Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Friday 16 March 2018

MENJELAJAHI GUA ALAM LIANG TOGE DI KABUPATEN MANGGARAI TIMUR


Gua Alam Liang Toge

ReyGina Wisata Indonesia | Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada di selatan khatulistiwa. Provinsi ini merupakan wilayah kepulauan. Hampir semua pulau di Nusa Tenggara Timur terdiri dari pegunungan dan perbukitan kapur, kawasan padang rumput, hutan hujan serta stepa yang luas sehingga tidaklah berlebihan jika Provuinsi Nusa Timur memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi  keindahannya seperti Taman Nasional Komodo, Danau Tiga Warna Kelimutu serta Gua Alam Liang Toge di Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. 

Liang Toge merupakan gua alam yang berada dikawasan hutan dilereng gunung atau tepatnya berada di Kelurahan Lempang Paji, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Gua Alam Liang Toge pada awalnya ditempati oleh nenek moyang dari Suku Rajong yang sekarang merupakan warga di Kelurahan Lempang Paji dan sekitarnya. 

Gua Alam Liang Toge menjadi dikenal oleh wisatawan sejak ditemukannya fosil manusia purba pada tahun 1960 oleh seorang arkeolog yang memperkirakan bahwa fosil tersebut telah berusia lebih dari 2.000 tahun. Selain terdapat Gua Liang Toge, Dikawasan ini juga banyak terdapat gua alam lainnya serta terdapat sebuah benteng yang hingga saat ini masih terpelihara dengan sangat baik.

Benteng ini disebut dengan Benteng Rajong yang merupakan pusat pertahanan dari masyarakat Suku Rajong jaman dahulu pada saat terjadinya perang sipil. 

Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, Gua Alam Liang Toge juga memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Stalagtit dan Stalakmit di dinding gua terukir dengan sangat indah dan memesona sejak ribuan tahun yang lalu. Selain itu dimulut gua juga terdapat sebuah batu yang menyerupai paruh burung. Konon batu ini merupakan tempat untuk menaruh persembahan bagi masyarakat sekitar yang hendak melakukan ritual adat atau hajatan besar di kampung. Masyarakat sekitar percaya bahwa Gua Liang Toge adalah tempat dimana para leluhur mereka dulu pernah tinggal dan bahkan arwah nenek moyang mereka masih tetap bernaung di gua ini. 

Gua Alam Liang Toge

Baca Juga : Menikmati Keindahan Pantai Maropokot Di Kabupaten Nagekeo, NTT

Keunikan lainya dari Gua Alam Liang Toge yang dapat Anda temukan adalah kawasan hutan di sekitar gua sama sekali tidak pernah dijamah oleh tangan masyarakat sekitar sehingga keindahan dan keasrian hutan tetap terjaga dengan sangat baik. 

Selain itu di sekitar Gua Alam Liang Toge mengalir air bersih yang sangat sejuk dan segar. Sumber air ini banyak digunakan oleh masyarakat sekitar untuk konsumsi rumah tangga dan mengaliri lahan pertanian. 

Menjelajahi Gua Alam Liang Toge Di Kabupaten Manggarai Timur memang sangat menakjubkan dimana disini terdapat persawahan dan perkebunan yang sangat subur dan hijau dipadu dengan nuansa alam pegunungan dan panorama hutan lebat yang masih alami.

Akses Menuju Gua Alam Liang Toge Di Kabupaten Manggarai Timur

Untuk dapat Menjelajahi Gua Alam Liang Toge, Anda dapat menempuhnya dari Borong melalui Bea Laing menuju Kelurahan Lempang Paji di Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Selanjutnya dari Lempang Paji, Anda diharuskan untuk berjalan kaki menuju Gua Alam Liang Toge dengan jarak sekitar 1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.


sumber:  pariwisata.serverjogja.com

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Definition List

Fans Page