Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Sunday 24 September 2017

SAKSIKAN FESTIVAL PESONA PALU NOMONI 2017

Saksikan Festival Pesona Palu Nomoni 2017  


ReyGina Wisata | Setelah sukses menyelenggarakan Festival Pesona Palu Nomoni 2016, Kota Palu yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia akan kembali menggelar Festival Pesona Palu Nomoni 2017 yang akan berlangsung dari tanggal 22 - 27 September 2017 di sepanjang Pesisir Teluk Palu. Acara ini akan dimulai dari ujung Hotel Wina Beach sampai menuju Swiss Bell Hotel.

Festival Pesona Palu Nomoni 2017

Acara yang berlangsung selama 5 hari itu Festival Pesona Palu Nomoni 2017 akan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya termasuk pertunjukkan Seruling Tradisional Kolosal 520 lalove dan 1.040 orang penabuh "gimba" yaitu diatas panggung bambu disinari obor tradisional di 520 peniup Lalove dan Sulo (obor) di sepanjang  Teluk Palu. Selain itu acara ini dimeriahkan dengan Lomba Perahu Tradisional Sandeq, Lomba berenang menyeberangi Teluk Palu dan kompetisi seru lainya.

Selain acara diatas, Kamu juga bisa menyaksikan Atraksi Sepuluh Ritual Adat Balia dari Suku Kaili di Lembah Palu. Beberapa ritual dari Sepuluh Atraksi Ritual Adat Balia adalah Ritual Pompoura yaitu menginjak-injak bara api dan Ritual Adat Enje Da'a yang akan digelar di depan Rumah Makan Taman Ria, Teluk Palu. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan Ritual Tampilangi Ulujadi dan Pompoura Vunja yang akan dilakukan di Taman Datokarama. Ritual Manuru Viata dan Ritual Adat Jinja yang akan dilaksanakan di ujung Jembatan 4 Ponulele Balia Topoledo dan Vunja Ntana di Tugu Gerhana Matahari Teluk Palu.

Acara ini juga dimeriahkan dengan Tujuh Panggung Utama Seni Tradisi dan Budaya Nusantara seperti Panggung Budaya Sulawesi Tengah, Panggung Budaya Sulawesi Selatan, Panggung Budaya Jawa dan Sunda, Panggung Budaya Gorontalo dan Sulawesi Utara, Panggung Budaya Bali, Panggung Budaya Tionghoa dan Panggung Religi.

Selain dimeriahkan dengan Pesta Budaya, Festival Pesona Palu Nomoni 2017 juga dimeriahkan dengan  "Palu Nomoni Internasional Marathon" yang merupakan ajang lari marathon kedua yang diselenggarakan di Kota Palu. 

Berikut Rangkaian Acara Festival Pesona Palu Nomoni 2017 yang dapat Kamu saksikan.
  • Half Marathon Palu Nomoni 2017 (24 September 2017)
  • Lomba Perahu Layar Tradisional  (25 September 2017)
  • Lomba Renag Lintas Teluk Palu (25 September 2017)
  • Fun Bike Palu Nomoni 2017 (24 September 2017)
  • Arena Kampung Kaili 
  • Gelar Kuliner Tradisional Kaili
  • Pameran Foto Palu Sepanjang Masa.
Festival Pesona Palu Nomoni telah digelar sejak tahun 2008 dimana sebelumnya bernama "Festival Teluk Palu". Sekarang di tambahkan kata Nomoni yang artinya "Berbunyi" agar setiap orang selalu mengingat bahwa gema dari sedikit Palu maka akan menimbulkan bunyi yang harmonis. Selain itu Festival Pesona Palu Nomoni dijadikan sebagai spirit untuk menggaungkan ragam kebudayaan etnis Kaili di Lembah Palu kepada dunia.   
 
Kota Palu yang berjuluk "Mutiara Di Khatulistiwa" merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Tengah yang banyak memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi seperti Taman Nasional Lore Lindu dan Lembah Bada yang misterius dimana banyak terdapat Patung Megalitik yang menyerupai Pulau Paskah serta Kepulauan Togean di Teluk Tomini yang menawarkan keindahan bawah laut Teluk Tomini. 
 
 
sumber: palunomoni.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Definition List

Fans Page