Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Saturday 16 December 2017

5 DESTINASI WISATA UNGGULAN DI PULAU SUMATERA

5 Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera  


ReyGina Wisata | Pada tahun 2018, Kemenpar mempersiapkan 5 Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera yang layak untuk kamu kunjungi dan nikmati keindahannya. Seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Batam, Belitung, Padang dan juga Palembang yang pada tahun 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games bersama-sama dengan Kota Jakarta.

5 Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera ini merupakan bagian dari program Visit Indonesia Wonderful Indonesia (VIWI) 2018 untuk tujuan Pulau Sumatera dari 18 Destinasi Wisata Unggulan Di Indonesia yang dicanangkan oleh Kemenpar untuk mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Berikut 5 Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera yang paling siap dalam mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indonesia.


1. Danau Toba, Sumatera Utara

Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera

Sumatera Utara merupakan sebuah provinsi di Pulau Sumatera bagian utara yang memiliki banyak tempat wisata unik dan menarik untuk dikunjungi. Beberap tempat wisata di Sumatera Utara telah dikenal luas hingga ke mancanegara seperti Danau Toba dengan panorama alamnya yang indah dan Bukit Lawang dengan Orangutan Sumatera nya yang unik.
Kota Medan sendiri sebagai gerbang ke berbagai tujuan wisata di Pulau Sumatera, Memiliki sejumlah Tempat Wisata Menarik untuk dikunjungi seperti Istana Maimun dengan Masjid Raya dan Kolam Raja, Rumah Tjong A Fie dengan kawasan kesawan, dan bangunan-bangunan tua peninggalan masa penjajahan Belanda.
Sebagai Salah satu Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera, Danau Toba dengan keajaiban alamnya yang memesona yang membentang sepanjang 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer pada ketinggian 900 mdol diatas Pegunungan Bukit Barisan dan dikelilingi oleh kawasan hutan nan hijau menjadikan tempat ini sangat sejuk dan menyegarkan.

Danau seluas 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter merupakan Danau Vulkanik Terbesar Di Dunia. Danau yang terbentuk dari letusan supervolcano Gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu ini telah menjadi Ikon Pariwisata Sumatera Utara merupakan sebuah tujuan wisata yang menarik dan menantang untuk dikunjungi.

Selain itu di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Di pulau ini juga banyak terdapat tempat wisata menarik untuk dikunjungi seperti makam yang terbuat dari batu yang telah berusia sekitar 500 tahun dan desa-desa dengan rumah adat tradisional serta Kebudayaan Batak Toba yang unik dan kuno.

2. Batam, Kepulauan Riau

Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera

Batam, Kepulauan Riau juga merupakan salah satu Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. Kota Batam pernah menggelar tahun kunjungan wisata bertajuk Visit Batam 2010 - Experience it. Batam juga didukung oleh fasilitas hotel dan resort berstandart internasional serta aneka kegiatan wisata yang disusun dalam kalender kegiatan kepariwisataan kota Batam. 

Pemerintah kota Batam menjamin kenyamanan dan kepuasan wisatawan domestik dan mancanegara saat berkunjung ke kota Batam. 

Baca Juga : 10 Pantai Terindah Di Pulau Sumatera

3. Belitung, Provinsi Bangka Belitung

Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera

Destinasi Wisata Unggulan Pulau Sumatera selanjutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Kepulauan Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Indonesia atau tepatnya berada di lepas pantai timur Pulau Sumatera.

Belitung sebagai wilayah kepulauan memiliki banyak tempat wisata unggulan untuk dikunjungi terutama pada pantai-pantainya yang unik dan indah memesona seperti serta objek wisata sejarah dan acara adat khas Belitung.

Pulau Belitung merupakan pulau yang indah yang memiliki pemandangan unik dengan dengan pantai berpasir putih bersih yang dihiasi oleh batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal yang dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil. Salah satu Pantai Terbaik Di Belitung antara lain Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi dan juga Pantai Lengkuas. 

Selain  memiliki Tempat Wisata Bahri yang memukau, Belitung juga memiliki Batu Mentas yang berada di kaki Gunung Tajam, Tempat ini memiliki potensi yang sangat luar biasa sebagai sebuah destinasi wisata terpadu. Keindahan alam, baik sungainya yang jernih maupun hutannya yang masih lebat serta keunikan flora dan faunanya yang terancam punah seperti Pelanduk, Burung Siaw, Tupas Kelaras ditambah dengan keunikan seni budaya tradisionalnya dan keahlian masyarakatnya dalam membuat kerajinan anyaman serta rotan adalah hal-hal yang dapat kamu kunjungi dan nikmati selama berlibur ke Belitung.  

