Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Wednesday 15 November 2017

MENGENAL 10 MUSEUM TERBAIK DI INDONESIA

Mengenal 10 Museum Terbaik Di Indonesia  


ReyGina Wisata | Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai museum yang sarat akan ilmu pengetahuan dan sejarah. Museum-museum inipun membuat banyak wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara untuk tidak ragu untuk mengunjungi museum lokal yang ada di Indonesia seperti Museum Tsunami Aceh, Museum Ullen Sentalu, Museum Nasional atau Museum Kesenian Agung Rai di Pulau Bali.

Menyadari keberadaan museum sebagai salah satu Tempat Wisata Budaya Favorit bagi wisatawan yang mencintai seni dan budaya maka kami ajak Anda untuk lebih Mengenal Museum Terbaik Di Indonesia yang kami yang kami rujuk dari sebuah Penghargaan Travellers Choice Awards for Museum dari sebuah layanan wisata TripAdvisor.

Berikut 10 Museum Terbaik Di Indonesia yang patut untuk kamu kunjungi untuk mengenal lebih dekat lagi seni dan budaya Indonesia.

10. Museum Tsunami Aceh

Museum Terbaik Di Indonesia

Museum Tsunami Aceh adalah salah satu Museum Terbaik Di Indonesia yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami Samudera Hindia 2014 sekaligus pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi di kota Aceh.

Museum ini dirancang oleh arsitek asal Bandung bernama Ridwal Kamil yang sekarang menjabat sebagai Walikota Bandung. Museum ini merupakan sebuah struktur empat lantai dengan luas 2.500 meter persegi yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometeris. Dinding museum juga dihiasi dengan gambar orang-orang menari Saman, sebuah makna simbolis terhadap kekuatan, disiplin dan kepercayaan religius Suku Aceh.

Di museum ini kamu dapat menyaksikan pameran yang meliputi simulasi elektronik gempa bumi dan tsunami Samudera Hindia 2004 serta foto-foto korban dan kisah yang disampaikan oleh korban yang selamat..

9. Museum Geologi

Museum Terbaik Di Indonesia

Museum yang didirikan pada tanggal 16 Mei 1928 ini juga merupakan salah satu Museum Terbaik Di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur ke kota Bandung, Jawa Barat. Dalam Museum Geologi ini banyak tersimpan fosil, batuan dan mineral yang dikumpulkan sejak tahun 1850.

Sebagai museum bersejarah, Museum Geologi berada di dalam perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan bersejarah yang patut untuk kamu kunjungi.

8. Museum Bank Indonesia

Museum Terbaik Di Indonesia

Museum Bank Indonesia juga merupakan salah satu Museum Terbaik Di Indonesia pilihan wisatawan yang wajib untuk kamu kunjungi. Museum yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta Barat ini merupakan cagar budaya peninggalan De Javasche yang beraliran neo-klasikal.

Dimuseum ini kamu bisa mengenal tentang informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Indonesia hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953. 

7. Museum Pasifika

Museum Terbaik Di Indonesia

Museum Pasifika merupakan Museum Seni yang terletak di Nusa Dua Bali, Indonesia. Di museum ini kamu bisa mengenal kebudayaan Asia dan Pasifik dan berbagai macam artefak budaya. Museum yang didirikan pada tahun 2006 oleh Moetaryanto P dan Philippe Augier sangat layak untuk kamu kunjungi bersama keluarga karena di museum ini banyak tersimpan barang-barang seni dimana terdapat lebih dari 600 kesenian dari 200 seniman dari 25 negara. 

6. Museum House of Sampoerna

Museum Terbaik Di Indonesia

Museum House of Sampoerna adalah salah satu Museum Terbaik Di Indonesia yang berdiri elegant di kota Surabaya. Berlokasi di Taman Sampoerna 6, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia ini didirikan oleh keluarga Liem Seeng Tee yaitu pendiri H.M Sampoerna.Museum ini termasuk salah satu Museum Terbaik Di Indonesia pilihan wisatawan. 

