Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Sunday 18 September 2016

SEPULUH TEMPAT WISATA ANDALAN SAMBAS, KALIMANTAN BARAT

10 Tempat Wisata Andalan  Sambas, Kalimantan Barat 


10 Tempat Wisata Andalan  Sambas, Kalimantan Barat

ReyGinaWisata - Sambas adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Dengan luas wilayah 6.395.70 kilometer persegi, Sambas memiliki banyak tempat-tempat menarik dan indah untuk Anda kunjungi.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali akan menggelar Wonderful Indonesia Festival (WIF) di wilayah perbatasan (cross border) di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 17-18 September 2016 di Lapangan Terminal Sajingan Besar, Aruk, Kalimantan Barat. Selain dapat menikmati beragam acara dalam Wonderful Indonesia Festival seperti tarian khas daerah, penampilan band lokal, pameran dan bazar, lomba melukis perisai, lombat tarian kreasi dayak atau lomba menyumpit, Anda juga dapat mengunjungi beberapa Tempat Wisata Andalan Sambas seperti Pantai Tanjung Kemuning, Pantai Tanjung Batu atau mengunjungi Air Terjun Riam Caggat di Desa Batang Air.

Berikut 10 Tempat Wisata Andalan Sambas Kalimantan Barat yang wajib Anda kunjungi bersama teman atau keluarga. 

1. Pantai Tanjung Kemuning

Pantai Tanjung Kemuning

Pantai Tanjung Kemuning adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Sambas yang terletak di Desa Kecamatan Paloh. Pantai nan indah dengan air lautnya yang jernih ini berhadapan langsung dengan Laut Natuna. Banyak pemandangan indah yang bisa Anda temukan dipantai ini yang akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman berlama-lama berada di pantai yang eksotis ini.

2. Air Terjun Riam Caggat

Air Terjun Riam Caggat

Air Terjun Riam Cagat adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Batang Air, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas. Air terjun setinggi 67 meter ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik dengan batu-batuan besar di dasarnya.

3. Danau Sebedang

Danau Sebedang

Danau Sebedang adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Kabupaten Sambas. Danau ini terletak di Desa Sebedang yang berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Sambas. Danau nan indah seluas 1 kilometer persegi ini dikelilingi oleh pegunungan dengan ketinggian sekitar 400 mdpl. 

Danau Subedang memiliki pemandangan alam yang sangat indah, udara yang sejuk sehingga Anda akan merasa aman dan nyaman berlibur ke Danau Sebedang. Selain itu danau ini juga pernah dijadikan tempat peristirahatan bagi para Sultan Sambas pada zamannya. 

4. Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu merupakan salah satu Tempat Wisata Andalan Sambas lainnya yang wajib Anda kunjungi. Pantai yang terletak di Kecamatan Pemangkat ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Pantai nan indah dan menarik ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Selain itu di Pantai Tanjung Batu Anda dapat menikmati suasana sunset dikala senja menjelang. 

Di Pantai Tanjung Batu juga sudah di fasilitasi dengan hotel, cafe atau restoran serta fasilitas pendukung lainnya yang pastinya akan membuat Anda tenang dan nyaman berlibur ke pantai ini.

5. Pantai Bukit Raya Putri Serai

Pantai Bukit Raya Putri Serai

Pantai Bukit Raya Putri Serai adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Sambas yang sangat indah dan menakjubkan. Pantai yang terletak di Desa Jawai Laut, Kecamatan Jawai yang berjarak sekitar 2 kilometer dari ibukota kecamatan ini memiliki keunikan tersendiri. Di pantai ini mempunyai sebuah Legenda Putri Serai. Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga dipenuhibebatuan disepanjang garis pantainya.

6. Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Mengasap

Air Terjun Riam Merasap sadalah salah satu Tempat Wisata Andalan Sambas yang patut Anda kunjungi. Air terjun ini terletak di Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas. Air terjun ini banyak juga didatangi oleh wisatawan asal Malaysia. Dinamakan Riam Merasap karena air terjun ini mempunyai air terjun yang deras yang menimbulkan kabut dingin dari percikan air yang jatuh sehingga masyarakat sekitar menamakan air terjun ini Riam Merasap.

Air terjun setinggi 20 meter dengan lebar 8 meter dengan air jernih yang mengalir, Panorama rimba tropis khas Kalimantan membuat Air Terjun Riam Merasap semakin indah. Di tempat ini Anda juga dapat menemukan satu air terjun lagi setinggi 8 meter yang bernama Air Terjun Riam Naik Kubik yang tak kalah indahnya.

Lokasi pada Air Terjun Riam Merasap dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kantin, hotel, penginapankawasan offroad, toko souvenir, arung jeram dan budi daya keramba.   

7. Pantai Selimpai

Pantai Silimpai

Pantai Selimpai adalah salah satu Tempat Wisata Terindah Di Sambas yang wajib Anda kunjungi. Pantai yang terletak di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas ini memiliki pemandangan yang indah dan menawan dengan hamparan pasir putih bersih yang landai serta air laut yang tenang, jernih sebening kristal dengan pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda untuk mengunjungi Pantai Selimpai.

Kawasan Pantai Selimpai merupakan salah satu kawasan konservasi yang terdapat di Kalimantan Barat dengan nama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Pantai ini merupakan tempat penangkaran hewan langka penyu. Berbagai jenis penyu seperti Penyu Sisik, Penyu Belimbing, Penyu Hijau atau Penyu Lekang dapat Anda temui di pantai ini.

8. Pantai Dungun Laut

Pantai Dungun Laut

Pantai Dungun Laut merupakan Tempat Wisata Pantai Terindah di Sambas yang dapat Anda nikmati, Pantai yang terletak di Desa Dungun Laut, Kecamatan Jawai atau berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota memiliki pasir putih bersih dengan air lautnya yang berwarna hijau tosca, tenang dengan bebatuan besar disepanjang garis pantainya.

9. Pantai Tanjung Dato

Pantai Tanjung Dato

Pantai Tanjung Dato adalah sebuah tanjung yang memiliki garis pantai terpanjang di Kalimantan Barat. Pantai berpasir putih dengan air lautnya yang jernih dan tenang ini berada di Desa Tamajo, Kecamatan Paloh atau berjarak sekitar 85 kilometer dari ibukota Kabupaten Sambas.

10. Pantai Camar Wulan

Pantai Camar Wulan

Pantai Camar Wulan adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Sambas lainnya yang patut Anda kunjungi. Pantai dengan pemandangan yang sangat indah ini berada di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas atau berharak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Sambas.

Pantai berpasir putih dan kuning nan lembut serta air laut yang tenang sejernih kaca, menjadikan Pantai Camar Wulan pantai yang sangat menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Nah itulah 10 Tempat Wisata Andalan Sambas, Kalimantan Barat yang dapat Anda kunjungi dan nikmati disela-sela diselenggarakannya Wonderful Indonesia Festival Sambas 2016 atau saat Anda berlibur di kota Sambas, Kalimantan Barat. 

sumber:sambas.go.id
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page