Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Sunday 21 January 2018

10 TEMPAT WISATA KEREN DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

10 Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Timor Tengah Selatan  


ReyGina Wisata | Kabupaten Timor Tengah Selatan adalah salah satu wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya yang indah dan masih alami. Di tempat ini Anda bisa mengunjungi indahnya Pantai Kolbano yang terkenal dengan batu berwarnanya atau merasakan kejernihan Air Terjun Oehala yang memiliki 7 tingkatan yang berada di Kecamatan Mollo Selatan.

Apa saja sih Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Timor Tengah Selatan lainnya yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya? Berikut ulasannya.

1. Pantai Kolbano

Pantai Kolbano

Pantai Kolbano merupakan salah satu Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang dapat Anda kunjungi dan nikmati. Pantai yang berjarak sekitar 80 kilometer dari kota Sue ini masih sangat asri dan alami. Di pantai ini Anda akan disuguhkan dengan pesona pantai yang sangat indah. Di pantai yang terkenal dengan kerikil seribu warna ini juga terdapat sebuah bongkahan batu besar berbentuk seperti kepala singa (Fatu Un) yann menjadi simbol dari Pantai Kolbano.

2. Pantai Oetune

Pantai Oetune

Jika Anda ingin mencari ketenangan dan kenyamanan saat berlibur, Pantai Oetune sangat cocok buat Anda dan keluarga. Salah satu Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Timor Tengah Selatan ini menyajikan hamparan pasir putih pantai sepanjang puluhan kilometer bagaikan pasir ditengah gurun. 

Selain memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas, Pantai ini juga sangat cocok sebagai tempat selancar (surfing) karena selain memiliki air laut yang jernih dan bersih, Ombak di pantai ini bisa mencapai ketinggian 4-7 meter. 

3. Gunung Marmer Futumnasi

Gunung Marmer Futumnasi

Selain sebagai desa wisata, Alam Futumnasi merupakan kawasan konservasi sumber daya alam Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur juga memiliki tempat wisata Gunung Marmer Futumnasi yang sangat indah, masih asri dan alami. Tempat ini menyajikan alam pegunungan yang sangat mempesona. sejuk dan nyaman sebagai tempat berlibur. Selain memiliki pemandangan yang eksotis.  Hal-hal menarik yang dapat Anda jumpai di Gunung Marmer Futumnasi mulai dari hutannya yang lebat, padang rumput yang luas, bebatuan yang unik dan gagahnya puncak Mutis. 

Di Gunung Marmer Futumnasi juga terdapat tumbuhan langka Bonsai Alam yang telah berusia ratusan tahun serta sederatan gunung batu yang sangat indah seperti Fatu Kolen, Benteng Dua Putri, Fatu Nausus dan Fatu Taapan.  

4. Pegunungan Fatunausus  

Pegunungan Futumnausus

Di sini Anda juga dapat melihat batu besar berbentuk candi yang merupakan tempat persembahyangan bagi masyarakat Suku Mollo yang berdomisili di sekitar batu tersebut. Berada pada ketinggian 1.500 mdpl, Anda juga akan disuguhkan panorama alam pegunungan serta lembah yang cantik memesona. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang akan membuat Anda merasa nyaman berlibur ke tempat ini.

5. Pusat Kerajaan Mollo

Pusat Kerajaan Mollo

Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Timor Tengah Selatan selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Pusat Kerajaan Mollo yang berada di Sonaf Aijaobaki. Di tempat ini Anda dapat menyaksikan bekas peninggalan Kerajaan Mollo yang dipimpin oleh Raja Oematan berupa pernik-pernik peninggalan kerajaan sambil menikmati hidangan ringan serta atraksi seni budaya berupa tarian giring-giring (Soo Bano).

Baca Juga :  Air Terjun La Popu, Atraksi Unik Dari Pulau Sumba

6. Perkampungan Adat None

Perkampungan Adat None

Salah satu Tempat Wisata Keren di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang dapat Anda kunjungi adalah Perkampungan Adat None. Perkampungan  yang dihuni oleh marga Tauho ini berupa rumah-rumah adat orang timor berupa Ume Kbubu (Rumah Bulat) dan Lopo. 

Dalam filsofi orang timor, Rumah Adat Kbubu melambangkan wanita orang timor yang santun, bersahaja, merenda dan tertutup auratnya. Sementara Lopo, bagi orang timor melambangkan laki-laki dimana agak terbuka, kokoh dan sebagai tempat pertemuan keluarga.

7. Benteng None

Benteng None

Di Kabupaten Timor Tengah Selatan juga terdapat benteng bekas peninggalan Belanda yang bernama Benteng None. Benteng pertahanan Adat None pada zaman melawan penjajahan Belanda ini terbuat dari batu alam dan sejenis tumbuhan berduri (Naus) yang ditanam berjejer sepanjang 1 kilometer. Sementara pada sisi lainnya terdapat jurang yang sangat terjal. Dia tempat ini Anda bisa melakukan aktivitas selfie dengan latarbelakang benteng yang aeolah-olah membawa Anda ke masa lampau.


8. Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala

Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Timor Tengah Selatan selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Air Terjun Oehala yang terletak di Desa Oehala, Kota Soe, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Air terjun yang memiliki tujuh tingkatan ini memiliki air yang cukup deras dan sangat dingin yang berasal Gunung Mutis.

Di air terjun ini Anda bisa berenang dibawah masing-masing tingkatannya yang berbentuk kolam penampungan air. Selain merasakan segarnya air kolam, Anda juga dapat menikmati panorama hijau pegunungan Gunung Mutis yang sangat indah memesona. 


9. Taman Rekreasi Bu'at

Taman Rekreasi Bu'at

Taman Rekreasi Bu'at merupakan Taman Wisata Keluarga yang berada di Hutan Lindung Bu'at. Taman ini sangat sejuk  karena dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi  dan rindang seperti pohon pinus, pohon mahoni maupun pohon cendana. Selain itu taman ini juga telah dilengkapi dengan villa, permainan anak, kolam renang serta aneka ragam satwa seperti monyet, burung dan lain sebagainya.

Taman yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Kota Soe ini sangat cocok buat Anda yang ingin melepas lelah sambil bercengkrama dengan keluarga. 


10. Cagar Alam Gunung Mutis 

Cagar Alam Gunung Mutis

Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Timor Tengah Selatan selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Cagar Alam Gunung Mutis (2.427 mdpl) yang terletak di Kecamatan Fatumnasi dan Kecamatan Tobu, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Walaupun Pulau Timor terkenal dengan alamnya yang gersang dan udaranya yang panas, Namun dibalik itu semua Pulau Timor juga menyimpan keindahan alam yang sangat keren dan menakjubkan.

Di Cagar Alam Gunung Mutis Anda bisa melihat dan menikmati panorama hutan hijau yang luas dengan pepohonan yang menjulang tinggi dan aneka satwa endemik khas Timor seperti Rusa Timor, Kuskus, Babi Hutan, Biawak Timor, Ular Sanca Timor, Ayam Hutan, Punai Timor, Betet Timor, Pergam Timor, Perkici Dada Kuning dan lain sebagainya.

Nah itulah 10 Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Pulau Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Definition List

Fans Page