Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Friday 16 September 2016

10 TEMPAT WISATA TERBAIK DI KABUPATEN KUNINGAN

10 Tempat Wisata Terbaik Di Kabupaten Kuningan  



ReyGinaWisata - Kabupaten Kuningan adalah salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang mememiliki beragam Tempat Wisata Terbaik yang dapat Anda nikmati keindahannya. Dengan luas wilayah 1.178, 58 kilometer persegi yang terdiri dari dataran rendah dan wilayah pegunungan dengan puncaknya Gunung Ciremai setinggi 3.076 mdpl, Kabupaten Kuningan banyak memiliki Tempat Wisata Terbaik yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya seperti Talaga Remis, Tempat Wisata Alam Linggarjati, Wisata Budaya Seren Taun atau Wisata Olahraga Tour de Linggarjati.

Berikut 10 Tempat Wisata Terbaik Di Kabupaten Kuningan yang dapat Anda jelajahi dan nikmati keindahannya. 

1. Talaga Remis




Talaga Remis adalah salah satu Tempat Wisata Terbaik Kabupaten Kuningan yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Talaga Remis merupakan sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Ciremai tepatnya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Mandiracan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat atau berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Kuningan.

Dengan luas danau sekitar 3,25 hektar, Talaga ini yang berada dikawasan Hutan Talaga Remis memiliki air yang jernih dan dingin serta pemandangan yang sangat indah dan hijau disekitar danau serta terdapat banyak Remis (sejenis kerang air tawar) selain rasanya yang enak Remis ini juga memiliki banyak kandungan protein didalamnya.

Talaga Remis merupakan perpaduan antara pesona alam pegunungan, hutan serta air talaga yang bening sebening kaca serta didukung udara pegunungan yang sejuk menantang Anda untuk berwana wisata menguak misteri hutan. 

Di Danau Talaga Remis juga tersedia perahu motor, sepeda air, saung, toilet dan mushola yang bisa Anda gunakan saat berlibur di Talaga Remis.

2. Taman Wisata Alam Linggarjati


Taman Wisata Alam Linggarjati adalah salah satu Tempat Wisata Terbaik Di Kabupaten Kuningan yang terletak di salah satu titik awal saat mendaki ke Gunung Ciremai. Taman wisata alam seluas 11.51 hektar ini terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Di samping dapat menikmati panorama alam yang sangat indah dan menawan, Taman Wisata Alam Linggarjati memiliki hawa yang sejuk dan segar sehingga sangat cocok buat Anda untuk bersantai menghilangkan penat dari rutinitas kegiatan kerja sehari-hari. Tidak jauh dari lokasi Taman Wisata Alam Linggarjati terdapat sebuah gedung bersejarah tempat berlangsungnya Perjanjian Linggarjati antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda.

Selain dapat menikmati pemandangan alam yang asri dan berhawa sejuk, Di tempat ini Anda juga dapat melakukan aktivitas berenang dan memancing serta fasilitas lainnya seperti penginapan, tempat parkir, kolam renang, tempat bermain anak-anak, toilet dan mushola.

3. Sangkanhurip


Sangkanhurip merupakan sebuah kawasan pemandian air panas yang terletak di kaki Gunung Ciremai atau tepatnya berada di Kecamatan Cilimus, berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat kota Kuningan.

Tempat Wisata Sangkanhurip menawarkan kepada Anda sensasi mandi di air panas alami yang kaya akan sulfur yang berasal dari Gunung Ciremai. Air panas di tempat ini bermanfaat sebagai relaksasi tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain telah tersedia kolam pemandian air panas, ditempat ini juga difasilitasi dengan bilik-bilik pemandian pribadi.

4. Air Terjun Sidomba


Air Terjun Sidomba adalah salah satu Tempat Wisata Terbaik Kabupaten Kuningan yang layak untuk Anda kunjungi. Air terjun yang terletak di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana. Air Terjun Sidomba yang berada di kaki Gunung Ciremai ini termasuk salah satu air terjun unik, mudah dan sangat cocok dinikmati saat liburan bersama keluarga atau sahabat. 

Air terjun yang berasal dari Sungai Sidomba ini memiliki air yang jernih, dingin dan segar yang bersumber dari mata air Gunung Ciremai. 

