Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Sunday 11 September 2016

10 TEMPAT WISATA HALAL INDONESIA YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI

10 Tempat Wisata Halal Indonesia Yang Patut Anda Kunjungi  


Masjid Agung Jawa Tengah

ReyGinaWisata - Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia serta memiliki banyak potensi pariwisata yang sangat kaya dan beragam tentunya memiliki banyak sekali Tempat Wisata Halal yang tersebar luas dari Sabang sampai Merauke.

Pariwisata Halal adalah bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim. Pelayanan wisatawan dalam Pariwisata Halal merujuk pada aturan-aturan Islam. Salah satu bentuk dari pelayanan Wisata Halal adalah hotel yang tidak menyediakan makanan dan minuman yang mengandung alkohol, memiliki kolam renang serta fasilitas spa yang terpisah untuk pria dan wanita. 

Selain hotel, transportasi dalam industri pariwisata halal juga memakai konsep Islami. Penyedia jasa transportasi wajib memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim dalam pelaksanaan ibadah selama perjalanan.

Salah satu Wisata Halal Terbaik Indonesia adalah Pulau Lombok. Pulau ini berhasil meraih Pariswisata Halal Terbaik Indonesia tahun 2016, World Best Halal Honeymoon Destination atau Wisata Halal Bulan Madu Terbaik Di Dunia dan World Best Halal Tourism Destination atau Tujuan Wisata Halal Terbaik Di Dunia dalam ajang World Halal Travel Award 2015.

Selain Pulau Lombok, Indonesia sedikitnya memiliki 10 Tempat Wisata Halal Yang Patut Anda Kunjungi. Apa saja Wisata Halal Di Indonesia Yang Patut Anda Kunjungi? Berikut ulasannya.  

1. Wisata Halal Pulau Lombok

Wisata Halal Pulau Lombok


Pulau Lombok adalah salah satu Tempat Wisata Halal Terbaik Di Indonesia dan Dunia. Hal ini dibuktikannya dengan meraih World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon 2015 serta pemenang Wisata Halal Indonesia 2016. 

Lombok dijadikan sebagai Tempat Wisata Halal Terbaik karena memiliki pemandangan alam yang hijau serta pantai yang indah. Selain itu Lombok juga dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid dimana para wisatawan muslim akan lebih mudah  untuk melakukan ibadah. Kemudian mengenai Wisata Kuliner, Pulau Lombok yang mayoritas penduduknya beragama muslim tentunya makanan yang disajikan disini sudah tentu halal.

Di Pulau Lombok Anda akan dimanjakan dengan tempat-tempat wisata halal yang indah dan menakjubkan seperti Menikmati Keindahan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, Menikmati Keindahan Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi atau Wisata Pulau seperti ke Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air atau menikmati bulan madu bersama pasangan ke Pulau Moyo.

Sementara itu hotel-hotel di Pulau Lombok sudah menerapkan penginapan Muslim Friendly seperti petunjuk arah kiblat, peralatan sholat, kitab suci di dalam kamar dan lain sebagainya.

2. Wisata Halal Jakarta

Wisata Halal Jakarta

Jakarta sebagai ibukota negara yang mulai berbenah diri mengembangkan Pariwisata Moeslim Friendly yang secara realitas di Jakarta saat ini sudah banyak mal-mal yang mempunyai musholayang baik dan bahkan ada yang seperti Masjid. Disini ada kebutuhan muslim, Selain berbelanja, Pengunjung mal diberi kemudahan untuk beribadah.

Selain itu di Jakarta juga telah ada Bus Pariwisata yang siap melayani Anda mengelilingi tempat-tempat wisata di Jakarta dimana jika waktu sholat tiba bus-bus ini akan singgah ke Masjid Istiqlal atau masjid-masjid yang dilaluinya. Tidak berhenti sampai disitu saja, Di Jakarta sudah banyak ditemukan restoran-restoran bersertifikat halal termasuk pada restoran bertaraf internasional.

Tempat-tempat Wisata Halal lainnya yang wajib Anda kunjungi di Jakarta adalah Kota Tua, Monas, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, Pantai Ancol, Dunia Fantasi Ancol atau Gelanggang Samudra serta Taman Nasional Kepulauan Seribu.

