Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Friday 2 September 2016

JELAJAHI 10 TEMPAT WISATA ANDALAN KOTA PALU

Jelajahi 10 Tempat Wisata Andalan Kota Palu 


Teluk Palu

ReyGinaWisata - Palu adalah ibukota Provinsi Sulawesi Tengah yang banyak memiliki Tempat Wisata Andalan untuk Anda jelajahi. Dengan luas wilayah 395.06 kilometer persegi yang berupa wilayah pegunungan dan daerah  pesisir, Kota Palu menawarkan Wisata Alam, Wisata Pantai dan Wisata Religi untuk Anda jelajahi dan nikmati seperti Keindahan Danau Sibili, Danau Poso, Pantai Talise,  Pantai Taman Ria atau Wisata Religi ke Masjid Apung Argam Bab Al Rahman.

Penasaran kan dengan Tempat Wisata Andalan Kota Palu lainnya? Yuk ikuti ulasannya dibawah ini.

1. Danau Sibili

Danau Sibili

Danau Sibili adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Kota Palu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Danau yang terkenal karena pemandangan alamnya yang indah ini terletak 24 kilometer dari kota Palu atau tepatnya berada di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Di Danau Sibili Anda dapat melakukan aktivitas bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang masih asri serta memancing di sekitar danau dengan varietas seperti ikan bawal, mujair, gabus dan yang lainnya atau bersantai dengan perahu tradsional yang banyak disewakan disekitar danau.

2. Danau Poso

Danau Poso

Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia yang memiliki panjang 32 kilometer serta lebar 16 kilometer. Dananu Poso merupakan salah satu Tempat Wisata Andalan Kota Palu karena memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Dan yang merupakan salah satu Danau Terindah Di dunia ini memiliki pasir putih di tepi hingga dasar danau.

Keindahan Danau Poso dapat Anda nikmati dengan berkunjung ke Kecamatan Pamona Utara, Ibukota Tentena, Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Di danau ini Anda juga dapat menjumpai ikan langka yang hampir punah yaitu Ikan Sugili. Selain itu Anda juga dapat menjumpai beberapa batu besar yang muncul dari dalam danau yang seakan seperti sebuah komplek batu yang mengapung di tengah danau.

Di sekitar Danau Poso, Anda juga dapat menemukan beberapa gua yang cantik dan indah yang kedalamannya bisa mencapai dasar danau.

3. Masjid Apung Argam Bab Al Rahman

Masjid Apung Argam Bab Al Rahman

Masjid Apung Argam Bab Al Rahman yang memiliki luas sekitar 121 meter persegi  dan mampu menampung jamaah sebanyak 150 orang ini merupakan Tempat Wisata Religi Kota Palu. Masjid yang memiliki empat menara di keempat sudutnya ini seakan-akan terapung di atas laut karena posisinya menjorok 30 meter ke arah laut.

Masjid ini selain digunakan sebagai tempat beribadah bagi ummat Islam juga memiliki panorama bentang pegunungan dan Teluk Palu akan menambah keindahan bagi para jamaah dan wisatawan yang ingin menikmati Wisata Religi di Kota Palu.

4. Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie

Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie

Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie terletak di sepanjang jalan Sis Al Jufrie Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Tatanga dan Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat. Di sepanjang jalan ini terdapat beberapa Wisata Belanja seperti pertokoan Palu Plaza serta Pusat Wisata Kuliner kota Palu dan Wisata Religi yang dapat Anda jelajahi. 

Di kawasan ini juga terdapat makam Idrus Bin Salim Al Jufrie (Sis Al Jufrie) Pendiri Al Khairaat, Masjid Nurul Al Khairaat, dan Masjid Nur Sa'adah.  

5. Museum Sulawesi Tengah

Museum Sulawesi Tengah

Museum Sulawesi Tengah adalah museum terbesar di Sulawesi Tengan yang terletak di Palu Barat. Di museum ini terdapat aneka replika baju adat dari semua Kabupaten dan Kota yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Sejarah Sulawesi Tengah dan lain sebagainya. 

Salah satu yang menarik dari museum ini adalah adanya Batu Megalith berbentuk manusia yang dibuat oleh nenk moyang Suku Kaili yang berasal dari Lembah Napu yang bentuknya hampir mirip dengan Batu Megalith berbentuk manusia di Pulau Paskah, Samudra Pasifik.

