Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Tuesday 10 September 2019

10 MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

ReyGina Wisata | Menara Jam dengan jam menara diatasnya adalah pemandangan yang umum hampir disetiap negara. Mereka pada awalnya dibangun di pusat-pusat kota untuk membantu orang mengetahui akan waktu yang pada awal abad ke-18 memiliki jam atau jam tangan pribadi bukanlah sesuatu yang umum.

Saat ini banyak menara jam megah di dunia berfungsi sebagai landmark ikonik. Menara jam yang pada awalnya memiliki jam matahari secara bertahap tergantikan dengan menara jam astronomi dan kemudian menara jam digital. 

Berikut 10 menara jam termegah di seluruh dunia yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya dari selutuh dunia.

10. Tower of the Winds.

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Tower of the Winds (Menara Angin) adalah salah satu menara jam termegah di dunia yang terletak di Agora Romawi Athena, Yunani. Menara setinggi 12 meter ini adalah menara segi delapan yang terbuat dari marmer Pentelic. Menara jam tertua di dunia yang dibangun pada sekitar tahun 50 SM oleh Andronicus dari Cyrrhus. Menara ini memiliki delapan jam matahari dan memiliki jam air di dalamnya serta memiliki baling-baling angin. 

Baca Juga : Melihat Keindahan Tebing Scala Dei Turchi 

9. Rathaus-Glockenspiel

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Menara jam termegah di dunia selanjutnya yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah menara jam Rathaus-Glockenspiel yang terletak di kota Mariemplatz, Munich, Jerman. Menara jam ini merupakan bagian dari balai kota baruyang dipasang selama fase kontruksi kedua pada tahun 1908. Jam ini memiliki 32 tokoh seukuran yang hidup setiap hari pada pukul 11 pagi dan pukul 12 siangserta jam 5 sore pada musim panas. Memerankan kembali dua cerita abad ke-16 dan setelah itu terdengar kicauan ayam kecil tiga kali seperti jam co-coo.

8. Prague Astronomical Clock Tower

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Jam Astronomi Praha yang disebut Prague Orloj, dipasang di dinding selatan Balai Kota, kota tua di Praha, Republik Ceko pada tahun 1410. Prague Astronomical Clock Tower adalah jam dinding tertua di dunia yang masih digunakan dan jam astronomi tertua ketiga di dunia dari semua jam astronomi yang ada. 

Dengan dial yang mewakili posisi matahari dan bulan dan detail lainnya, dial kalender, dan pertunjukan per jam dari Rasul angka.

7. Minneapolis City Hall

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Balai Kota Minneapolis dan Gedung Pengadilan Hennepin terletak di Minnesota yang merupakan bangunan utama yang digunakan oleh pemerintah kota Minneapolis serta daerah Hennepin. Minneapolis City Hall mengklaim memiliki jam dentang empat wajah terbesar dengan wajah 7,5 meter. setiap lonceng dari 15 lonceng yang dimainkan secara teratur.  Dengan tinggi 105 meter, menara jam termegah di dunia ini pernah menjadi struktur tertinggi kota hingga tahun 1920.

6. NTT Docomo Yoyogi Building

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Menara jam di Gedung NTT Docomo Yoyogi yang terletak di Shibuya, Tokyo, Jepang dengan diameter 15 meter terpasang di gedung ini. NTT Docomo Yoyogi Building adalah contoh yang sempurna dari menara jam modern. Pada ketinggian 220 meter, ini adalah salah satu menara jam tertinggi di dunia. Ada lampu yang ditampilkan dibagian atas menara untuk menunjukkan prakiraan cuaca serta jarum jam dan angka pada putaran jam.  

5. Zytglogge

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Zytglogge adalah salah satu menara jam termegah di dunia yang terletak di kota Bern, Swiss. Menara ini merupakan menara abad pertengahan tenggara yang dibangun pada abad ke-13 sebagai penjara, menara penjara, peringatan sipil dan pusat kehidupan kota selain menjadi menara jam. Menara Zytglogge telah mengalami beberapa dekorasi ulang tetapi karena jam astronominya itu masih merupakan simbol warisan yang dapat dikenali dari kota Bern. Pada faktanya Menara Zytglogge merupakan salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO.

Baca Juga : 10 Akuarium Terbaik di Dunia

4. Allen-Bradley Clock Tower

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Menara Jam Allen-Bradley terletak di Markas Besar Otomasi Rockwell terletak di Milwaukee, Wisconsin, AS sebagai tempat penelitian dan penambahan kantor Perusahaan Allen-Bradley. Guinness Book of World Record menggambarkannya sebagai jam empat muka terbesar di dunia. Selain sebagai menara jam non-dentang tertinggidengan empat wajah karena berdiri dengan ketinggian 86,26 meter.

3. Joseph Chamberlain Memorial Clock Tower

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Menara jam Joseph Chamberlain Memorial Clock Tower terletak di pengadilan Chamcellor di University of Birmingham di pinggiran kota Ebgbaston. Biasa disebut Old Joe, tingginya tercatat 110 meter dan 99 meter oleh peguruan tinggi serta 100 meter menurut sumber lain. Walaupun demikian, tempat ini merupakan menara jam berdiri bebas tertinggi di dunia yang menjadikannya sebagai salah satu menara jam termegah di dunia.

2. Elizabeth Tower / Big Ben

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Menara Elizabeth atau Big Ben terletak di kota London, Inggris diujung utara istana Westminster. Meskipun nama resmi yang dikenal dunia adalah Big Ben yang mengacu pada nama bel di dalamnya. Sebagai menara jam dentang tertinggi di dunia dengan ketinggian 96 meter dan jam dinding terbesar kedua di dunia, Big Ben adalah simbol paling terkemuka Inggris dan salah satu bagian yang sangat populer dalam sebuah adegan dalam film.

1. Abraj Al-Bait Tower

MENARA JAM TERMEGAH DI DUNIA

Menara jam termegah di dunia dalam daftar kami yang wajib untuk Anda kunjungi dan nikmati keindahannya adalah menara jam Abraj Al-Bait Tower yang terletak di kota Mekkah, Arab Saudi atau hanya berjarak beberapa meter dari Masjid Al-Haram, Masjid terbesar di dunia. Menara Jam Hotel Royal Mekah ini adalah komplek bangunan Megatall milik pemerintah. Tempat ini merupakan bagian dari Proyek Wakaf Raja Abdul Aziz. Dengan ketinggian 601 meter . Abraj Al-Bait Tower adalah menara jam tertinggi di dunia serta permukaan jam terbesar di dunia.

Baca Juga : 10 Istana Kerajaan Paling Indah di Dunia


Editor : Reygina
Sumber : Wonderlist.com

  




  

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Definition List

Fans Page