3. Wisata Halal Batam, Kepulauan Riau

Wisata Halal Batam

Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menargetkan mampu mencuri kunjungan wisatawan mancanegara dengan Wisata Halal karena Kota Batam yang mayoritas penduduknya beragama muslim memiliki potensi yang besar menjadikan Pariwisata kota Batam menjadi Pariwisata Muslim Friendly. Hal ini dibuktikannya dengan bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mendorong pelaku usaha Wisata Kuliner untuk melakukan sertifikasi halal produk usahanya.

Selain itu pemerintah kota Batam juga mendorong pelaku usaha baju muslim untuk terus mengembangkan usahanya serta telah berdirinya Pusat Makanan Halal  dan Baju Muslim Di Batam.

Di Batam, Anda dapat berlibur dengan nyaman, tenang dan mudah untuk beribadah pada beberapa Tempat Wisata Andalan Kota Batam seperti Pantai Nongsa, Wisata Belanja Batam City Square, Pantai Melur, Ocarina Park, Objek Wisata Kampung Vietnam, Pantai Sekilak, Wisata Belanja Nagoya, Pantai Melayu, Pantai Tanjung Bemban, Jembatan Barelang, Pantai Marina atau Wisata Kuliner Golden Prawn yang sudah bersertifikat halal.

4. Wisata Halal Aceh

Wisata Halal Aceh

Pemerintah kota Banda Aceh telah mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu Tempat Wisata Halal Terbaik Di Indonesia. Salah satunya adalah merencanakan trans kota dengan 30 unit armada yang bisa mengelilingi kota Banda Aceh. Selain itu akan dibangun juga sekolah madani center, dimana dikompleks sekolah dilengkapi dengan sebuah covention hall yang dapat menampung sekitar 4 ribu orang, kebun raya, Museum Banda Aceh, Pusat Kebudayaan Islam dan Pendidikan Halal, Arsitektur bangunan-bangunan baru yang akan menggunakan arsitektur Islami.

Pemerintah Kota juga akan melakukan pendekatan-pendekatan kepada organisasi negara-negara Islam (OKI) dan Islamic Develovment Bank (IDB) menawarkan Aceh sebagai tuan rumah pertemuan-pertemuan internasional seperti muzakarah ulama  se-Asia atau Timur Tengah. Selain itu mengintensifkan kembali komunikasi dengan organisasi-organisasi internasional yang pernah membantu Aceh tatkala peristiwa gempa besar dan tsunami dahsyat yang meluluhlantahkan Bumi Serambi Mekah.

5. Wisata Halal Jawa Barat

Wisata Halal Jawa Barat

Jawa Barat juga merupakan daerah dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di Indonesia. Saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengembangkan Konsep Wisata Halal dibeberapa Tempat Wisata Andalan Jawa Barat seperti Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, Grand Canyon, Kawah Putih, Taman Safari Indonesia, Masjid Kubah Emas, Ciater, Wisata Lembang dan lain-lain.

Untuk Destinasi Wisata Islami Di Jawa Barat, Pemerintah provinsi tengah mempersiapkan pembangunan replika Museum Assalamualaika Ayyuhan Nabi dan Masjid Terapung di Gedebage, Bandung.


6. Wisata Halal Yogyakarta

Wisata Halal Yogyakarta

Wisata Halal mulai banyak diburu wisatawan muslim dan muslimah tanah air dan mancanegara. Tak ayal hal ini membuat para pelaku bisnis pariwisata mulai berbenah dan mulai merespon minta konsumen dunia wisata tak terkecuali Yogyakarta yang mulai berbenah mengembangkan Pariwisata Halal diseluruh Tempat Wisata Andalan Yogyakarta seperti Wisata Alam, Wisata Gua, Wisata Pantai, Wisata Sejarah dan Budaya maupun Wisata Buatan serta membangun dan menerapkan Hotel Syariah dan Kuliner Syariah yang diyakini dapat membuat Wisatawan Muslim merasa aman, nyaman dan mudah menjalankan aktivitas keagamaan. 

