Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Wednesday 29 November 2017

10 TEMPAT WISATA MENARIK DI KOTA SOLO

10 Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo  


ReyGina Wisata | Semenjak penyelenggaraan  event Solo International Performing Arts (SIPA) ke-9 digelar di Benteng Vastenburg, Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Provinsi Jawa Tengah, Kunjungan wisatawan ke Kota Solo semakin meningkat.

Kota Surakarta atau disebut juga dengan Kota Solo atau Sala  memiliki semboyan "Berseri" (Bersih, Sehat, Rapi dan Indah) serta mengambil slogan Pariwisata Solo The Spirit of Java (Jiwanya Jawa) sebagai upaya Kota Solo disebut sebagai Pusat Kebudayaan Jawa.

Solo juga dikenal sebagai daerah Tujuan Wisata Menarik di Jawa Tengah. Mereka yang biasanya berlibur ke Yogyakarta akan singgah di kota Solom begitupun sebaliknya. Tujuan Wisata Menarik Di Kota Solo antara lain Keraton Surakarta, Pura Kemangkunegaran, Wisata Budaya, Kampung-kampung Batik, pasar-pasar tradisional  maupun wisata alam di sekitar Kota Solo.  

Apa saja sih Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo yang dapat kamu kunjungi dan nikmati? Berikut ulasannya sebagai referensi tempat berlibur kamu di Kota Solo.

1. Pura Mangkunegaran

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Pura Mangkunegaran. Tempat ini merupakan istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman para penguasanya. Istana ini dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I dengan mengikuti model keraton.

Di tempat ini kamu pasti akan terkagum-kagum memandangi keindahan warisan kerajaan Jawa ini. Pura yang berada di Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah selain sebagai Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo juga merupakan kediaman Sri Paduka Mangkunagara.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat adalah isatana resmi Kesunanan Surakarta yang terletak di kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai penganti Keraton Kertasura yang porak poranda akibat Geger Pecinan 1743. 

Walaupun Kesunanan Surakarta secara resmi telah menjadi bagian negara Republik Indonesia, Komplek bangunan ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalani tradisi kerajaan hingga saat ini. 

Sebagai Tempat Wisata Andalan Kota Solo, Sebagian komplek keraton merupakan museum yang banyak menyimpan berbagai koleksi milik kesunanan termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replikas pusaka keraron dan gamelan. Di Keratom Surakarta Hadiningrat kamu juga bisa menikmati salah satu arsitektur bangunan Jawa Tradisional terbaik di Indonesia.  

3. Museum Radya Pustaka

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Museum Radya Pustaka merupakan salah satu Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur ke kota ini. Museum yang didirikan pada masa pemerintahan Pakubuwono IX memiliki koleksi berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit serta buku-buku kono. 

D halaman depan museum ini kamu dapat melihat sebuah patung dada R. Ng. Rangga Warsita, Seorang pujangga dari Keraton Surakarta yang sangat termasyur pada abad ke-19. Lalu di serambi museum kamu juga dapat menjumpai beberapa meriam beroda dari masa VOC serta arca-arca Hindu-Budha.   

4. Benteng Vastenburg

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Selain terdapat Pura Mangkunegaran dan Keraton Surakarta Hadiningrat yang berkaitan dengan Wisata Sejarah Kota Solo, Benteng Vastenburg juga merupakan salah satu Tempat Wisata Sejarah Kota Solo yang dapat kamu kunjungi saat berlibur ke kota ini.

Benteng dengan luas sekitar 40.000 meter persegi ini terletak di Kawasan Gladak, Surakarta. Benteng yang dibangun pada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff ini secara umum sama dengan bentuk benteng di tempat-tempat lainnya. 

Kamu bisa mengunjungi Benteng Vastenburg ini sebelum atau setelah ke Pura Mangkunegaran atau Keraton Solo yang hanya berjarak sekitar 15 menit saja. Di sini kamu bisa berfoto-foto dengan latar belakang bangunan benteng yang kuno. yang tentunya akan membuat hasil foto kamu menjadi unik dan menarik untuk dilihat.

5. Museum Batik Danar Hadi

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Berlibur ke Kota Solo tidaklah lengkap jika belum mengunjungi Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo ini. Museum Batik Danar Hadi yang berlokasi di jalan Slamet Riyadi, Solo. Museum yang didirikan pada tahun 1967 ini banyak menyuguhkan koleksi batik berkualitas terbaik dari berbagai daerah seperti batik asli keraton, batik asli Cina, batik Jawa Hokokai, batik pesisir, batik Sumatera dan berbagai jenis batik lainya. Museum ini memiliki koleksi kain batik mencapai 1000 helai dan sudah diakui oleh MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak di Indonesia.