Seperti tempat wisata lainnya di Kabupaten Kuningan, Air Terjun Sidomba ini telah difasilitasi dengan masjid megah Amaul Husna, Gazebo (saung), kantin, kolam renang, flyingfox(outbound), mobil domba, kereta mini, motor ATV, karouke out door, karouke box, kolam pancing anak, koleksi hewan dan arena bermain anak serta camping ground untuk anak-anak sekolah yang mengadakan perkemahan di areal wisata Air Terjun Sidomba.

5. Palutungan dan Curug Putri


Palutungan dan Curug Putri merupakan Tempat Wisata Terbaik Kabupaten Kuningan berupa kawasan hutan dan air terjun yang terletak di kaki Gunung Ciremai atau tepatnya berada di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan atau berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Kuningan.

Tempat Wisata Palutungan dan Curug Putri merupakan perpaduan antara pesona alam pegunungan, hutan serta air terjun yang jernih yang didukung oleh udara pegunungan yang sejuk menantang untuk berwana wisata menguak misteri hutan.

Di tempat wisata Palutungan dan Curug Putri Anda akan dimanjakan dengan fasilitas rafting, camping area, saung, toilet dan mushola serta aneka kuliner khas Kabupaten Kuningan.

6. Situs Purbakala Cipari


Situs Purbakala Cipari merupakan situs peninggalan megalitikum. Situs ini di duga sebagai tempat pemukiman purbakala dengan karateristik peninggalan bangunan megalitik seperti kubur batu dan menhir.

Situs Purbakala Cipari ditemukan pada tahun 1972 dengan ditemukannya sebuah peti kubur batu yang merupakan satu ciri dari kebudayaan masa prasejarah. Di situs ini juga banyak ditemukan perkakas-perkakas dapur dari batu, gerabah, perunggu dan bekas-bekas pondasi bangunan.

Saat ini Situs Purbakala Cipari telah menjadi Tempat Wisata Sejarah dan Budaya untuk tujuan wisata pendidikan dengan dikembangkannya menjadi Taman Wisata Purbakala Cipari dengan sebuah museum melengkapi tempat ini.

7. Gedung Perundingan Linggarjati


Gedung Perundingan Linggarjati adalah salah satu Tempat Wisata Sejarah di Kabupaten Kuningan tempat dilaksanakannya perundingan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda yang menghasilkan pasca perang kemerdekaan terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Di gedung ini Anda dapat menyaksikan aroma sejarah tempat berlangsungnya Perjanjian Linggarjati dengan segala artefak yang ada di dalamnya.

8. Danau Balong Keramat Darmaloka

Danau Balong Keramat Darmaloka

Balong Karamat Darmaloka adalah sebuah tempat wisata danau yang terletak di desa Darma, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Selain memiliki pemandangan alam yang asri dan indah, Danau Balong Keramat Darmaloka juga dihuni oleh ikan Kancra Bodas yang biasa juga disebut dengan "Dewa". 

Disekitar danau banyak ditumbuhi pohon tropis yang rindang dan menyejukkan. Di tempat ini juga terdapat makam Syekh Rama Gusti yang konon ditugaskan oleh Walisanga untuk menyebarkan Agama Islam di daerah tersebut. 

9. Seren Taun


Seren Taun adalah upacara panen padi yang dapat Anda saksikan setiap tahunnya. Upacara ini berlangsung khidmat dan meriah di berbagai desa di Kabupaten Kuningan seperti Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Upacara adat ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur masyarakat terhadap hasil panen yang didapatkan dan diramaikan oleh berbagai jenis kesenian adat, tarian, nyanyian dan pesta kuliner khas masyarakat Kuningan. Upacara ini selain diramikan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan juga banyak dikunjungi oleh masyarakat di sekitar Jawa Barat serta wisatawan mancanegar.

10. Tour de Linggarjati


Tour de Linggarjati adalah sebuah event wisata olahraga (sport tourism) berskala international. Untuk tahun 2016, Tour de Linggarjati akan berlangsung di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat pada 28-30 Oktober 2016. 

Selain sebagai ajang kejuaraan balap sepeda bertaraf international, Even Tour de Linggarjati juga bertujuan mempromosikan Tempat Wisata Terbaik Di Kabupaten Kuningan yang memang patut Anda nikmati keindahannya.

Nah itulah 10 Tempat Wisata Terbaik Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi sebagai bahan pertimbangan tempat tujuan wisata terbaik di Jawa Barat, Indonesia untuk Anda dan keluarga.
       

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page