Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Friday 22 July 2016

MENIKMATI KEINDAHAN GUGUSAN PULAU BANYAK DI ACEH SINGKIL

Menikmati Keindahan Gugusan Pulau Banyak Di Aceh Singkil


Menikmati Keindahan Gugusan Pulau Banyak Di Aceh Singkil

ReyGinaWisata -Pulau Banyak, Aceh Singkil adalah gugusan pulau-pulau kecil di Aceh Singkil, Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam, Indonesia. Dengan luas wilayah 17.196 hektar, pulau yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini menawarkan keindahan alam yang sungguh sangat menakjubkan  di ujung barat Pulau Sumatera.

Sebagai daerah kepulauan, Gugusan Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga memiliki pantai yang sangat panjang dan indah. Pantai di Pulau Banyak memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan lembut dengan lambaian daun-daun nyiur disepanjang garis pantai yang akan membuat Anda nyaman dan tenang berlibur ke pulau nan eksotis ini.

Surfing Di Gugusan Pulau Banyak

Di Pulau Banyak, Anda bisa melakukan aktivitas Surfing atau Selancar dengan ketinggian ombak yang bisa mencapai 6 meter yang tersebar di Pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Titik selancar panjang dapat Anda temukan di Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bengkaru.

Keberadaan ombak yang tinggi dan panjang di Gugusan Pulau Banyak ditemukan pertama kalinya oleh Marcus Keeshan pada tahun 2001 lalu. Yang kemudian dia mempublikasikan kehebatan ombak Pulau Bengkaru sebagai Tempat Surfing Terbaik Di Dunia. Menurutnya ombak dikawasan ini cukup ideal bagi peselancar kelas dunia karena tingginya bisa mencapai 6 meter. Begitu juga dengan lokasinya, sangat menakjubkan dengan air laut yang dingin serta tidak ada ikan hiu disekitar pantai serta tempat selancar yang aman dengan satu hingga dua meter diatas karang dan musim selancar yang cukup panjang.

Keindahan Bawah Laut Pulau Banyak

Selain Anda dapat menikmati aktivitas Surfing, Di Gugusan Pulau Banyak Anda juga dapat melakukan aktivitas Snorkeling. Keindahan hayati bawah laut Pulau Banyak juga sangat indah dan menakjubkan. Di tempat ini, pada perairan dangkal, Anda bisa menggunakan perahu yang pada dasarnya menggunakan kaca sehingga dapat tembus pandang ke bawah laut. Dengan demikian Anda dapat melihat pemandangan bawah laut Pulau Banyak dari atas perahu.

Anda juga bisa menggunakan peralatan selam yang banyak di sewakan di tempat ini untuk menikmati bawah laut Pulau Banyak yang tidak dapat dilihat dari atas perahu tembus pandang.

Pantai Gugusan Pulau Banyak

Laut Pulau Banyak menyajikan keindahan alam yang sangat mempesona dan menakjubkan. Keunikan laut berupa terumbu kaang dengan flora dan fauna laut yang khas yaitu tumbuhan laut dan ikan-ikan karang warna warni.

Pantai Pulau Banyak

Di Gugusan Pulau Banyak juga banyak terdapat tempat-tempat wisata lainnya yang sangat indah dan mempesona. seperti Pantai Pulau Tailana, Pantai Pulau Rago-Rago, Pantai Pulau Matahari, Pantai Pulau Pabisi atau Pantai Pulau Sikandang. Pantai-pantai di kawasan Pulau Banyak rata-rata memiliki memiliki pemandangan yang indah dengan pantai berkarang dan air laut yang jernih sehingga karang-karang yang berada pada kedalaman 2-3 meter dibawah permukaan laut dapat terlihat dengan sangat jelas dari atas perahu. 

Selain dapat melakukan aktivitas surfing dan snorkeling serta berperahu menjelajahi laut sekitar Pulau Banyak, Anda juga dapat melakukan aktivitas bererang, bermain kano atau bersantai sambil berjemur matahari diatas pasir putih nan bersih dan lembut ini.

Gua Kelelawar Pulau Banyak

Selain menikmati keindahan pantai dan lautnya, Gugusan Pulau Banyak juga menawarkan kepada Anda untuk beradventure (bertualang) di Pulau Tuangku. Anda dapat melakukan aktivitas trekking atau berjalan kaki menelusuri hamparan hutan sambil menikmati keindahan alamnya. Perjalanan Hikking dapat di mulai dari Kampung Haloban dengan menyaksikan flora-flora yang ada seperti Kancil, Beo Nias, Tupai, Babi Hutan dan kupu-kupu beraneka warna atau menjelajahi Gua Kelelawar atau Gua Sarang Walet yang terdapat di pulau ini.

Hutan di Pulau Tuangku terbilang indah dan masih sangat alami. Buaya Muara (Crocodylus Porosus) terkadang muncul di perairan sungai pedalaman hutan Pulau Tuangku dengan ukuran yang relatif besar.

Di tempat ini Anda bukan saja Menikmati Keindahan Gugusan Pulau Banyak karena di pulau ini Anda juga dapat menyaksikan penangkaran penyu seperti Penyu Hijau, Penyu Belimbing atau Penyu Sisik yang sedang bertelur di habitat aslinya.

Sunset Pulau Banyak

Duduk santai dikala senja sambil menikmati keindahan sunset diatas cakrawala yang bagaikan lukisan alam yang tak ada duanya akan membuat Anda betah berlama-lama di Pulau Banyak nan eksotis ini.

Akses menuju Pulau Banyak

Pulau Banyak dapat Anda tempuh melalui Desa Pulo Saruk Aceh Singkil dengan menggunakan kapal ferry selama 4 jam atau jika Anda dari Kota Medan, Sumatera Utara Anda bisa menggunakan mobil travel dengan biaya Rp. 110.000,- yang akan membawa Anda ke Desa Pulo Saruk dengan waktu tempuh sekitar 8 jam. Jika Anda mau, Anda juga bisa menggunakan perjalanan udara menggunakan pesawat ukuran kecil dari Medan-Aceh Singkil  dengan harga sekitar Rp. 140.000.


Share:

2 komentar:

  1. Keindahan pulau banyak tak diragukan lagi, jangan hanya dengar imdahnya pulau banyak, Ayoo Ke Pulau Banyak

    ReplyDelete
  2. wah keren ya mba pulau banyak, cerita nya seru juga, tp lain kali klo cuman untuk demi foto doank jangan di pegan ya mba Karang nya...


    *terima kasih blog nya bagus kok*

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page