Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Wednesday 13 December 2017

10 TEMPAT WISATA MENARIK DI BULUKUMBA

10 Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba  


ReyGina Wisata | Bulukumba adalah salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dan menjadi tempat Tujuan Wisata Di Sulawesi Selatan yang banyak memiliki Tempat Wisata Menarik untuk kamu kunjungi saat berlibur ke Provinsi Sulawesi Selatan seperti Pantai Tanjung Bira, Pantai Bara, Pembuatan Kapal Pinisi, Pantai Samboang dan lain sebagainya.  

Bahkan salah satu budaya Pembuatan Kapal Pinisi di Bulukumba dinobatkan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada sidangnya ke-12 di Jeju Island pada tanggal 7 Desember 2017.

Berikut 10 Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba yang dapat kamu kunjungi dan nikmati keindahanya bersama keluarga.

1. Pantai Tanjung Bira


Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba pertama yang dapat kamu kunjungi adalah Pantai Tanjung Bira yang terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai ini terkenal karena memiliki hamparan pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih dan tenang sehingga kamu bisa bebas untuk melakukan aktivitas pantai seperti berenang, berjemur diving, snorkeling atau bersantai.

Selain pantainya indah, tempat ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, penginapan, villa, bungalow dan hotel. Di pantai ini juga tersedia tempat penyewaan perlengkapan diving dan snorkeling. Bagi kamu yang ingin berkeliling juga tesedia penyewaan motor. Selain itu dikawasan Pantai Tanjung Bira juga terdapat pelabuhan kapal feri yang siap mengantarkan kamu yang ingin berwisata selam ke Pulau Selayar.

2. Pantai Bara

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Pantai Bara juga merupakan Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba selanjutnya yang layak untuk kamu kunjungi saat berlibur ke Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai yang terletak tidak jauh dari Pantai Tanjung Bira ini cukup tersembunyi tempatnya sangat cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan dan kedamaian.

Walaupun belum setenar Pantai Tanjung Bira, Namun pemandangan di pantai ini sangatlah indah dan memukau. Hamparan pasir putih dengan air lautnya yang jernih dan tenang akan membuat kamu betah berlama-lama di pantai yang indah ini.  
 
3. Pantai Appalarang

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Mengunjungi Pantai Appalarang tak ubahnya seperti menemukan keindahan yang tersembunyi. Begitu kamu sampai di Pantai Appalarang, Maka kamu akan disambut dengan sebuah pemandangan super indah dengan gugusan panjang tebing indah dan air laut nan jernih berwarna hijau toska itulah mengapa sebagian wisatawan yang datang menyebutnya dengan Tebing Appalarang.

Di pantai yang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan ini kamu bisa melakukan aktivitas berenang di airnya yang sangat jernih atau berfoto dengan background hamparan tebing indah. Selain itu kamu juga bisa melakukan aktivitas memancing di pantai nan indah ini.

4. Pantai Samboang

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Pantai Samboang merupakan salah satu Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba yang dapat kamu kunjungi dan nikmati keindahannya saat berlibur ke tanah Sulawesi. Pantai ini memiliki panorama alam yang masih asri dan alami. Di Pantai Samboang kamu bisa menikmati keindahan pasir putih dan pepohonan kelapa yang berjejer rapi disepanjang garis pantai. 

Pantai yang hanya berjarak sekitar 15 menit dari Pantai Appalarang ini memiliki keistimewaan lainnya yang dapat kamu nikmati yaitu adanya sebuah batu besar yang mirip dengan sebuah pulau kecil yang terletak di ujung pantai. Disini juga terdapat sebuah jembatan sepanjang 20 meter yang menghubungkan garis pantai dengan batu besar tersebut yang biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk berfoto ria.

Di batu besar ini kamu juga dapat melakukan aktivitas memancing sambil menunggu senja untuk menikmati panorama sunset yang sangat indah dari ufuk barat pulau.

5. Pantai Kasuso

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Pantai yang terletak di Dusun Kasuso, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan ini mungkin masih terasa asing di telinga kamu. Walaupun pantai ini tidak sepopuler Pantai Tanjung Bira atau Pantai Appalarang namun Pantai Kasuso tidaklah kalah indahnya dengan pantai tersebut. 

Salah satu Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba ini memiliki hamparan pasir putih nan bersih dan lembut serta pemandangan tebing hijau disekitar garis pantainya membuat pantai ini sangat menawan untuk di nikmati. Selain memiliki panorama pantai yang sangat memesona, Di Pantai Kasuso kamu bisa menikmati panorama matahari tenggelam (sunset) yang sangat indah menakjubkan bagaikan lukisan alam.

