Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Monday 16 January 2017

10 TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG

10 Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Lumajang


ReyGina Wisata | Kabupaten Lumajang adalah sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang banyak memiliki Tempat Wisata Menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Watu Gedeg dan Pantai Tlepuk, Wisata Buadaya dan Sejarah, Wisata Danau, Wisata Pendakian Gunung Semeru, Melihat panorama alam di Puncak B29 atau menikmati wisata buatan yang banyak terdapat di Kota Lumajang. 


Berikut 10 Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Lumajang yang dapat Anda kunjungi bersama teman, sahabat atau keluarga.


1. Pantai Watu Gedeg


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Lumajang yang wajib untuk dikunjungi adalah Menikmati Keindahan Pantai Watu Gedeg di Kecamatan Tempursari atau sebelah selatan kota Lumajang. Pantai ini berbatasan lansung dengan Samudra Hindia sehingga nampak lautan biru yang mempesona dengan kemilau pasirnya serta tebingnya yang menjulang tinggi disepanjang garis pantai. Hembusan angin dan deburan ombak akan membuat Anda nyaman dan tenang saat Anda berlibur ke pantai yang indah ini. 


2. Pantai Tlepuk


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Masih berada disebelah selatan wilayah Lumajang yang memiliki pemandangan pantai yang indah dan menawan, Pantai Tlepuk juga merupakan Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Lumajang yang wajib untuk Anda kunjungi. Untuk menuju pantai ini sudah ada akses jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda 2  maupun roda 4. 


Pantai indah dan memesona ini terletak di desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian atau berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Lumajang. 


3. Wisata Budaya Lumajang


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang berbudaya yang memiliki lebih dari satu budaya. Di Lumajang juga terdapat Cultural Heritage berupa Pabrik Gula Djatiroto  yang merupakan warisan pusaka budaya zaman kolonial. Di tempat ini terdapat benda-benda bernilai sejarah peninggalan zaman kolonial Belanda seperti lokomotif, dreksin dan rumah panggung yang berusia lebih dari 100 tahun. 


Selain itu di Lumajang juga terdapat Monumen Regentschap Loemajang yang bangunanya mirip seperti candi. Anda dapat mengunjungi tempat ini di sebelah utara dari Alun-alun kota Lumajang.


Selain kedua tempat diatas, Anda juga bisa menjelajahi Tempat Wisata Menarik Di Lumajang lainnya berupa Jembatan Gladak Perak yang menghubungkan jalan di sebelah timur dan tenggara Gunung Semeru. Pada masa perang kemerdekaan di tahun 1947, jembatan ini pernah di ledakan dengan dinamit oleh Zeni Pioner hingga badan jembatan ini putus. Namun setelah usai perang kemerdekaan Jembatan Gladak Perak dibangun kembali pada tahun 1951-1952.


Di Kabupaten Lumajang, Anda juga dapat mengunjungi Monumen Peta yang dibangun untuk mengenang Pasukan Peta Di Lumajang. Di tempat inilah dahulu para Tentara Peta dikumpulkan dan secara tidak resmi dibubarkan oleh Jepang pada 16 Agustus 1945. Monumen yang terletak di depan Pasar Patok Pasirian, Dusun Condro, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang merupakan awal dari terbentuknya pasukan BKR.


Wisata Budaya Kota Lumajang yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah Monumen Joeang Tugu Proklamasi atau Monumen Semprong (karena bentuknya seperti semprong lampu minyak tanah). Tempat ini didirikan menjelang Pemilu Pertama tahun 1955 dan tidak diberi cat warna apapun. Monumen ini dapat Anda temukan ditengah-tengah kota Lumajang yaitu dipertigaan alun alun utara Jalan S. Parman, Desa Rogotrunan, Kecamatan Lumajang.


Selain itu Anda juga dapat mengunjungi Wisata Budaya Di Lumajang lainnya seperti Monumen Peta di dusun Rowobujel, Desa Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang, Monumen Kyai Kapten Ilyas yang terletak di Dusun Binayar Waru, Desa Banjar Waru Kecamatan Lumajang, Monumen Serangan Umum Pasirian dan juga Monumen Kompi Slamet Wardoyo, Monumen Bom, Monumen Juang Polri, Monumen Lautan Api, Monumen Merah Putih, Monumen Bambu Runcing, Monumen Letnan Satu Soekertijo, Monumen Kapten Suwandak, Pabrik Teh Kertowono, Masjid Bunder, Situs Tegal Randu dan lain sebagainya.


