Situs Pariwisata Indonesia Terbaru

Tuesday 26 July 2016

MENIKMATI 10 PANTAI TERINDAH DI JAWA BARAT

Menikmati 10 Pantai Terindah Di Jawa Barat  


Menikmati 10 Pantai Terindah Di Jawa Barat

ReyGinaWisata - Indonesia yang merupakan negara kepulauan banyak memiliki garis-garis pantai yang sangat indah dan menakjubkan yang tersebar dari ujung barat Pulau Sumatera hingga ke ujung timur Pulau Papua yang salah satunya banyak terdapat di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pantai-pantai Terindah di Jawa Barat rata-rata memiliki pemandangan yang eksotis dan mempesona dengan hamparan pasir putih serta ombak dibagian selatan yang cukup besar seperti Pantai Pangandaran dan Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki gelombang laut yang cukup besar karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sehingga pantai-pantai di selatan Jawa Barat menjadi idola para peselancar kelas dunia.

Berikut 10 Pantai Terindah Di Jawa Barat yang menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

1. Pantai Pangandaran, Pangandaran


Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan salah satu Pantai Terindah Di Jawa Barat andalan Kabupaten Pangandaran. Pantai dengan hamparan pasir putih nan bersih dan lembut ini berada di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pantai ini pernah dinobatkan sebagai Pantai Terbaik Di Pulau Jawa oleh AsiaRoom.

Selain keindahan pemandangannya, Pantai ini juga memiliki keistimewaan lain seperti melihat sunset dan sunrise dari Pantai Barat dan Pantai Timur pada hari yang sama, Melihat keindahan bawah laut dengan terumbu karang yang masih alami serta biota-biota lautnya yang sangat menakjubkan, berenang, berjemur matahari, bermain banana boat, jet sky dan lain sebagainya.

Hajat Laut juga sering diadakan di pantai ini oleh masyarakat setempat sebagai wujud terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara melarung sesaji ke laut lepas yang biasanya diselenggarakan pada bulan Muharram setiap tahunnya dan Festival Layang-layang yang selalu diselenggarakan pada bulan Juni atau Juli setiap tahunnya.  

2. Pantai Pelabuhan Ratu. Sukabumi


Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Palabuhanratu atau yang lebih populer sebagai Pantai Pelabuhan Ratu adalah salah satu Pantai Terindah di Jawa Barat yang berada di pesisir Samudra Hindia atau tepatnya 60 km ke arah selatan dari kota Sukabumi.  

Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat besar. Tofografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai. tebing karang terjal, hempasan ombak dan hutan cagar alam. Di pantai ini juga terdapat salah satu hotel mewah yang bernama Samudra Beach Hotel yaitu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia.

Selain hotel mewah, dikawasan wisata ini juga banyak terdapat penginapan lainnya berupa hotel-hotel kecil, losmen dan Villa Pondok Wisata Resort yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu juga terdapat tempat wisata lainnya yang bernama Pantai Karang Hawu yaitu pantai karang yang menjorok ke laut dan berlubang di beberapa bagian karangnya.

Di Pantai Pelabuhan Ratu Anda dapat melakukan aktivitas pantai seperti berenang, bersantai dipinggir pantai menyaksikan panorama sunrise, surfing, berlayar atau bermaian jet sky dan banana boat.  

3. Pantai Santolo, Garut



Pantai Santolo


Pantai Santolo merupakan salah satu Pantai Terbaik Di Jawa Barat yang terletak di Kecamatan Cikelet, Garut Selatan. Pantai ini hanya berjarak 88 km dari pusat Kota Garut.

Pantai ini merupakan tempat wisata favorit bagi wisatawan Jawa Barat khususnya wisatawan asal kota Bandung, Jakarta dan Tasikmalaya. Keunikan dari pantai ini yaitu adanya sebuah muara yang bernama Muara Cilauteureum dimana air dari muara bukan menuju laut tetapi air dari laut yang menuju muara yang konon keunikan ini hanya bisa terjadi di Pantai Santolo dan sebuah pantai di Perancis.

Bergerak ke arah selatan, Anda bisa menyeberang dengan menyewa perahu ke Pulau Santolo dimana Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih bersih dan lembut dengan pemandangan pantai yang sangat indah serta air laut yang jernih biru kehijauan diatas batu karang. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi bertualang, berkemah atau memancng.


4. Pantai Rancabuaya


Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya adalah salah satu objek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pantai yang memiliki batu-batu karang raksasa ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.  Yang menarik dari Pantai Rancabuaya adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar dan juga tebing batuan yang cukup tinggi serta adanya air terjun yang langsung menghadap pantai serta banyaknya ikan-ikan hias warna-warni yang terjebak di bawah batuan karang.

Pantai Rancabuaya merupakan tipe pantai berbatu karang sehingga kurang cocok untuk Anda berenang. Pantai ini merupakan pantai pelabuhan sehingga Anda bisa mendapatkan ikan tangkapan langsung dari nelayan atau dari warung sekitar pantai. 

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu Pantai Terindah Di Jawa Barat, Namun karena kurangnya promosi oleh masyarakat dan pemerintah daerah setempat menjadikan pantai ini kurang dikenal oleh masyarakat luas.


