Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Sunday 24 March 2019

BERBURU BUNGA LANGKA DAN UNIK DI TAMAN RAFFLESIA BATANG PALUPUH

BERBURU BUNGA LANGKA DAN UNIK DI TAMAN RAFFLESIA BATANG PALUPUH


ReyGina Wisata | Kekayaan sumber daya alam Indonesia memang sangatlah beragam. Salah satunya adalah keberadaan flora langka dar Bunga Rafflesia di Taman Batang Palupuh. Disini Anda dapat melihat keindahan berbagai aneka bunga Rafflesia yang tumbuh subur di kawasan ini.


Rafflesia merupakan tumbuhan unik karena termasuk dalam parasit sempurna yang tidak memiliki batang, daun dan akar. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga ini mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di dasar bunga terlihat bagian seperti piringan berduri yang berisi benang sari atau putik yang bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga. Bunga Rafflesia hanya berumur 1 minggu (5 - 7 hari) dan setelah itu akan layu dan mati.  Rafflesia Arnoldi merupakan salah satu bunga terbesar di dunia yang masih dapat Anda temukan di Taman Rafflesia Batang Palupuh. 


BERBURU BUNGA LANGKA DAN UNIK DI TAMAN RAFFLESIA BATANG PALUPUH

Terletak di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia, Anda bisa menyaksikan keindahan bunga langka dan unik Rafflesia Ardoldi di Taman Rafflesia Batang Palupuh. Taman seluas sekitar 3,4 hektar ini hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Bukittinggi. 

Untuk menjelajahi taman ini, Anda bisa menggunakan jasa pemandu yang akan membawa Anda menyelusuri jalan setapak sepanjang 1-2 kilometer untuk melihat Bunga Rafflesia. Disini Anda bisa menggali semua informasi tentang Bunga Rafflesia kepada pemandu yang dengan senang hati akan menjelaskanya secara detail kepada Anda.


Nah jika Anda ingin mengunjungi Taman Rafflesia Batang Palupuh, Sebaiknya datanglag pada saat musim hujan antara bulan Juni - Desember setiap tahunnya karena pada saat itu Anda bisa melihat Bunga Raksasa Raffkesia Arnoldi bermekaran. 


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page