4. Danau Ranu Kumbolo


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Danau Ranu Kumbolo adalah Tempat Wisata Alam Di Kabupaten Lumajang yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan nusantara. Danau nan indah ini merupakan tempat peristirahatan bagi para pendaki yang akan menuju Puncak Semeru. Selain keindahan alamnya yang masih alami serta udaranya yang dingin, Di sekitar Danau Ranu Kumbolo juga menyediakan area camping ground bagi wisatawan.


5. Danau Segitiga Ranu Klakah


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Segitiga Ranu Klakah merupakan Tempat Wisata Menarik Di Lumajang yang wajibb untuk Anda kunjungi. Tempat wisata alami dengan panorama alamnya yang indah terletak pada ketinggian 7000 mdpl dengan luas Ranu (danau) 25 ha. Di tempat wisata yang berada di Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso ini selain dapat menikmati keindahan alamnya yang sangat mempesona, Anda juga dapat melakukan aktivitas dengan bermain speed boat, kano, jet sky, perahu angsa, rakit bambu tradisional, memancing, pasar ikan air tawar, kuliner ikan bakar, aula serba guna, penginapan dan area olahraga.


6. Danau Ranu Regulo


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Danau Ranu Regulo ini letaknya berdekatan dengan Danau Ranu Pane. Di tempat wisata ini juga memiliki panorama alam yang indah serta udara yang dingin. Di sini juga terdapat area camping ground bagi wisatawan sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam serta kesejukan udaranya.

7. Danau Ranu Pane


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Danau Ranu Pane juga merupakan salah satu Tempat Wisata Menarik Di Lumajang yang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata berupa danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan memesona dengan udaranya yang dingin. Danau ini terletak di lereng Gunung Semeru serta berada pada kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara untuk dijadikan homestay sebelum menuju Puncak Semeru yang banyak dikunjungi oleh pecinta alam.


8. Taman Bumi Gunung Lemongan


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Kabupaten Lumajang juga memiliki gunung vulkanis lain selain Gunung Semeru yaitu Gunung Lemongan. Gunung ini merupakan gunung berapi yang bertipe maar. Gunung yang terletak di Kecamatan Klakah ini memiliki tiga danau dibawah kakinya yaitu Danau Ranu Klakah, Danau Ranu Pakis dan Danau Ranu Bedali. Gunung Lemongan merupakan satu-satunya Geopark yang ada di Kabupaten Lumajang. 


Gunung Lemongan juga terbuka untuk umum yang ingin menaklukan ketinggian gunung. Selain itu gunung ini juga berbasis konservasi terhadap alam dengan jalur pendakian yang aman.

9. Puncak B29


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Puncak B29 adalah puncak tertinggi di lautan pasir Bromo dengan ketinggian sekitar 2.900 mdpl, Tempat ini terletak di sisi tenggara dari Gunung Bromo dengan pemandangannya yang indah serta udaranya yang dingin. Terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro atau berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Lumajang ini dapat Anda capai dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan jalan yang sudah di aspal.


10. Wisata Buatan Kabupaten Lumajang


TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN LUMAJANG


Selain dapat menikmati keindahan pantai dan alam, Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Lumajang lainnya yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Lumajang adalah ke Tempat Wisata Buatan Kabupaten Lumajang. Anda dapat menikmati wisata Pemandian Alam Selokambang dengan mata air yang alami. Tempat pemandian ini sering dijadikan tempat terapi untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.


Selain dapat mengujungi Pemandian Alam Selokambang, Anda juga dapat mengunjungi Waterpark Kawasan Wonorejo Terpadu (Waterpark KWT) yang terletak di dekat Museum Daerah Lumajang.


Nah itulah 10 Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Lumajang yang dapat Anda kunjungi bersama teman, sahabat atau keluarga. Semoga informasi Tempat Wisata Menarik Di Lumajang ini dapat menjadi referensi buat Anda dan keluarga. Selamat berlibur.       


Sumber: wisatalumajang.com

Share:

1 komentar:

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Definition List

Fans Page