Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Thursday 18 August 2016

10 OBJEK WISATA TERINDAH DI TANAH DATAR SUMATERA BARAT

10 Objek Wisata Terindah Di Tanah Datar Sumatera Barat  


Objek Wisata Terindah Di Tanah Datar Sumatera Barat

ReyGinaWisata - Tanah Datar yang terletak di Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu tujuan utama pariwisata di Indonesia. Wilayah ini juga merupakan salah satu provinsi yang kaya dengan sumber keanekeragaman hayati  dan kekayaan alam yang berlimpah. Di Kabupaten Tanah Datar banyak terdapat Objek Wisata Alam, Budaya dan wisata buatan yang beraneka ragam seperti Istana Pagaruyung, Cagar Budaya Batu Batikam, Danau Singkarak yang mempesona atau Wisata Buatan Minang Fantasi yang pastinya akan membuat Anda terasa nyaman dan puas berlibur ke Tanah Datar, Sumatera Barat ini.

Berikut 10 Objek Wisata Terindah Di Tanah Datar Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Provinsi Sumatera Barat.

1. Istana Pagaruyung


Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung atau Istano Basa adalah sebuah istana yang terletak di Kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang merupakan Tempat Wisata Budaya Andalan Sumatera Barat.

Istano Baso yang berdiri saat ini sebenarnya adalah replika dari yang asli yang terletak diatas Bukit Batu Patah dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah yang terjadi pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun terbakar kembali pada tahun 1966 lalu.

Proses pembangunan kembali Istano Basa dilakukan dengan peletakan Tunggak Tuo (taing utama) pada 27 Desember 1976 oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu.Bangunan ini didirikan pada lokasi yang lama tetapi dibangun dilokasi yang baru disebelah selatannya. Namun pada tahun 2007, Istano Basa mengalami kebakaran hebat kembali akibat petir yang menyambar di puncak istana. 

Kini Istano Basa telah berdiri kembali dengan sangat megahnya dengan menghabiskan biasa sekitar 20 miliar rupiah.

2. Cagar Budaya Batu Batikam


Cagar Budaya Batu Balikan

Batu Batikam (Batu Yang Tertusuk) adalah salah satu benda cagar budaya bersejarah yang terletak di Jurung Dusun Tuo, Nagari Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.  Menurut sejarah, Batu Batikam atau tusukan yang ada ditengah batu itu merupakan bekas tusukan dari keris Datuak Parpatiah Nan Sabatang. 

Cagar budaya seluas 1,800 meter persegi ini dulunya berfungsi sebagai medan nan bapaneh atau tempat bermusyawarah para kepala suku. Susunan batu disekeliling Batu Batikam seperti sandaran tempat duduk berbentuk persegi panjang yang melingkar. Pada bagian tengan terdapat Batu Batikam dari bahan Batuan Andesit. Batu ini berukuran 55 x 20 x 40 centimeter dengan bentuk hampir segitiga.

Prasasti Batu Batikam menjadi salah satu bukti keberadaan Kerajaan Minangkabau pada Zaman Neolitikum. Batu Batikam merupakan batu tertusuk yang melambangkan pentingnya perdamaian dan musyawarah mufakat dalam kehidupan masyarakat Minagkabau. 

Lokasi: Batu Batikam terletak di Dusun Tuo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat atau 10 perjalanan dari kota Batusangkar. 

3. Danau Singkarak


Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah salah satu Wisata Terindah Di Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat yang berada di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Danau seluas 107,8 kilometer persegi ini merupakan danau terindah dan terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara. 

Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin, Namun sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan dan Batang Anai untuk menggerakan generator PLTA Singkarak di dekat Lubung Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Di Danau Terindah Di Sumatera Barat ini terdapat habitat 19 spesies ikan. Tiga spesies diantaranya memiliki populasi kepadatan cukup tinggiYaitu ikan Bilih.Biko, Asang/Nilem dan Rinuak. Sementara spesies lainnya yang hidup di Danau Singkarak adalah Turiak/Turiq, Lelan/Nillem, Sasau/Barau serta Gariang/Tor.   

 4. Benteng Van Der Capellen


Benteng Van Der Capellen

Benteng Van Der Capellen adalah benteng peninggalan Belanda yang berada di kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Di situs ini Anda dapat mengetahui sejarah panjang. Keberadaan Benteng Van Der Capellen tidak terlepas dari peristiwa peperangan antar Kaum Adat melawan Kaum Agama yang terjadi sekitar tahun 1821. Untuk lebih jelas mengetahui Sejarah yang terdapat di Benteng Van Der Capellen silahkan Anda untuk mengunjungi Benteng Van Der Capellen ini.  

