Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Wednesday 9 November 2016

SAKSIKAN BOROBUDUR MARATHON 2016 DI MAGELANG

Saksikan Borobudur Marathon 2016 Di Magelang  


ReyGina Wisata | Apakah Anda ingin melakuukan olahraga sambil menikmati udara segar alam pedesaan di Kawasan Wisata Candi Borobudur? Nah sekarang saatnya Anda berolahraga sambil menikmati udara segar di sekitar Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Budha Terbesar Di Dunia dalam moment "Borobudur Marathon 2016" pada tanggal 20 November 2016.  

Saksikan Borobudur Marathon 2016 Di Magelang

Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akan menyelenggarakan lomba lari marathon dalam tajuk "Borobudur Marathon 2016" yang akan berlangsung pada 20 November 2016 mendatang. Penyelenggaraan lomba ini selain sebagai sarana pembinaan atlet lari nasional sekaligus juga untuk mempromosikan Pariwisata Jawa Tengah khususnya Tempat Wisata Candi Borobudur sebagai destinasi prioritas dan salah satu Tempat Wisata Paling Populer di Indonesia. 

Menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Penyelenggaraan Borobudur Marathon 2016 dapat terselenggara atai kerjasama Pemerintah Daerah Jawa Tengah, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Magelang, Bank Jawa Tengah dan juga PB. PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), Pengurus PASI Jawa Tengah dan juga Pengda PASI Kabupaten Magelang.

Saksikan Borobudur Marathon 2016 Di Magelang

Perlu Anda ketahui bahwa Borobudur Marathon pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 1989. Setelah itu lebih banyak katagori 10 kilometer pada tahun 2014, Kemudian pada tahun 2015 untuk Half Marathon (21 kilometer). Sementara untuk tahun 2016 ini selain ada katagori 10 km dan 21 km dan juga full marathon (42.195 kilometer),  ultra marathon (120 kilometer) serta Ambasador Run dan Celebrity Run (3 kilometer) yang akan di ikuti oleh para duta besar negara sahabat dan artis yang secara keseluruhan diikuti oleh sekitar 20 ribu peserta dari dalam dan luar negeri dengan total hadiah mencapai Rp. 4 miliar,-.

Untuk katagori 10k, 21k, full marathon, ambasador dan artis akan mengambil start dan finish di Taman Lumbini, Kawasan Wisata Candi Borobudur. Sedangakan untuk katagori Borobudur Ultra Marathon mengambil start dan finish dari Museum Kereta Api Ambarawa dan finish di Taman Lumbini, Kawasan Wisata Candi Borobudur.

Sebagai acara pendukung, pihak penyelenggara juga akan menggelar Central Jawa Borobudur Off Road 2016 (11-13 November 2016), Tour D' Borobudur 2016 (18-19 November 2016) dan Borobudur Sport & Fashion Expo 2016 dan hiburan (18-19 November 2016).

Saksikan Borobudur Marathon 2016 Di Magelang

Selain dapat menikmati kemeriahan acara Borobudur Marathon 2016 di Kawasan Candi Borobudur, Anda juga dapat menikmati keindahan tempat wisata lainnya yang terdapat di Kabupaten Magelang seperti Candi Mendut yang terletak 3 kilomter dari Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Ngawen, Wisata Ziarah Gunungpiring, Makam Sunan Geseng, Wisata Alam Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Curug Silawe, Air Terjun Sekar Langit.

Selain itu Anda juga dapat menikmati keindahan Desa Wisata Candirejo yang terletak sekitar 3 km sebelah tenggara dari Candi Borobudur. Wisata alam, wisata agro, seni dan budaya, wisata pendidikan dan penginapan merupakan daya tarik sendiri dari Desa Wisata Candirejo ini. Di desa ini juga terdapat Danau Purba yang konon pernah mengelilingi Candi Borobudur sebelum terjadinya letusan Gunung Merapi pada tahun 1006. Keberadaan danau ini dapat dilihat dari tebing Sungai Cileng.

Saksikan Borobudur Marathon 2016 Di Magelang

Selain dapat mengunjungi Desa Wisata Candirejo, Anda juga dapat menikmati keindahan Desa Wisata Wanorejo yang berjarak sekitar 1,5 km sebelah timur dari Candi Borobudur. Di tempat ini Anda dapat melihat keberadaan Masjid Kuno beserta bedhug misterius peninggalan Pangeran Diponogoro, Mengunjungi sumber air suci Umbul Tirta, Makam Kyai Wanu, Homestay, Mencicipi makanan rakyat Rengginan, tempe, gula jawa. Di desa ini juga banyak wisatawan Belanda dengan menggunakan andong menikmati acara wisata desa ke desa dengan menyaksikan langsung kindahan arsitektural bangunan milik rakyat, pemangku adat, bangsawan dan juga dapat menyaksikan aneka macam tanaman dan keindahan sawah.

Saksikan Borobudur Marathon 2016 Di Magelang

Untuk Anda yang hobi bertualang dan ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian Anda dapat mengunjungi Ketep Pass yang terletak di Desa Ketep Kecamatan Sawangan. Dari tempat ini Anda dapat melihat pemandangan gunung dan bukit yang indah yang mengelilingi Kabupaten Magelang serta tanah pertanian yang menarik untuk dinikmati keindahannya serta melihat luncuran awan panas di Gunung Merapi.

Jadi jangan lupa untuk mengikuti dan menyaksikan Borobudur Marathon 2016 pada tanggal 20 November 2016 di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah bersama teman, sahabat dan keluarga Anda.

Mulai sekatang catat tanggalnya dan jangan sampai Anda melewatkannya.


sumber:
- kemenpar.go.id
- magelangkab.go.id
- borobudurmarathon.id
           



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page