Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Monday 22 October 2018

INILAH 10 KUIL PALING TUA DI DUNIA YANG WAJIB DIKUNJUNGI

ReyGina Wisata | Keberadaan kuil telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Mereka adalah bukti adanya budaya dan peradaban manusia sejak beberapa tahun yang lalu. Dengan arsitektur dan strukturnya yang menakjubkan, Kuil-kuil ini memukau banyak orang dari seluruh dunia. Dalam daftar ini, Kami akan membawa Anda ke 10 Kuil Tertua Di Dunia.
Berikut 10 Kuil Tertua Di Dunia yang wajib kamu kunjungi yang kami lansir dari laman wonderlist.com.

10. Palace of Knossos


Di bangun disebelah tenggara Heraklion, Knossos telah dihuni selama beberapa ribu tahun, Di mulai sekitar tahun ketujuh milenium SM dan ditinggalkan setelah penghancuranya pada 1375 SM. Istana besar ini dibangun antara 1700 dan 1400 SM yang merupakan istana pertama yang dibangun sekitar tahun 1900 SM. Fungsi situs ini tidak diketahui secara pasti, Hal ini masih diperdebatkan apakah itu digunakan sebagai pusat pemerintahan, keagamaan atau keduanya.

Menurut mitologi Yunani, Palace of Knossos dirancang oleh arsitektur Dedalos dibawah perintah Raja Minos. yang kemudian mempertahankan tahana arsitek terkenal untuk memastikan dia tidak akan mengungkapkan rencana istana kepada siapapun. Istana dikaitkan dengan Labyrinth mitologis. yang merupakan tempat tinggal Minotaur. Hal ini juga terkait dengan legenda Theseus yang membunuh Minotaur.

Istana ditinggalkan sekitar akhir zaman perunggu, 1380 - 1100 SM karena salah satu dari banyak bencana yang terjadi termasuk gempa bumi dan kebakaran. Palace of Knossos juga merupakan salah satu Bangunan Tertua Di Dunia.

9. Gobekli Tepe


Terletak di puncak bukit di Turki Tenggara, Gobekli Tepe dianggap sebagai Kuil Tertua Di Dunia. Kuil ini berasal dari milenium kesepuluh hingga kedelapan atau hampir berusia 11.000 tahun . Penggalian kuil ini dimulai pada tahun 1995 oleh Profesor Klaus Schmidt yang memandang situs ini sebagai tempat perlindungan. Namun para arkeolog percaya bahwa kuil ini adalah situs ibadah dan ritual atau dengan tujuan keagamaan.

Di kuil ini terdapat ukiran-ukiran pada batu terutama ukiran singa, rubah, babi hutan, ular, bangau dan bebek liar serta adegan-adegan lainnya. Kontruksi bait suci mendahului  gerabah, tulisan, dan penemuan roda dan peternakan. Tidak ada jejak tanaman atau hewan peliharaan. Diamsusikan pemburu pengumpul adalah orang-orang yang mendirikan situs Gobekti Tepe ini.

8. The Amada Temple


Kuil Amada adalah kuil tertua di Nubia yang dibangun pada Dinasti ke-18. Kuil ini pertama kali dibangun oleh Thutmose III yang didedikasikannya untuk Amun Ra dan Re-Horakhty. Amenhotep II meneruskan struktur dekorasi, penggantinya Thutmose IV, memasang atap di halaman depannya. Kemudian, Akhenaten memiliki nama Amun yang dihancurkan di kuil tetapi dipugar oleh Seti I dari Dinasti ke-19.

Ada dua prasasti penting di Kuil Amada. Yang pertama milik Amenhotep II selama tahun ketiga masa pemerintahannya . Hal ini berlanjut untuk menggambarkan kekejamannya selam pertempuran di Asia dan dia secara pribadi mengeksekusi tujuh kepala distrik Takhesy sebelum menggantung mereka terbalik dari haluan kapalnya. Sementara teks kedua menyebutkan kekalahan dan percobaan invasi dari Lybia selama masa pemerintahan Merneptah.

Kuil ini adalah rumah bagi banyak fitur yang terawat dengan sangat indah termasuk relief berwarna cerah.

BACA JUGA : 10 Istana Kerajaan Paling Indah Di Dunia

7. The Ggantija Temples


The Ggantija Temple dikatakan lebih tua dari Stonehenge dan Piramida Besar di Mesir. Dua kuil Ggantija di Xaghra, Gozo, Pulau terbesar kedua di Malta. Bangunan ini berdiri di ujung dataran tinggi Xaghra menghadap ke arah tenggara dan tertutup dengan dinding batas. Selain sebagai salah satu Kuil Tertua di Dunia, The Ggantija Temple juga merupakan Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Kuil ini dibangun antara tahun 3600 SM dan 3000 SM. Dua kuil ini dibangun untuk didedikasikan kepada Ibu Pertiwi Agung. Bukti menunjukkan bahwa mungkin ada oracle di sana. Namun Ggantija berasal dari kata "Ggant" kata Maltese untuk raksasa sebagai cerita rakyat percaya bahwa bangunan ini karya raksasa, yang membangunya saat menyusui seorang anak.

