Friday, 29 April 2016

SAKSIKAN FESTIVAL TELUK JAILOLO DI HALMAHERA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel :

Saksikan Festival Teluk Jailolo 2016 Di Halmahera  


Festival-Teluk-Jailolo

ReyGinaWisata -Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat akan menggelar Festival Teluk Jailolo ke-8 pada 2-7 Mei 2016. Festival yang mengangkat tema"Pesona Budaya Kepulauan Rempah" yang mencitrakan Maluku Utara sebagai penghasil rempah-rempah terbaik di dunia serta untuk menumbuhkan dan mengukuhan kembali identitas kekayaan Halmahera Barat.

Dalam acara 'Pesona Budaya Kepulauan Rempah" ini Anda akan disuguhkan pada Atraksi Budaya, Ritual Budaya, Gelar Sini Budaya Moloku serta Sasadu On The Sea.

Sasasdu-on-the-sea

Sasadu On The Sea yang sejak pertama kali diselenggarakan selalu menarik perhatian para pengunjung. Pertunjukkan ini dipersiapkan dengan memberdayakan kreativitas masyarakat lokal Jailolo seperti Koreografi, Pemainan Intrumen Musik, Persiapan Tata Busana, Tata Rias hingga Dekorasi Panggung.

kuliner-halmahera-barat

Sasadu On The Sea yang diselenggarakan tahun ini menyajikan seni pertunjukkan kontempoler yang memadukan unsur seni tarian tradisional. musik tradisional, drama dan koreografi yang mengakar pada kebudayaan masyarakat Jailolo.

Festival-teluk-jailolo

Pada festival ini Anda juga akan disuguhkan Gelar Seni Budaya Moloku Kie Raha pada tanggal 2-7 Mei 2016 dengan Gelar Kuliner Tradisional dimana lidah Anda akan dimanjakan dengan makanan lokal Halmahera serta Panggung Seni Budaya Moloku Kie Raha yang akan menyajikan berbagai macam Seni Budaya Maluku Utara yang kaya akan filosofi dan seni tradisi.

Selain itu Anda juga akan duisuguhkan dengan Parade Budaya yang akan dilaksanakan pada 5-6 Mei 2016 yang menyajikan budaya masyarakat Halmahera Barat yang heterogen terdiri dari berbagai suku namun hidup rukun dalam kebersamaan.

festival-teluk-jailolo

Pada Festival Teluk Jailolo 2016 ini juga akan menjadi yang teristimewa karena tahun ini budaya keempat kerajaan besar di Maluku Utara yaitu Jailolo, Bacan, Ternate dan Tidore akan di integrasikan dalam ikatan persaudaraan berdasarkan falsafah Moloku Kie Raha yang dalam bahasa lokal Moloku Kie Raha berarti persaudaraan penguasa empat gunung dimana gunung diartikan sebagai kerajaan.

Untuk Anda ketahui bahwa kejayaan masa lalu sebagai bagian dari Kepulauan Rempah masih dapat Anda temui sampai sekarang di Jailolo seperti Pala, Cengkeh dan Kopra. Kekayaan rempah-rempah ini meresap hingga ke kuliner khas Halmahera Barat yang siap memnajangkan lidah Anda.

Pada kesempatan ini Anda juga bisa menikmati segenap potensi wisata Halmahera Barat melalui paket-paket wisata bernuansa pertualangan rempah dengan merasakan kenikmatan kuliner di Desa Wisata Guaeria yang bertatapan langsung dengan Teluk Jailolo ataupun Anda dapat singgah di Desa Bobanehene yang mengajarkan masyarakat belajar tentang kehidupan petani cengkeh.

festival-teluk-jailolo

Tak kalah menarik jika Anda juga mencoba untuk menyusuri Hutan Mangrove di Desa Wisata Gempala. Di tempat ini Anda diajak untuk menyusuri Hutan Mangrove sambil menyaksikan langsung kehidupan masyarakat disekitar aliran sungai seperti proses pengolahan sagu, mencari kerang atau melihat-lihat secara langsung acara-acara adat.

Bagi Anda pengemar Wisata Pantai, Anda dapat mengunjungi Pantai Arugasi. Di pantai ini Anda dapat menikmati dan merasakan indahnya sunset serta membayangakn sunset dengan refleksi seperti dari kaca pada garis horizon, simply amazing view.

pantai-arugasi

Pantai Arugasi yang merupakan sambungan dari Pantai Bobo adalah lokasi yang hening, tidak ada seorangpun di pantai ini sehingga anda akan merasa berada di pantai pribadi. Namun Arugasi tidak hanya indah di pagi dan siang hari. Waktu terbaik tentu saja di saat magic light, di saat matahari hendak pergi sambil melukis langit.

Untuk sampai ke Teluk Jailolo, Anda bisa menuju Ternate dari kota Anda. Perjalanan akan dilanjutkan melalui laut dengan speed boat dari Pelabuhan Dufa-Dufa, Ternate menuju Pelabuhan Jailolo dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. 


sumber:jailohofest

 

Disqus Comments