7. Wisata Halal Sumatera Barat
Wisata Halal Sumatera Barat

Sebagai daerah yang mayoritas penduduknya muslim, Sumatera Barat merupakan salah satu Tempat Wisata Halal Terbaik Di Indonesia yang wajib Anda kunjungi. Di Sumatera Barat Anda dapat mengunjungi beberapa Tempat Wisata Halal yang indah dan mempesona seperti Lembah Harau, Istana Pagaruyung, Jam Gadang, Pantai Pemutusan, Pantai Pagang, Puncak Lawang dan lain sebagianya serta beragam masakan khas Sumatera Barat yang tentunya dijamin Halal.

8. Wisata Halal Jawa Timur

Wisata Halal Jawa Timur

Cepatnya pembangunan-pembangunan infrastruktur di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Malang membuat Kota Malang menjadi Kota Friendly sebagai Tujuan Wisata Halal Terbaik Di Indonesia.

Menurut asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Halal Kemenpar, Lokot Ahmad Enda, Kota Malang layak sebagai tujuan Anda untuk Menikmati Wisata Halal. Kota Malang memiliki infrastruktur yang cukup seperti bandara, banyaknya tempat wisata indah dan mempesona seperti Pegunungan Bromo, Tengger, Semeru, Pantai Plengkung, Gua Gong, Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Sendang Biru dan lain sebagainya serta mendapatkan julukan Kota Kuliner Terbaik Di Indonesia. Tak hanya itu sejumlah lokasi wiisata di kota Malang juga sudah ramah dengan tempat ibadah.

Di sejumlah hotel di Kota Malang telah memiliki fasilitas seperti penunjuk arah kiblat, perangkat alat shalat, Alquran maupun kitab suci agama lainnya. Pada kamar mandi telah pakai jet shower serta tempat wudlu.  

9. Wisata Halal Jawa Tengah

Wisata Halal Jawa Tengah

Pariwiata Halal dalam beberapa tahun belakangan ini telah menjadi trend dunia pariwisata internasional. Tak terkecuali dengan Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Wilayah ini memiliki potensi yang besar sebagai salah satu Destinasi Halal Indonesia yang wajib Anda kunjungi. Di Di Jawa Tengah Anda dapat menikmati keindahan Candi Borobudur yang telah difasilitasi dengan standart wisata halal seperti keberadaan masjid dan kuliner berlabel halal.

Beberapa Wisata Halal unggulan Jawa Tengah yang wajib Anda kunjungi antara lain Masjid Agung Jawa Tengah, Taman Nasional Karimunjawa, Wisata Halal kota Semarang dan lain sebagainya yang tentunya akan membuat Anda aman, nyaman dan mudah menjalani aktivitas keagamaan buat Anda saat berlibur ke Jawa Tengah. 

10. Wisata Halal Sulawesi Selatan

Wisata Halal Sulawesi Selatan

Strategi Wisata Halal terus disebar luaskan ke pelaku bisnis Pariwisata Indonesia. Tidak hanya Pulau Lombok, Aceh atau Sumatera Barat saja, Provinsi Sulawesi Selatan pun siap menyambut Wisatawan Muslim Mancanegara maupun Wisatawan Nusantara untuk berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Dengan wilayah mayoritas berpenduduk muslim, Sulawesi Selatan menjadikan tempat-tempat wisata andalannya telah memenuhi stadart halal sehingga wisatawan muslim yang datang berkunjung ke Sulawesi Selatan akan dengan mudah melakukan aktivitas keagamaanya sambil menikmati keindahan pesona alam Sulawesi Selatan yang sangat menakjubkan.

Di Sulawesi Selatan Anda dapat mengunjungi Rumah Adat Tongkonan di Toraja dan Rumah Panggung di Bugis, Menikmati suguhan wisata alam, budaya dan religi di Rantepao, Tana Toraja yang memiliki daya magic dengan batuan megalitikumnya, Melihat panorama sunset di Pantai Losari, Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Samalona, Mengunjungi Taman Nasional Taka Bonerate yang eksotis atau mengunjungi Masjid Teapung Al-Makazzary, Masjid Katangka serta Makam Sultan Hassanudin.

Nah itulah 10 Tempat Wisata Halal Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi yang akan membuat Anda aman, nyaman dan mudah melakukan aktivitas  keagamaan sambil menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan saat liburan Anda bersama keluarga, sahabat maupun bersama pasangan Anda.

Semoga artikel 10 Tempat Wisata Halal Indonesia ini menjadi referensi sebagai tempat berlibur secara halal buat Anda dan keluarga. Selamat Berlibur.       

 

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page