Seperti namanya, Museum House of Sampoerna ini menyajikan berbagai informasi maupun perjalanan sejarah rokok kretek yang bermerk H.M Sampoerna. Bukan hanya rokok, Dengan mengunjugi museum ini kamu akan lebih mengenal pendiri HM. Sampoerna, Liem Seeng Tee.

5. Neka Art Museum

Museum Terbaik Di Indonesia

Neka Art Museum merupakan salah satu Museum Terbaik Di Indonesia yang terletak di Ubud, Pulau Bali. Museum yang didirikan pada tahun 1982 ini memiliki arsitektur khas Bali dengan standart museum internasional. Selain menampilkan bangunan museum yang sangat menawan, Cara menampilkan seni lukis di Museum of Neka ini sangat terorganisisr sehingga sangat memudahkan pengunjung untuk mengerti dan menikmati seni lukis.

Di Neka Art Museum setidaknya terdapat sekitar 300 lukisan dari pelukis Indonesia dan juga pelukis mancanegara. 

Baca Juga : Menikmati Keindahan Air Terjun Cunca Rami Di Pulau Flores

4. Museum Batik Danar Hadi

Museum Terbaik Di Indonesia

Museum Batik Danar Hadi merupakan sebuah kompleks wisata heritage tentang batik yang terletak di kota Solo, Provinsi Jawa Tengah. Museum ini didirikan oleh perusahaan batik asal Solo PT. Batik Danar Hadi pada tahun 2008 yang mengkhususkan batik beserta aspek-aspek budayanya sebagai objek wisata utamanya. Selain terdapat Museum Batik Danar Hadi di tempat ini juga terdapat Museum Batik Kuno Danar Hadi.  

Di museum ini setidaknya terdapat 10.000 helai kain batik dan diakui oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak di Indonesia.

3. Museum Nasional 

Museum Terbaik Di Indonesia

Museum Nasional atau Museum Gajah adalah salah satu Museum Terbaik Di Indonesia yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta. Museum ini merupakan museum pertama di Indonesia dan juga merupakan Museum Terbesar Di Asia Tenggara.

Museum yang didirikan pada tahun 1778 banyak menyimpan benda-benda kuno dari seluruh Indonesia seperti arca kuno, prasasti, benda-benda kuno, barang-barang kerajinan yang dikategorisasikan ke dalam etnografi, perunggu, sprasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan benda-benda berharga lainnya.  

Datanglah di akhir pekan setiap minggunya. Karena disetiap akhir pekan dari pagi hingga siang hari selalu ada kegiatan di museum ini seperti kegiatan belajar tari tradisional, membatik atau pentas dongeng yang bekerjasama dengan Teater Koma.

2. Museum Kesenian Agung Rai

Museum Terbaik Di Indonesia

Museum Kesenian Agung Rai merupakan salah satu Museum Seni Rupa Di Bali yang patut kamu kunjungi saat berlibur ke Pulau Bali, Indonesia. Tempat ini banyak menyimpan koleksi-koleksi lukisan dari pelukis ternama baik dari Indonesia maupun dari mancanegara.

Selain sebagai museum, Museum Kesenian Agung Rai juga merupakan pusat visualisasi dan seni pertunjukan serta memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati pameran permanen dan tempororer karya berbagai seniman, pertunjukan teater, tarian, musik, kelas melukis, toko buku, perpustakaan, bengkel budaya serta program pelatihan dan juga seminar. 

1. Museum Ullen Sentalu 

Museum Terbaik Di Indonesia

Museum Ullen Sentalu merupakan Museum Terbaik Di Indonesia pilihan wisatawan yang terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta. Di museum ini banyak menampilkan seni budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram serta koleksi berbagai macam jenis batik. 

Di museum ini kamu dapat mengetahui bagaimana para leluhur jawa membuat batik yang memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Selain itu keadaan museum yang dibangun dengan sangat baik ini akan mampu membuat kamu seperti terserap ke masa jawa kuno yang mengagumkan.

Memang masih ada banyak museum lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia yang menarik untuk kamu kunjungi. Tetapi 10 Museum Terbaik Di Indonesia ini berhak menyandang predikat sebagai Museum Terbaik Di Indonesia saat ini.
 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Definition List

Fans Page