6. Pantai Taman Ria

Pantai Taman Ria

Pantai Taman Ria merupakan salah satu Tempat Wisata Andalan Kota Palu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain memiliki pemandangan pantai yang indah dan mempesona, Di pantai ini Anda juga dapat menikmati Pemandangan Sunset yang sangat indah dan menawan diatas cakrawala senja. 

7. Pantai Talise

Pantai Talise

Pantai Talise yang terletak 2 kilometer di sebelah utara kota Palu ini adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Kota Palu yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.  Pantai yang terletak di Kecamatan Palu Timur ini. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dengan hamparan pasir putih yang bersih dan lembut dengan air lautnya yang jernih dan tenang.

Di Pantai Talise, Pengunjung dapat melakukan aktivitas berenang, bermain pasir, berjemur matahari, berjemur matahari, memancing, sky air, selancar angin maupun jet sky. Selain itu Anda juga dapat menikmati keindahan Pantai Talise dengan hanya sekedar duduk-duduk bersantai bersama pasangan disaat senja hari sambil menunggu datangnya sunset yang sangat indah di cakrawala Pantai Talise. 

8. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore LIndu

Taman Nasional Lore Lindu merupakan taman nasional di Indonesia yang terletak sekitar 60 kilometer dari kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Taman Nasional Lore Lindu memiliki flora dan fauna endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik. Di Taman Nasional Lore Lindu Anda dapat menemukan hewan endemik Sulawesi seperti Anoa, babirusa, rusa, kera hantu (tangkasi), kera kakaktonkea, kuskus marsupial dan hewan pemakan daging terbesar di Sulawesi yaitu Musang Sulawsi.

Selain itu dikawasan ini Anda juga dapat menyaksikan Penangkaran Burung Maleo, ribuan serangga aneh dan cantik, kupu-kupu dengan warna yang mencolok serta keberadaan Batu Megalith berusia ribuan tahun yang tersebar di sepanjang Taman Nasional Lore Lindu seperti di Lembah Napu, Besoa dan Bada. Batu-batu megalith berbentuk patung-patung merupakan monumen batu terbaik diantara patung-patung sejenis di Indonesia. 

9. Pantai Tanjung Karang Donggala

Pantai Tanjung Karang Donggala

Untuk menuju Pantai Tanjung Karang Donggala dapat ditempuh dari kota Palu dalam waktu hanya 1 jam perjalanan darat. Di Pantai Tanjung Karang Donggala Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih bersih dan lembut dengan air lautnya yang jernih dan tenang. Di pantai ini Anda dapat melakukan aktivutas berenang, berjemur matahari, snorkeling maupun site diving. 

10. Sinkhole Presentasi Donggala

Sinkhole Presentasi Donggala

Sinkhole Presentasi Donggala adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Kota Palu selanjutnya yaitu berupa Lubang Kolam Raksasa yang berisi air laut. Konon tempat wisata ini terdapat terowongan yang menghubungkan lubang kolam dengan laut Palu, Sulawesi Tengah. 

Di kolam alam ini Anda bisa memanfaatkannya untuk ajang keberanian melompat dari sisi atas kolam untuk merasakan segarnya air kolam yang berwarna jernih biru kehijauan.

Selain memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan menakjubkan, Kota Palu juga memiliki beberapa makanan tradisional yang sayang untuk Ada tidak cicipi seperti Kaledo yang berupa sup kaki yang sangat empuk dan gurih, Uta Kelo atau Sayur Kelor yang diberi santan, Dua Sole atau Teri Goreng yang merupakan makanan khas Kota Palu yang berbahan Ikan Teri yang memiliki rasa asin, gurih dan pedas. 

Nah itulah 10 Tempat Wisata Andalan Kota Palu yang dapat Anda jelajahi saat berlibur ke Sulawesi Tengah Indonesia. Semoga artikel ini menjadi referensi tempat berlibur Anda di Indonesia khususnya menjelajahi keindahan alam kota Palu yang sangat menakjubkan ini.



Share:

1 komentar:

  1. keren dan meanrik tempat wisata di palu, jadi pengen jalan-jalan ke palu

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page