Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Thursday 8 September 2016

8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

8 Gua Terindah Di Yogyakarta  


10 Gua Terindah Di Yogyakarta

ReyGinaWisata - Yogyakarta banyak memiliki tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Selain Wisata Alam Yogyakarta yang mempesona serta Wisata Budaya Yogyakarta yang beraneka ragam, Yogyakarta juga memiliki Delapan Gua Terindah yang wajib untuk Anda kunjungi. Selain untuk menikmati keindahannya, di gua-gua ini juga siap menantang adrenalin Anda.  Salah satunya adalah Gua Jomblang yang disebut-sebut sebagai Surga Tersembunyi dibawah bumi Yogyakarta serta Gua Pindul yang sangat mempesona. 

Berikut 8 Gua Terindah Di Yogyakarta yang sangat populer dikalangan para wisatawan yang wajib Anda kunjungi karena keindahannya yang bagaikan surga tersembunyi, indah dan sangat menakjubkan.

1. Gua Jomblang

Gua Jomblang

Gua Jomblang merupakan salah satu Gua Terindah Di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi. Gua vertikal bertipe collapse dolline terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada diatasnya  ke dasar bumi yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu. Gua yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta merupakan salah satu Wisata Andalan Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi.

Saat ini Gua Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus. Sinar matahari yang masuk kedalam gua setinggi 90 meter ini membentuk satu tiang cahaya yang sangat indah, menyinari flowstoneyang indah dalam kedalaman gua yang gelap gulita. Air yang menetes dari ketinggian juga turut mempercantik keindahan Gua Jomblang sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Gua Jomblang terkagum-kagum akan keindahannya ketika menyaksikan lukisan alam yang dikenal dengan istilah "Cahaya Surga"    

2. Gua Selarong

Gua Selarong

Gua Selarong merupakan gua bersejarah yang terdapat di Kabupaten Bantul atau tepatnya berada di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan. Menurut sejarah gua ini pernah di pakai oleh Pangeran Diponogoro sebagai markas untuk melakukan perlawanan terhadap Belanda pada tahun 1825 -1830. 

Saat ini Gua Selarong merupakan salah satu Tempat Wisata Andalan Yogyakarta dengan beberapa penambahan fasilitas sebagai penunjang termasuk area perkemahan.   

3. Gua Cerme

Gua Cerme

Gua Cerme adalah gua peninggalan sejarah yang terletak di Dusun Srunggo, Selopamiero, Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gua sepanjang 1,5 kilometer ini menembus hingga ke Sendang di wilayah Panggang, Desa Ploso, Giritirto, Kabuapten Gunungkidul. Di samping Gua Cerme, Anda juga dapat menemukan gua lain yang lebih kecil disekitarnya seperti Gua Dalang, Gua Ledek, Gua Badut atau Gua Kaum yang digunakan untuk bersemedi.

Gua ini termasuk gua yang panjang dan dalam. Di gua ini Anda dapat menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit serta adanya sungai bawah tanah dan banyaknya kelelawar di dalam gua. Lantai gua rata-rata digenangi oleh air tanah setinggi 1 hingga 1,5 meter. Gua ini juga banyak terdapat ruangan seperti panggung pertemuan, air zam-zam, mustuko, air suci, watu kaji, pelunguhan atau paseban, kayangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, gua lawa dan juga watu gantung. 

4. Gua Sriti

Gua Sriti

Gua Sriti merupakan salah satu Gua Terindah Di Yogyakarta yang terletak di Dusun Gelaran I dan berbatasan langsung dengan Dusun Karangmojo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di gua ini ada dapat melihat keunikan dari sebuah gua dimana batunya berwarna putih. 

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Yogyakarta, Gua Sriti bisa menjadi alternatif buat liburan Anda. Anda akan diajak berkeliling di dalam gua dengan dipandu oleh para relawan yang sudah mahir dalam bidangnya masing-masing. Anda akan diajak masuk kedalam lorong gua, menyelusuri aliran air sambil menikmati batu putih yang menempel diseluruh dinding Gua Sriti.

5. Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono merupakan salah satu Gua Terindah Di Yogyakarta. Gua ini terletak di Pedukuhan Menggoran, Jln. Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gua yang tersenbunyi di perut bumi ini menawarkan panorama yang sangat luar biasa. Gua Rancang Kencono memiliki keistimewaan tersendii berupa ruangan lapang seluas 20 m X 20 m dengan ketinggian sekitar 12 meter. Ruangan ini sering digunakan untuk acara sarasehan, camping dan lain-lain. Ruangan ini tidak terlalu gelap karena sinar matahari masih bisa masuk kedalam gua.

Gua Rancang Kencono tidak banyak mempunyai ornamen. Hanya beberapa staglatit yang menggantung di langit-langit gua. Namun hal ini justru lebih memudahkan para pengunjung gua untuk melakukan beberapa aktivitas di dalam gua. 

6. Gua Kalisuci

Gua Kalisuci

Menyelusuri sungai-sungai bawah tanah di dalam gua menjadi salah satu pertualangan wisata yang ditawarkan oleh Gua Kalisuci di Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Dikenal dengan Cave Tubing, pertualangan di Gua Kalisuci memadukan aktivitas caving (susur gua) dan Body Rafting.

Di Gua Kalisuci, Anda dapat melakukan aktivitas Cave Tubing dengan aliran sungai yang berkelok-kelok. Airnya yang biru kehijauan terlihat kontras dengan warna cokelat tanah, tebing karst serta daun-daun yang meranggas sehingga akan menciptakan lukisan alam yang sangat indah dan mempesona. 

Di gua ini Anda akan melakukan pertualangan yang sesungguhnya saat memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Saat matahari menghilang dan terganti oleh cahaya remang-remang bahkan gelap, satu-satunya pencahayaan hanya dari headlamp. Di sini Anda akan menyaksikan Stalagtit diatas gua meneteskan air yang beberapa diantaranya adalah batu kristal. Kelelawar yang bergantungan, ikan yang berenang di bawah kaki.

Keindahan gua dan kesejukan sungai yang menyatu dalam keheningan akan membuat diri enggan beranjak pergi. Berpeluk mesra dengan dinginnya air sungai di perut bumi dengan pemandangan yang cantik dan eksotik benar-benar menjadi pertualangan yang akan terlupakan sepanjang hidup Anda.    

7. Gua Seropan


Gua Seropan

Keindahan Gua Seropan akan Anda dapatkan mulai dari luar gua hingga masuk kedalam perut gua. Disini Anda akan dimanjakan dengan tebing-tebing kapur yang bisa Anda taklukan dengan tersedianya 13 jalur pemanjatan dengan berbagai tingkat kesulitan yang ada. 

Memasuki dalam gua, Anda akan menyelusuri gua ini dengan tinggi dan rendahnya gua dengan dasar gua yang berair dan berlumpur, Batuan Stalagmit dan Stalagtit yang terbentuk sejak ribuan tahun menghiasi dinding gua dengan sangat indahnya. Selain itu di Gua Selarong juga terdapat sungai bawah tanah dengan debit air sekitar 750 liter / detik serta air terjun di dalam gua dengan ketinggian 7 meter yang bisa menghilangkan lelah Anda dan menyegarkan kembali stamina Anda.

8.  Gua Pindul

Gau Pindul

Gua Terindah Di Yogyakarta terakhir adalah Gua Pindul yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gua ini menjadi terkenal di Yogyakarta karena cara menyelusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung diatas aliran sungai bawah tanah di dalam gua. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan Cave Tubing.

Dengan panjang gua sekitar 350 meter dan lebar sekitar 5 meter dengan jarak antara permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter Anda akan merasa nyaman berada di sungai bawah tanah ini.

Selain terdapat sebuah sungai bawah tanah, Anda juga akan disuguhkan oleh formasi batuan stalagtit dan stalagmit yang bahkan hingga tumbuh dari atas gua ke dasar gua seperti pilar-pilar. Beberapa batuan karst di gua ini juga masih hidup dan meneteskan air. Selain Gua Pindul, Di sekitar gua juga terdapat beberapa gua lainnya seperti Gua Gelatik, Monumen Peninggalan Jenderal Soedirman serta Situs Purbakala Sokoliman.

Nah itulah 8 Gua Terindah Di Yogyakarta yang wajib Anda jelajahi jika berlibur ke Yogyakarta. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat Kita semua. 
 
Share:

1 komentar:

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page