracuda Point the Driftm, Cabagge Patch, Blue Light Cave, The Plateau, Rainbow Run, Diver;s Delight dan The North Face. 

Pulau Kakaban

Selanjutnya Anda dapat melakukan perjalanan di Kawasan Kepulauan Derawan menuju Pulau Maratua. Pantai ini memiliki panorama laut dan pantai sangat menakjubkan. Keasrian pantai dan laut di pulau ini masih benar-benar asri dan alami. Segerombolan Lumba-lumba akan menyambut dan mengiring  perahu Anda menuju Pulau Maratua seluas 2375,7 hektar.

Di Pulau Maratua, Anda dapat melakukan pertualangan ke gua-gua (caving), melihat sarang-sarang burung walet, trekking menyelusuri hutan-hutan yang ditumbuhi oleh pohon-pohon di atas batu karang atau mendaki Gunung Putih untuk menyaksikan keindahan Sunrise dari ketinggian tebing..

Pulau Maratua

Pulau ini juga didukung oleh 2 resort bertaraf internasional yaitu Maratua Paradise Resort dan Nabucca Island Resort. Kedua resort ini siap melayani kenyamanan liburan Anda. Di tempat ini Anda dapat melakukan aktivitas penyelaman, snorkeling, restoran dan cafe.

Nabucca Island Resort

Berlibur untuk Menikmati Keindahan Kepulauan Derawan Di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur merupakan pilihan yang tepat bagi Anda dan keluarga yang menginginkan ketenangan dan kenyamanan dalam beristirahat.


sumber:beraukab.go.id 

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page