Tidak banyak yang diketahui tentang upacara keagamaan yang terjadi di kuil ini. tetapi mereka diyakini termasuk korban hewan dan persembahan cair yang dituangkan melalui lubang-lubang libasi 

6. Hagar Qim and Mnajdra


Hagar Qim dan Mnajdra dibangun antara tahun 3600 SM hingga 3200 SM. Kuil Hagar Qim terletak di ujung selatan Pulau Malta atau sekitar berjarak 500 meter dengan Kuil Mnajdra. Komplek megaltik ini oleh UNESCO pada tahun 1992 dianggap sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Diperkirakan bahwa kuil ini dipergunakan untuk pengamatan astronomi atau sebagai kalender. Tidak ada peninggalan tertulis yang mengatakan tujuan dibangunya kuil ini. tetapi seperti sisa-sisa tulang hewan ditemukan bersama dengan pisau batu api dan lubang tali. Kuil-kuil ini tidak dipergunakan sebagai makam karena tidak ditemukan sisa manusia. Kuil ini mungkin dibangun untuk tujuan keagamaan.

Mnajdra terdiri dari candi utama dengan tiga struktur megalitik disampingnya. Megaltik terbesar adalah sekitar 7 meter dengan berat sekitar 20 ton yang terdiri dari tiga candi yang terhubung tetapi tidak berhubung.

5. Temple of Seti I


Terletak di Abydos di tepi Sungai Nil, dan dibangun pada tahun 1279 SM menjelang akhir pemerintahan Seti I. Dipercaya bahwa putranya Ramses II mungkin telah menyelesaikan pembangunannya. Kuil ini dibangun didedikasikan untuk Osiris dan memiliki tujuh kuil yang masing-masing untuk Dewa Mesir (Horus, Isis, Osiris, Amun Ra, Ra-Horakhty dan Ptah).

Hal yang paling penting tentang Temple of Seti I adalah Daftar Raja Abydos yang diukir di dinding kuil. Daftar ini berisi nama-nama 76 Raja Mesir Kuno.

BACA JUGA : 10 Atraksi Budaya Paling Menakjubkan Di Indonesia

4. Hypogeum


Terletak di Malta, Kuil Hypogeum secara tidak sengaja ditemukan pada tahun 1902. Kuil yang sepenuhnya berada dibawah permukaan tanah ini sebelumnya dianggap sebagai tempat perlindungan. 7000 sisa-sisa orang ditemukan serta berbagai jenis benda lainnya seperti jimat manik-manik, tembikar, batu dan kepala tanah liat di tempat ini. Kancing cangkang dan ukiran patung manusia dan hewan juga ditemukan di kuil ini. Penemuan yang paling luar biasa adalah sosok tanah liat yang disebut Sleeping Lady yang dianggap mewakili seorang ibu dewi juga ditemukan di kuil.

Diyakini situs Hypogeum pertama kali digunakan pada awal 4000 SM hingga 2500 SM. Saat ini Hypogeum termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. Bagi Anda yang ingin mengunjungi situs ini hanya diperbolehkan sejumlah pengunjung saja sehari, Anda harus melakukan pemesanan beberapa minggu sebelum brniat mengunjungi Kuil Tertua Di Dunia ini.

3. Temple of Hatshepsut


Kuil Hatshepsut terletak di tepi barat Sungai Nil Kuil ini dirancang oleh kanselir dan arsitek Ratu Hatshepsut, Senenmut. Diperlukan waktu sekitar 15 tahun untuk membangun kuil ini antara tahun ke-7 dan ke-22 pemerintahan Hatshepsut yang memerintah dari tahun 1479 SM sampai 1458 SM. 

Kuil ini dibangun untuk mengenang pencapaian dan untuk melayani sebagai bait pemakaman baginya dan juga sebagai tempat perlindungan Dewa Amon Ra.

BACA JUGA : Mengenal 10 Museum Terbaik Di Indonesia

2. Luxor Temple


Terletak di timur Sungai Nil, Kuil Luxor adalah salah satu Kuil Mesir Kuno. Meskipun sekarang menjadi Tempat Wisata Populer Di Mesir, Kuil ini dibangun untuk didedikasikan kepada tiga dewa Mesir yaitu Amun, Mut dan Khinsu yang juga dikenal sebagai Chons dan untuk Festival Opet annuel, salah satu festival keagamaan paling penting di zaman Mesir Kuno.

Kuil ini dibangun pada tahun 1400 SM oleh Amenhotep III (1390-1352 SM) dan diselesaikan oleh Tutankhamun (1336-1327 SM) dan Horemheb (1323-1295 SM) dan kemudian dilanjutkan oleh Rameses II (1279-1213 SM). Panjangnya sekitar 850 kaki dan sekitar 213 kaki di depan.

1. Stonehenge


Terletak di Wiltshire, Inggris, Stonehenge adalah salah satu bangunan paling terkenal di dunia sekaligus sebagai salah satu Kuil Tertua Di Dunia. Kuil ini dipercaya dibangun pada tahun 3000 SM hingga 2000 SM 

BACA JUGA : 10 Bangunan Yang Menjadi Ikon Dunia

Stonehenge terdiri dari cincin batu berdiri. Setiap batu bardeiri sekitar 13 kaki dengan lebar 6 kaki serta berat 25 ton. Tidak diketahui peradaban apa yang membuat kuil ini karena kuil ini tidak meninggalkan catatan tertulis. Selain itu para ahli juga tidak mengetahui tujuan pasti dibangunnya Stonehenge. Namun dipercaya secara luas bahwa monumen ini dipergunakan sebagai tanah pemakaman atau komplek upacara atau kuil orang mati.


 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Definition List

Fans Page