5. Gedung Indo Jolito


Gedung Indo Jolito

Gedung Indo Jolito adalah salah satu bangunan berarsitektur kolonial  peninggalan pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia yang terlatak di kota Batusangkar, Ibukota Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Bangunan berastektur seni sangat tinggi ini dibangun antara tahun 1822-1824 sewaktu terjadinya Perang Padri.

Saat ini Gedung Indo Jalito digunakan sebagai rumah dinas Bupati Kabupaten Tanah Datar dan telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat.

6. Air Terjun Lembah Anai


Air Terjun Lembah Anai

Lembah Anai adalah salah satu Objek Wisata Terindah Di Tanah Datar serta air terjun paling terkenal dan menjadi maskot serta Wisata Andalan Provinsi Sumatera Barat. Air terjun setinggi 35 meter merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam yang berasal dari Gunung Singgalang yang menuju daerah Patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai.

Di tempat ini Anda dapat menyaksikan tiga buah air terjun dengan airnya yang jernih serta pemandangan yang mempesona yang salah satunya terletak di pinggir jalan yang dikenal dengan sebutan Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. 

Bagi Anda yang ingin menyaksikan dua air terjun tersebut dapat menempuh perjalanan selama 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai.

7. Mifan


Mifan

Mifan atau Minang Fantasi adalah taman bermain yang meliputi 18 wahana permainan Water Park dan Dry Park yang terdapat di kota Padangpanjnag, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Menempati lokasi wisata di Kawasan Minangkabau Village yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 2006 diatas lahan seluas 9,8 hektar.   

Minang Fantasi dibuka untuk umum pada bulan Juli 2008. Tempat ini juga dilengkapi dengan resort dan village, Mifan juga dikalim juga sebagai taman hiburan  kedua terbesar di Indonesia setelah Dunia Fantasi di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.  

8. Panorama Tabek Patah


Panorama Tabek Patah

Panorama Tabek Patah yanng terletak di pinggang Gunung Berapi antara Bukittinggi dan Batusangkar, Sumatera Barat memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Hawanya sangat dingin dan dikelilingi oleh kabut. Selain pemandangannya yang indah bila cuaca terang, di tempat ini juga terdapat dua danau kecil yaitu Danau Pakih dan Danau Aie Taganang yang didalamnya terdapat ikan khas Tabek Patah yang oleh penduduk setempat dinamakan Ikan Puyu.

9. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang


Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang adalah bangunan bersejarah yang terletak di Nagari Belimbing atau sekitar 13 kilometer dari Batusangkar tepatnya berada di Kecamatan Rambatan , Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. 

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang didirikan oleh Datuk Penghulu Basa dari Suku Kampai Nan Panjang sekitar 300 tahun yang lalu. 

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang merupakan rumah tempat tinggal yang memiliki arsitektur bergaya khas Minang dengan atap yang bergonjong empat terbuat dari ijuk. Keseluruhan bangunan bagian luar terdiri dari kayu berwarna hitam dan hanya terdapat satu pintu masuk kedalam rumah dengan tangga yang berada tepat ditengah-tengah. Bangunan ini terdiri dari tujuh kamar yang masing-masing berukuran 1,5 x 3 meter persegi. 

Sementara pada ruangan tengah rumah gadang ini merupakan ruangan terbuka tanpa sekat atau dinding pembatas.Dinding bagian dalam dan luar polos tidak ada ukiran. Ruangan dalam bagian belakang merupakan bilik-bilik yang berfungsi sebagai kamar tidur. Pintu bilik berukuran oval dengan diameter sangat kecil sehingga untuk masuk ke dalam bilik harus membungkuk.

Buat Anda yang ingin menjelajahi Wisata Budaya Tanah Datar Sumatera Barat, silahkan mengunjungi Rumah Gadang Kampai Nan Panjang dengan keindahan arsitektur bangunan serta pemandangan alam nan indah alami di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat ini.

10. Museum Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minagkabau 


Museum Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minagkabau

Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minangkabau adalah sebuah museum yang terletak di Kelurahan Silaing Bawah. Kecamatan Padang Panjang Barat, kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. 

Di Museum Pusat Dekomentasi Dan Informasi Kebudayaan Minagkabau berisikan berbagai macam informasi dan koleksi mengenai Kebudayaan Minangkabau, baik berupa dokumentasi audio maupun dokumentasi visual.    

Nah itulah 10 Objek Wisata Terindah Di Tanah Datar Sumatera Barat yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke kota Tanah Datar, Sumatera Barat. Semoga informasi 10 Objek Wisata Terindah Di Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat menjadi referensi liburan Anda bersama pasangan, teman atau keluarga pada saat liburan panjang Anda tahun ini.

Share:

1 komentar:

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page