Baca Juga : 10 Hotel Keluarga Terbaik Untuk Liburan Akhir Tahun

 6. Pembuatan Kapal Pinisi

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Selain dapat menikmati keindahan alam, pantai berpasir putih dan air laut yang jernih, Pantai Tanjung Bira juga menyimpan pesona adanya pembuatan kapal pinisi yang terletak di Tana Beru, Perkampungan pesisir pembuat Kapal Pinisi yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang akan berlibur ke Bulukumba. Pembuatan Kapal Pinisi yang dikenal tidak hanya dijadikan sebagai perahu tradisional yang tangguh untuk wilayah Indonesia tetapi juga tangguh di perairan internasional.

Perahu Pinisi merupakan perahu tradisional masyarakat Bugis Makassar yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Perahu inilah yang membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah negara maritim yang tangguh dengan budaya pelaut dan pembuat kapal yang tangguh.

Sehingga tidaklah berlebihan jika Pembuatan Kapal Pinisi Di Bulukumba telah mendapatkan pengakuan dunia internasional setelah dalam sidang ke-12 Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Jeju Island, Korea Selatan pada tanggal 7 Desember 2017 menentapkan PINISI , Seni Pembuatan Perahu Di Bulukumba, Sulawesi Selatan  ke daam UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

7. Pulau Kambing

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Pulau Kambing Di Bulukumba merupakan surga bawah laut bagi pecinta Diving dan Snorkeling. Pantai yang berjarak sekitar 20 menit dengan menggunakan perahu motor dari Pantai Tanjung Bira menyajikan alam bawah laut yang sangat eksotis untuk di nikmati keindahannya.

Pulau Kambing ini memang sangat istimewa. Selain menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan, Kamu juga dapat menikmati alam Pulau Kambing dengan menaiki bukit terjal yang terdapat di pulau ini.

Buat kamu pecinta bawah laut, Pulau Kambing merupakan lokasi favorit bagi pecinta bawah air. Disini ada beberapa dive spot tempat berkumpulnya ikan hiu. Jika kamu beruntung kamu bisa melihat keberadaan ikan hiu sambil menikmati terumbu karang yang indah bagaikan surga.
8. Pantai Mandala Ria

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Pantai Mandala Ria merupakan Tempat Wisata Baru Di Bulukumba yang dapat kamu kunjungi selanjutnya. Pantai yang hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari kawasan Wisata Tanjung Bira atau tepatnya berada di Desa Ara Lembanna, Kecamatan Bontonbahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan ini menyajikan pantai dengan hamparan pasir putih dan gua-gua yang berada di sekitar pantai seperti Gua Passohara dimana di dalam gua ini terdapat sumber mata air yang telah berusia ribuan tahun.
9. Pantai Lemo-Lemo

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Pantai Lemo-Lemo adalah salah satu Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba yang dapat kamu kunjungi dan nikmati keindahannya. Pantai yang berjarak sekitar 300 meter dari Pantai Tanjung Bira ini menyuguhkan suasana pantai yang sejuk, hutan dengan tumbuhan heterogen yang berada di sekitar pantai. 

Memasuki Pantai Lemo-Lemo kamu akan disambut dengan rindangnya pohon nyiur dan sekelompok orang yang sedang membuat perahu besar. Suasana pantai menjadi kental setelah kamu menginjakan kaki di hamparan pasir putih bersih dengan riuhnya ombak di lautnya yang jernih. 

Pantai ini masih sangat sepi dari pengunjung sehingga kamu akan dengan tenang dan nyaman berlibur ke pantai yang indah ini.  
10. Bakung-Bakung View Sunrise 

Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba

Sesuai namanya Bakung-Bakung View Sunrise menawarkan spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) dari atas ketinggian. Tempat Wisata Menarik Di Bulukumba ini memiliki keunggulan tersendiri dimana kamu bisa menikmati datangnya pagi sekaligus disuguhi pemandangan hamparan tumbuhan hijau nan asri.

Perpaduan warna orange (sunrise), warna biru (hamparan laut) dan Hijau (hamparan pepohonan) menambah sensasi kamu saat berada di Bakung-Bakung View Sunrise ini. Selain itu di tempat ini juga tersedia jogging track, lapangan bola volley dan sepak takraw untuk olahraga kamu di pagi dan sore hari.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page