5. Pantai Sayangheulang, Garut


Pantai Sayangheulang

Pantai Sayangheulang adalah Pantai Terindah Di Jawa Barat sebagai objek wisata pantai yang terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dengan pemandangan pantai nan asri dan alami serta panjang pantai sekitar 2 kilometer dan lebar 50 meter membuat tempat wisata ini nyaman dan mengasyikan buat liburan Anda dan keluarga,  

Pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih dan lembut serta air laut yang jernih dengan ombaknya yang tenang akan menambah keindahan panorama dari pantai yang eksotis ini. Selain itu di pantai ini Anda juga dapat menikmati suasana senja yang sangat menakjubkan saat langit diatas pantai ini dilukis dengan hiasan warna-warni alami. Panorama sunset di Pantai Sayangheulang bagaikan lukisan alam yang sangat indah hasil mahakarya Sang Pencipta yang akan membuat Anda berlama-lama berada di pantai ini.


6. Pantai Tirtamaya, Indramayu


Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya adalah pantai dengan panorama sunset dan sunrise yang sangat indah dan menakjubkan yang dapat Anda lihat dalam satu hari secara bersamaan. Pantai yang terletak di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat ini merupakan tempat tujuan wisata favorit bagi masyarakat Indramayu dan sekitarnya. Di pantai ini Anda dapat melakukan aktivitas berenang, bersantai sambil menikmati lukisan alam di langit senja Pantai Tirtamaya.


7. Pantai Pondok Bali, Subang


Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali merupakan salah satu wisata pantai unggulan di Jawa Barat. Pantai yang terletak di Desa Mayangan, Kecamatan Lagonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat ini memiliki hamparan pasir pantai yang membentang luas di pesisir laut utara dan menjadikan ciri khas keberadaan dari Pantai Pondok Bali. 

Di pantai ini Anda dapat melakukan aktivitas berenang, memancing, olahraga pantai atau bersantai sambil menyaksikan keindahan sunset di cakrawala senja Pantai Pondok Bali.Di pantai ini juga sudah dilengkapi arena bermain anak, terminal perahu, volley pantai, areal parkir yang luas serta cafe-cafe di sepanjang garis pantai.


8. Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya


Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta merupakan salah satu Pantai Terindah Di Jawa Barat yang berada di Desa Cikawung Gading, Kabupaten Tasikmalaya. Pantai yang satu ini menjadi istimewa karena di pantai ini tempat bertelurnya hewan langka Penyu Hijau. Selain itu di Pantai Sindangkerta juga terdapat Taman Laut Taman Lengser yang berupa karang datar dengan aneka ragam biota laut. Ketika air laut surut, Anda dapat menikmati keindahan taman laut ini tanpa harus melakukan aktivitas snorkeling atau diving.  


9. Pantai Tanjung Pakis, Karawang


Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak di ujung utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut yang mengalir tenang dan jernih menjadikan Pantai Tanjung Pakis sebagai tempat wisata terbaik yang ada di Kabupaten Karawang. 

Bagi Anda yang inin bermalam di pantai ini, Juga telah tersedia banyak tempat penginapan dari harga yang murah hingga harga yang mahal. Di sepanjang pantai juga banyak tersedia kios-kios makanan dengan aneka masakan hewan laut yang pastinya akan menggugah selera Anda.


10. Pantai Pananjung, Ciamis  


Pantai Penanjung

Berada di Kawasan Cagar Alam, Pantai Penanjung ini terpisah oleh tebing batu karang dengan kawasan pantai barat yang lain. Untuk sampai ke pantai ini, Anda bisa melalui jalur darat dari Gerbang Barat Cagar Alam Penanjung kemudian berjalan sekitar 300 meter kebibir pantai. Sementara jika Anda melalui jalur laut, Anda bisa menyewa perahu dari kawasan pantai barat dengan biaya sekitar Rp. 15.000 per penumpang dengan maksimal membawa 7 penumpang sekali jalan.

Pantai Penanjung merupakan salah satu Pantai Terindah Di Jawa Barat, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan mempesona dengan nuansa alami yang masih cukup terjaga. Pantai yang juga merupakan wilayah konservasi ini banyak terdapat hewan kera yang berkeliaran dari satu pohon ke pohon lainnya. Anda tidak perlu kuatir, karena hewan ini sudah jinak untuk Anda dekati dan diajak untuk bermain.

Di Pantai Pananjung Anda juga dapat melakukan aktivitas snorkeling atau menyelam di perairan dangkal di dekata pantai yang berpasir putih ini. Dengan air lautnya yang jernih, bersih dan tenang memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan bawah laut seperti melihat kuda laut berenang, bintang laut, teripang, tiram serta ikan warna warni lainnya.

Sementara dari pinggir pantai Anda bisa mencari berbagai kulit kerang serta potongan ganggang (rumput laut) segar yang hanyut terdampar di pinggir pantai. Anda juga dapat mengajak anak-anak untuk bermain pasir atau sekedar menikmati panorama alam yang masih tetap terjaga meskipun sempat diterjang Gelombang Tsunami beberapa tahun yang lalu.  Dari pantai ini Anda juga dapat melihat keindahan alam Pantai Selatan Ciamis yang membentang dari Batu Karas hingga Pantai Pangandaran.

Nah itulah 10 Pantai Terindah Di Jawa Barat  yang wajib Anda kunjungi saat berlibur bersama pasangan atau keluarga. Keindahan pantai-pantai di Jawa Barat ini merupakan salah satu keindahan yang ada di Indonesia yang memang sudah terkenal hingga mancanegara. 
  
Share:

1 komentar:

Berkomentarlah yang sopan
Sesuai dengan isi postingan

Blog Archive

Definition List

Fans Page