Berbagai fasilitas di Batu Mentas sekarang ini yaitu Outbond Area, Penangkaran Tarsius Bancanus Saltator, Pemandian alam natural, Wisata Tubing, Jungle Trekking, Restoran dengan konsep makan "bedulang" dan Penginapan Safari Trend dan Tree House.

Selain itu Kepulauan Belitung juga telah difasilitasi dengan berbagai jasa akomodasi atau perhotelan, restoran dan lain-lain. Pada tahun 2013, di Kepulauan Belitung terdapat 28 hotel dan losmen dengan 1.011 kamar tidur dan 1.365 tempat tidur 

4. Padang, Sumatera Barat 

Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera

Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus sebagai ibukota dari Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang Pariwisata Indonesia di bagian barat Indonesia dari Samudra Hindia.

Kota Padang yang terkenal dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya memiliki sebuah museum yang terletak di pusat kota yang bernama Museum Adityawarman yang memiliki gaya arsitektur berbentuk Rumah Adat Minangkabau (Rumah Gadang). Sementara dikawasan Pelabuhan Muara banyak dijumpai beberapa bangunan peninggalan kolonial Belanda yang beberapa diantaranya ditetapkan sebagai cagar budaya seperti Masjid Muhammadan yang didirikan pada tahun 1843, Klenteng Kwan In yang didirikan pada tahun 1861, 

Kemudian di kawasan Pelabuhan Teluk Bayur juga terdapat beberapa kawasan wisata unggulan kota Padang seperti Pantai Air Manis, Pantai Caroline dan Pantai Bungus serta sebuah resort wisata berkelas internasional yang berada di Pulau Sikuai. Sementara dikawasan Kecamatan Koto tengah, Kamu akan menjumpai Pantai Pasir Jambak dan Kawasan Wisata Alam Lubuk Minturun yang populer dengan tradisi Balimau.

Kota ini juga terkenal dengan masakanya. Di sini kamu bisa menikmati kelezatan dari Gulai, Rendang, Ayam Pop, Terung Balado, Gulai Itik Cabai Hijau, Nasi Kapau, Sate Padang dan juga Karupuak Sanjai.

5. Palembang, Sumatera Selatan

Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera

Palembang sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Selatan adalah salah satu Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera yang wajib untuk kamu kunjungi. Kota yang bersama-sama dengan Jakarta ini akan menyelenggarakan pesta olahraga se-Asia (Asian Games 2018) banyak memiliki tempat-tempat wisata menarik untuk dinikmati.

Kota yang terbenatang di kaki bukit jajaran Gunung Bukit Barisan yang megah ini memiliki tempat tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi baik itu wisata alam, wisata sejarah maupun wisata budayanya. Sumatera Selatan memiliki objek wisata berupa gunung-gunung dengan flora dan fauna yang beragam seperti Taman Nasional Kerinci Seblat, Di Kota Palembang, Kamu dapat berkeliling mengunjungi Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau dan juga Kota Pagaralam untuk menyaksikan ragam tradisi serta budaya yang unik dan menarik.

Wisata alam yang dapat Kamu kunjungi antara lain Danau Ranau yang terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Musi Rawas dan Musi Banyuasin.Panorama air terjun terdapat di Kabupaten Muara Enim dan Lahat. Wisata budayanya meliputi Bukit Serelo, Gunung Dempo, Rumah Limas, Pemukiman sukuterasing anak dalam dan Kubu. Wisata sejarahnya antara lain Situs Sriwijaya berupa batu purbakala, patung kuno dan Museum di Palembang, Kompleks Pemakaman di Bukit Siguntang serta Benteng Kuto Besak.

Selain memiliki banyak tempat wisata menarik, Palembang juga didukung oleh fasilitas penginapan bertaraf internasional seperti hotel, villa, restoran dan fasilitas pendukung wisata lainnya.

Nah itulah 5 Destinasi Wisata Unggulan Di Pulau Sumatera yang wajib kamu kunjungi dan nikmati keindahannya saat berlibur ke Pulau Sumatera, Indonesia.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page