Selain dapat melihat koleksi berbagai macam jenis batik dan mendapat pengalaman membatik, Kamu juga dapat menikmati arsitektur bangunan museum khas Jawa. 

Baca Juga : Pesona Wisata Kalimantan Tengah

6. Taman Sriwedari

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Taman Sriwedari merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat perkembangan kesenian dan kebudayaan di Kota Solo. Taman yang dibangun oleh Pakubuwono X ini pada awalnya merupakan tempat rekreasi dan peristirahatan bagi keluarga kerajaan. 

Taman yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 275, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah ini terdapat beberapa tempat yang biasa digunakan sebagai tempat pertunjukan kesenian. Selain itu di Taman Sriwedari juga terdapat berbagai macam kios yang menjual lukisan, wayang dan lain sebagainya.

Taman ini biasanya ramai dikunjungi pada malam hari. Selain karena ingin menyaksikan pertunjukan Wayang Orang yang rutin digelar ditempat ini, Pengunjung juga dapat menikmati berbagai permainan yang ada di Taman Hiburan Rakyat (THR) yang masih berada dikawasan Taman Sriwedari.

7. Museum Keris Nusantara

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Museum Keris Nusantara merupakan Tempat Wisata Terbaru Di Kota Solo yang dapat kamu singgahi saat berlibur ke kota ini. Museum yang terletak di Jalan Bhayangkara, Sriwedari. Laweyan, Surakarta telah menyimpan sekitar 400-an keris serta berbagai senjata tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

8. Pandawa Water World

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Pandawa Water World merupakan Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo selanjutnya yang dapat kamu kunjungi saat berlibur ke kota ini. Objek wisata yang terletak di Jalan Cemara Raya Solo Baru, Surakarta, Provinsi Jawa Tengah memiliki berbagai macam wahana dan fasilitas menarik dengan desain berkonsep pewayangan.

Jadi jangan heran jika disetiap sudut dari objek wisata ini kamu sering melihat tokoh pewayangan seperti Bima, Krisna, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Dengan konsep yang unik ini kamu bisa memperkenalkan salah satu budaya dari Indonesia ini kepada anak-anak dan keluarga.

9. Kebun Binatang Jurug

.Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Kebun Binatang Jurug atau Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) merupakan salah satu Destinasi Wisata yang cukup terkenal di Kota Solo karena tempat ini merupakan pusat hiburan keluarga yang menawarkan koleksi berbagai hewan langka di Indonesia.

Tempat Wisata yang ditujukan untuk keluarga ini terbilang sudah cukup lengkap. Berbagai fasilitas yang terdapat di kebun binatang ini antara lain koleksi flora dan fauna, arena bermain untuk anak-anak, masjid untuk beribadah, kereta mini dan lain sebagainya.

10. Kampung Batik Laweyan

Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo

Kampung Batik Laweyan merupakan Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo selanjutnya yang dapat kunjungi saat berlibur ke kota ini. Tempat ini merupakan salah satu daerah wisata yang sengaja disediakan oleh pemerintah kota Solountuk mengundang wisatawan asing dan lokal untuk melihat-lihat batik. Kampung Batik Laweyan dinilai sebagai kawasan sentral batik Kota Solo dan sudah ada sejak zaman Kerajaan Pajang tahun 1546 M. 

Di kampung ini kamu dapat melihat ratusan pengrajin batik yang menjual berbagai motif dengan beragam variasi harga. Selain batik, Kampung Batik Laweyan juga menyimpan kekayaan arsitektur Jawa Kuno.

Selain 10 Tempat Wisata Menarik Di Kota Solo yang telah kami ulas diatas, Di Kota Solo setiap tahunnya pada tanggal-tangal tertentu sering mengadakan berbagai macam perayaan yang menarik yang biasanya jatuh padapenanggalan besar Jawa seperti Kirab Pusaka Malam 1 Sura, Sekaten, Grebeg Sudiro, Grebeg Mulud, Tinggalandalem Jumenengan, Grebeg Pasa, Syawalan, Grebeg Besar, Solo Batik Carnival, Solo Batik Fashion dan lan sebagainya.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Definition List

Fans Page